Sukses


8 Manfaat Biji Quinoa untuk Kesehatan Anak, Orangtua Perlu Tahu

Bola.com, Jakarta - Ada berbagai hal yang harus orangtua perhatikan dalam pertumbuhan anak, satu di antaranya yang penting ialah makanan dikonsumsi buah hati.

Berbicara tentang makanan, ada banyak makanan menyehatkan yang bisa dijadikan sebagai menu andalan untuk anak setiap harinya. Satu di antaranya biji quinoa.

Quinoa merupakan sumber makanan yang berbentuk biji-bijian dan khasiatnya untuk kesehatan sudah dikenal sejak dahulu.

Biji quinoa bisa diolah menjadi berbagai bentuk masakan, terutama sebagai pengganti nasi, karena biji quinoa kaya kandungan serat, namun memiliki kandungan gula yang jauh lebih sedikit ketimbang nasi.

Meski begitu, penyajian quinoa untuk bayi atau anak-anak harus diperhatikan dengan saksama, khususnya untuk bayi, baru diperbolehkan mengonsumsi quinoa jika sudah berumur di atas delapan bulan.

Lantas, apa saja khasiat biji quinoa yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan pada anak?

Berikut delapan manfaat biji quinoa untuk kesehatan Anak, yang patut menjadi perhatian para orangtua, seperti dilansir dari Klikdokter, Selasa (16/11/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Biji Quinoa untuk Kesehatan Bayi

1. Penguat Sistem Kekebalan

Biji quinoa adalah protein nabati dengan sumber asam amino esensial terbaik. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi asam amino sehingga membutuhkannya dari makanan.

Biji quinoa memiliki asam amino esensial yang lebih banyak dan lebih baik daripada kebanyakan biji-bijian. Di dalam 185 gram biji quinoa mengandung sekitar 8 gram asam amino esensial.

Asam amino esensial dapat membantu anak terhindar dari infeksi atau penyebaran penyakit sehari-hari seperti flu.

2. Membantu Pertumbuhan Tulang

Kalsium sangat penting untuk perkembangan tulang anak. Biji quinoa memiliki sejumlah besar kandungan kalsium dan vitamin D yang baik untuk mendukung pertumbuhan tulang anak. 

Biasanya orang tua memberikan susu dan keju untuk mencukupi kebutuhan kalsium anak. Namun, bagi anak yang memiliki alergi susu dan produk turunannya, biji quinoa bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mencukupi nutrisi kalsium anak.

3. Membantu Melawan Radikal Bebas

Biji quinoa mengandung antioksidan tinggi untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas dari kontaminasi udara atau kualitas makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan ketakseimbangan pada kulit dan sistem kekebalan anak. 

3 dari 4 halaman

Manfaat Biji Quinoa untuk Kesehatan Bayi

5. Baik untuk Otak Anak

Jumlah magnesium, zat besi, dan asam folat yang terkandung dalam satu porsi quinoa bermanfaat untuk memperkuat otot dan jaringan saraf. Mineral tersebut juga baik untuk meningkatkan energi di otak anak, sekaligus merangsang cara berpikir dan konsentrasi pada anak.

5. Mencegah Obesitas

Manfaat biji quinoa selanjutnya adalah mencegah obesitas. Makan biji quinoa secara teratur terbukti dapat mengurangi risiko obesitas pada anak-anak. Sumber serat alami ini bisa membantu mencegah terjadinya penumpukan lemak di tubuh si kecil.

Biji quinoa merupakan biji-bijian yang mengandung semua nutrisi penting untuk memenuhi kebutuhan anak. Kandungan seratnya yang tinggi dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

6. Membantu Anak Aktif

Biji quinoa kaya vitamin A, D, E, dan mikronutrien lain yang penting untuk meningkatkan pertumbuhan anak. Mikronutrien ini juga baik untuk mendongkrak nafsu makan, daya ingat, serta pemikiran yang cepat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Biji Quinoa untuk Kesehatan Bayi

7. Merangsang Pertumbuhan Anak

Meski kecil, biji quinoa mengandung lebih banyak kalsium daripada nasi. Bahan pangan ini juga merupakan alternatif bebas gluten yang membantu perkembangan sel dan tulang anak-anak. 

8. Dukung Pencernaan

Proses pencernaan anak-anak jauh lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Kandungan air dan serat yang tinggi di biji quinoa dapat membantu proses pencernaan anak yang lebih baik.

Biji quinoa mengandung protein, jadi baik untuk perkembangan sel-sel baru di dalam tubuh anak. Bahan ini juga bebas gluten dan tinggi serat juga yang baik untuk pencernaan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 4/7/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer