Sukses


Cara Menggunakan Kompas Bidik Pramuka secara Benar

Bola.com, Jakarta - Pramuka atau Praja Muda Karana aadalah organisasi pendidikan di luar sekolah yang berkaitan dengan alam. Ada berbagai macam kegiatan pramuka yang menarik yang biasa diadakan untuk jenjang pendidikan SD, SMP maupun SMA.

Satu di antara contoh kegiatan pramuka yang paling dinanti ialah Jambore Nasional. 

Untuk menunjang kegiatan pramuka ketika di alam, setiap anggota pramuka sebaiknya menyiapkan alat dan perlengkapan sesuai kebutuhan.

Satu di antara alat dan perlengkapan yang perlu anggota siapkan pramuka adalah kompas bidik.

Kompas bidik merupakan kompas yang berfungsi untuk membidik atau menembak sudut pada alam atau bentangan alam sebenarnya, yang kemudian sudut tersebut bisa diproyeksikan pada peta.  

Hanya, masih ada sebagian anggota pramuka kesulitan dan belum mengetahui cara menggunakannya. Pasalnya, cara menggunakan kompas bidik memerlukan bеbеrара langkah khusus.

Nah, berikut ini cara menggunakan kompas bidik pramuka secara mudah dan benar, disadur dari Liputan6, Senin (15/11/2021).

2 dari 2 halaman

Cara Menggunakan Kompas Bidik Pramuka

Kompas bidik merupakan kompas yang mempunyai kegunaan untuk membidik sudut di alam, di mana sudut tersebut bisa diproyeksikan pada peta.

Cara menggunakan kompas bidik pramuka memang tak gampang, tetapi kamu mampu mengikuti beberapa langkah menggunakannya yang benar, seperti di bawah ini:

  • Cara menggunakan kompas bidik yang pertama adalah dengan membuka tutup kompas, kemudian posisikan tutupnya hingga tegak lurus.
  • Setelah itu, tarik cincin yang digunakan untuk tempat masuk jempol. Masukkan ruas pertama jempol kanan ke cincin tersebut.
  • Lalu, posisikan telunjuk sejajar dan memegang penutup yang berdiri tegak.
  • Jari-jari lain memegang penutup kompas dan lengan lurus ke depan. (Kamu juga bisa meletakkan kompas pada tongkat statis)
  • Kemudian, dekatkan kompas ke depan mata.
  • Untuk mencari tanda/titik yang dijadikan patokan dalam membidik pilih benda yang jauh, tetapi jelas terlihat dan tidak terhalang.
  • Hasil bidikan angkanya bisa dilihat pada kompas. Misalnya angka 40 maka disebut azimut 40 derajat Celcius.
  • Selanjutnya, kamu tinggal bergerak menuju titik yang telah dibidik oleh kompas tadi.
  • Setelah sampai di titik yang dituju, kamu harus bidik titik berikutnya, demikian seterusnya secara berulang.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 27/11/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer