Sukses


5 Cara Mencegah Tukak Lambung, Butuh Perhatian Serius

Bola.com, Jakarta - Tukak lambung adalah kondisi di mana lapisan lambung atau di bagian atas usus halus Anda mengalami luka. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri seperti terbakar.

Selain itu, gejala yang dapat dialami bisa bervariasi, mulai rasa begah, mual, muntah, dan gejala lainnya yang membuat Anda kurang nafsu makan hingga mengganggu tidur.

Terlalu banyak asam lambung yang diproduksi juga bisa menjadi pemicu tukak lambung. Pemicu asam lambung berlebih biasanya disebabkan oleh penggunaan obat antinyeri secara berlebihan maupun terlalu sering.

Itulah mengapa, Anda perlu menerapakan pola hidup yang sehat agar tak mengalami masalah kesehatan seperti tukak lambung.

Berikut cara mencegah tukak lambung, dinukil dari Klikdokter, Sabtu (13/11/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Mencegah Tukak Lambung

1. Hindari Makanan yang Dapat Mengiritasi Lambung

Coba untuk lebih memperhatikan sinyal dari tubuh Anda. Ketahui saat tubuh Anda 'menolak' apa yang Anda makan. Apabila rasanya membuat tidak nyaman pada lambung, hindarilah mengonsumsinya lebih lanjut.

Meski setiap orang berbeda-beda, ada beberapa makanan yang kerap memicu nyeri lambung, seperti makanan yang bersifat pedas, buah yang asam, serta makanan berlemak. Jadi, Anda perlu lebih waspada terhadap makanan tersebut.

2. Berhenti Merokok

Satu di antara cara mencegah tukak lambung adalah dengan berhenti merokok. Perlu diketahui bahwa merokok dapat memungkinkan terbentuknya luka lebih mudah dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Oleh sebab itu, jika ingin terhindar dari penyakit tukak lambung, segera cari cara untuk berhenti dari kebiasaan buruk ini.

3. Berlatih untuk Minum Alkohol Sewajarnya

Apakah Anda sering minum-minuman beralkohol? Mengonsumsi alkohol secara berlebihan telah terbukti berkontribusi terhadap perkembangan terbentuknya tukak lambung. Bahkan bisa memperparah gejala tukak lambung Anda.

Maka itu, batasi konsumsi alkohol Anda. Kalau bisa, berhentilah mengonsumsi minuman beralkohol.

3 dari 3 halaman

Cara Mencegah Tukak Lambung

4. Hindari Mengonsumsi Obat Antinyeri secara Sembarangan

Apabila Anda membutuhkan obat antinyeri, perhatikan untuk tidak mengonsumsinya secara rutin. Terutama golongan antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti aspirin dan ibuprofen.

Jika Anda memang perlu mengonsumsinya, minumlah obatnya dengan mengonsumsi makana  sehingga menurunkan risiko untuk memicu iritasi pada lapisan lambung.

5. Kontrol Kadar Stres Anda

Mengendalikan stres penting sebagai cara mencegah tukak lambung. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan olahraga rutin dan teknik relaksasi (misalnya, latihan pernapasan dalam, meditasi, dan sebagainya).

Selain itu, Anda dapat mencoba yoga atau tai chi untuk membantu menenangkan pikiran sekaligus menyehatkan tubuh.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 18/2/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer