Sukses


8 Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan Kulit

Bola.com, Jakarta - Ada banyak jenis buah dan sayuran yang kaya akan kandungan nutrisi dan berguna untuk menjaga kesehatan. Satu di antaranya adalah tomat.

Tidak hanya dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, tomat memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Manfaat menyehatkan tomat untuk kulit dapat diambil dari kandungan nutrisi dan mineralnya, seperti antioksidan, magnesium likopen, vitamin A, dan vitamin C.

Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara mengonsumsinya secara langsung atau membuatnya menjadi masker.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda disarankan untuk menggunakan tomat organik yang bebas dari peptisida dan memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak.

Berikut delapan manfaat buah tomat untuk kesehatan kulit, yang patut Anda buktikan khasiatnya, seperti dilansir dari Klikdokter, Selasa (9/11/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan Kulit

1. Mengurangi Minyak Berlebih

Tomat mengandung astringent yang membantu mengurangi produksi sebum berlebih di permukaan kulit. Produksi sebum yang berkurang dapat mencegah penumpukan minyak dan mencegah munculnya komedo serta membuat wajah lebih berkilau.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kotoran, minyak, polusi, serta zat berbahaya dari lingkungan dapat menempel di kulit. Penumpukan kotoran membuat kulit tampak kusam dan teksturnya menjadi tidak rata.

Membersihkan atau mencuci wajah saja tidak cukup untuk menghilangkan kotoran. Sebab, kotoran tersebut dapat masuk ke pori-pori kulit.

Nah, tomat memiliki enzim yang dapat dapat mengelupaskan kulit serta menghilangkan lapisan-lapisan atas sel kulit mati. Lalu, kandungan likopen dan vitamin C dari tomat bersifat antioksidan sehingga dapat membantu melawan radikal bebas.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan tomat sebagai masker wajah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan Kulit

3. Menunda Munculnya Tanda-Tanda Penuaan

Polusi udara dapat mengganggu kesehatan kulit. Selain membuat kulit menjadi kusam, polusi dapat menyebabkan penuaan dini.

Anda bisa mengonsumsi tomat karena buah ini memiliki kandungan vitamin B kompleks, seperti vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B9.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti, vitamin B kompleks memiliki sifat antipenuaan. Vitamin tersebut mampu mengurangi tampilan bintik penuaan, keriput, dan garis halus.

4. Meredakan Iritasi Kulit

Sebuah studi tahun 2014 dari jurnal Mediator of Inflammation mengatakan bahwa tomat memiliki zat yang bersifat antiinflamasi atau antiperadangan. Berikut beberapa zat yang ada di dalam buah tomat:

  • Likopen
  • Beta karoten
  • Lutein
  • Vitamin E
  • Vitamin C

Ketika dioleskan ke kulit, senyawa di atas mampu meredakan rasa sakit akibat iritasi kulit atau terbakar sinar matahari. Namun, belum diketahui apakah tomat bisa membantu meredakan peradangan saat dioleskan ke kulit.

5. Membantu Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Tomat memiliki likopen, yakni senyawa karotenoid yang memberikan warna merah pada tomat. Menurut para ahli, likopen memiliki sifat antikanker.

Walau begitu, kesimpulan ini masih terbatas pada hasil studi yang menganjurkan untuk mengonsumsi likopen secara langsung. Masih sangat sedikit, atau bahkan belum ada sama sekali, kajian yang dapat membuktikan manfaat tomat untuk wajah dengan cara mengoleskan ke kulit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan Kulit

6. Merangsang Produksi Kolagen

Vitamin C yang ada dalam tomat dapat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka serta membantu produksi kolagen.

Kolagen merupakan protein penting yang dapat meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi kerutan, serta memaksimalkan aliran darah ke kulit.

7. Mengurangi Risiko Kulit Terbakar Matahari

Mengonsumsi tomat bisa mengurangi efek samping kulit terbakar atau sunburn.  Manfaat tersebut didapat dari kandungan likopen buah tomat yang melindungi kulit dari kemerahan atau terbakar akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

Menurut studi di Jerman yang dipublikasi oleh National Library of Medicine, mengonsumsi tomat rutin selama 10-12 minggu dapat menurunkan kepekaan kulit terhadap radiasi sinar UV.

Anda tetap perlu menggunakan tabir surya dengan minimal Sun Protector Factor (SPF) 30 untuk melindungi dari bahaya paparan sinar UV.

8. Melembapkan Kulit

Kulit kering akan memicu kondisi gatal, pecah-pecah, serta pengelupasan. Selain memakai pelembap untuk mengatasi kulit kering, Anda dapat mengonsumsi tomat yang memiliki kandungan kalium dalam jumlah melimpah.

Menurut penelitian, kekurangan kalium dapat memicu gejala kulit kering pada penderita dermatitis atopik atau eksim.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 7/6/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer