Sukses


Manfaat Pohon Pisang buat Kesehatan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Tanaman pisang merupakan satu di antara jenis tanaman yang memiliki beragam manfaat. Tidak hanya buah pisangnya saja, jantung hingga bagian pohon lainnya, seperti gedebog pisang juga bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

Di Indonesia, tanaman pisang ini mudah ditanam dan tumbuh. Pohon pisang bisa hidup di daerah tinggi maupun rendah.

Selain itu, pohon pisang akan berkembang dan tumbuh dengan baik apabila mudah terkena sinar matahari. Meski mudah tumbuh, keberadaan pohon pisang sering dianggap sebelah mata dan belum ada pemanfaatannya secara maksimal.

Padahal, pohon pisang mempunyai beragam manfaat. Pohon pisang sangat bermanfaat terutama untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat pohon pisang buat kesehatan yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Curejoy via Merdeka, Senin (8/11/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Pohon Pisang

1. Mengatur Tekanan Darah

Bagi seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah yang tidak stabil, baik rendah ataupun tinggi, pohon pisang bisa menjadi solusinya. Meminum jus yang terbuat dari inti pohon pisang yang lembut dipercaya membantu mengurangi dan mengatur tekanan darah.

Batang pohon pisang juga dipercaya ampuh mengontrol tekanan darah tinggi maupun kadar kolesterol. Hal itu karena di dalam batang pisang terdapat kandungan kalium.

2. Sembuhkan Anemia

Jus yang terbuat dari pohon pisang kaya akan zat besi dan vitamin B6 yang berguna untuk meningkatkan kandungan hemoglobin dalam darah. Kandungan tersebut membuat jus batang pisang jadi bagian penting sebagai makanan untuk penderita anemia.

Konsumsi secara rutin agar dapat merasakan khasiat dari pohon pisang ini.

3 dari 5 halaman

Manfaat Pohon Pisang

3. Bersihkan Saluran Kemih

Pohon pisang disebut bisa membersihkan saluran kemih. Jus batang pisang bersifat diuretik sehingga mampu menghilangkan racun dan membersihkan saluran kemih. Minum jus batang pisang setidaknya tiga kali seminggu dapat mencegah infeksi saluran kemih.

4. Obati Diabetes

Penyakit diabetes seringkali menjadi ancaman bagi banyak orang, khususnya yang memiliki riwayat hidup yang kurang teratur.

Manfaat pohon pisang, khususnya jus batang pisang, dapat mengatur tingkat insulin dalam tubuh, hal itu baik untuk mengobati diabetes. Kandungan serat yang ada dalam batang pisang mampu mencegah kadar gula darah naik.

4 dari 5 halaman

Manfaat Pohon Pisang

5. Kontrol Berat Badan

Pohon pisang diketahui dapat mengontrol berat badan. Konsumsi jus pohon pisang secara teratur untuk membantu mengontrol berat badan.

Hal ini juga yang memfasilitasi pergerakan usus dan menjaga perut tetap sehat. Seratnya akan memperlambat pelepasan gula dan lemak ke dalam aliran darah, serta membantu menghilangkan lemak dari tubuh.

6. Bakar Lemak di Perut

Menambahkan beberapa goresan jahe ke dalam jus batang pisang dapat membantu membakar lemak perut yang membandel. Kombinasi kandungannya membantu meningkatkan pencernaan dan metabolisme.

Cukup secangkir rebusan batang pisang yang memenuhi perut bakal membuat kenyang dalam waktu yang lama.

5 dari 5 halaman

Manfaat Pohon Pisang

7. Atasi Asam Lambung

Pohon pisang atau gedebok pisang yang dibuat jus bermanfaat untuk mengatasi sakit lambung. Ramuan alami ini ampuh mengendalikan kadar asam dalam tubuh. Minum jus ini untuk perut perih atau panas akibat gangguan asam lambung.

8. Bersihkan Darah Kotor

Darah kotor merupakan pemicu atau bisa menyebabkan banyak penyakit. Tak sedikit gangguan kesehatan, seperti alergi kulit, jerawat, maupun gatal-gatal pada kulit disebabkan darah kotor.

Untuk mengatasinya, cobalah membuat jus dari gedebok dengan ditambahkan madu. Batang pisang mengandung mineral penting yang ampuh untuk membersihkan darah kotor.

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Rakha Fahreza Widyananda. Published: 14/10/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer