Sukses


7 Cara Melakukan Olahraga Angkat Beban dengan Benar dan Aman

Bola.com, Jakarta - Angkat beban merupakan satu di antara olahraga untuk melatih otot. Otot yang kuat adalah modal awal untuk tubuh sehat.

Perlu diketahui, latihan menggunakan metode angkat beban tidak bisa asal-asalan. Olahraga ini memliki risiko tinggi akan cedera jika dilakukan secara sembarangan.

Itulah mengapa, perlu teknik khusus agar Anda bisa melakukan latihan angkat beban dengan sempurna.

Selain itu, olahraga angkat beban bisa dilakukan di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan ruangan atau lahan kosong untuk aktivitas tersebut.

Jika Anda merasa butuh bantuan lebih lanjut terkait aktivitas fisik yang satu ini, berolahragalah di bawah bimbingan instruktur terlatih.

Berikut cara melakukan olahraga angkat beban dengan benar dan aman, dilansir dari Klikdokter, Rabu (10/11/2021).  

2 dari 3 halaman

Cara Melakukan Olahraga Angkat Beban

1. Fokus pada Gerakan, Bukan Berat Beban

Gerakan yang baik berarti menyelaraskan tubuh dengan gerakan yang benar saat berolahraga. Bentuk gerakan yang salah dapat menyebabkan cedera dan memperlambat manfaat yang dapat diperoleh.

Mulailah dengan menggunakan beban ringan terlebih dahulu untuk mendapatkan atau belajar gerakan yang benar. Berkonsentrasilah untuk melakukan gerakan yang benar secara lambat dan terkontrol setiap Anda mempelajari sesuatu yang baru.

Anda dapat mulai menambah beban untuk melatih otot setelah mahir melakukan gerakan dasar yang benar.

2. Tempo

Tempo membantu Anda tetap memegang kendali, alih-alih mengurangi manfaat yang dapat diperoleh. Terkadang mengubah kecepatan, misalnya menghitung tiga kali untuk menurunkan beban dan satu kali untuk mengangkatnya, dibandingkan mengangkat dalam dua hitungan dan menurunkan dalam dua hitungan, adalah teknik yang berguna untuk meningkatkan kekuatan.

3. Atur Napas

Tekanan darah akan naik saat Anda menahan napas. Oleh karena itu, buanglah napas saat Anda melawan gravitasi seperti saat mengangkat, mendorong, atau menarik beban. Tarik napas saat Anda melepaskan beban tersebut.

4. Tetaplah Memberi Tantangan pada Otot

Ketika terasa terlalu mudah untuk menyelesaikan semua repetisi, tantang otot Anda dengan menambah berat beban, memperpanjang durasi latihan, atau memperbanyak jumlah olahraga dalam seminggu. Tetap ingat waktu istirahat agar tidak malah mengalami cedera.

3 dari 3 halaman

Cara Melakukan Olahraga Angkat Beban

5. Berlatihlah Secara Rutin dan Teratur

Sangat ideal untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas dan bawah, sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu. Pertahankan keteraturan latihan tersebut agar bisa mendapatkan manfaat yang diinginkan.

6. Berikan Waktu Istirahat bagi Otot

Olahraga angkat beban dapat menyebabkan robekan kecil pada jaringan otot. Hal ini merupakan cara otot untuk tumbuh lebih kuat saat robekan tersebut mulai pulih.

Selalu istirahatkan otot Anda setidaknya 48 jam di antara sesi olahraga. Hal ini bertujuan agar otot Anda pulih dan bisa kembali digunakan dengan maksimal di latihan berikutnya.

Contoh, Anda melakukan latihan kekuatan. Maka Anda dapat melakukan latihan tubuh bagian atas pada hari Senin; tubuh bagian bawah pada hari Selasa; tubuh bagian atas pada hari Rabu, dan seterusnya.

7. Pemanasan dan Pendinginan

Selalu lakukan pemanasan sebelum memulai latihan dan lakukan pendinginan setelah latihan selesai.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 24/11/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer