Sukses


7 Manfaat Positif Berbicara dengan Diri Sendiri, Bukan Sesuatu yang Aneh

Bola.com, Jakarta - Berbicara dengan diri sendiri atau self talk merupakan kegiatan yang sering dianggap aneh. Bahkan, ada beberapa orang yang dikira gangguan mental, seperti skizofrenia karena berbicara dengan diri sendiri.

Padahal, melakukan hal tersebut tak selalu berhubungan dengan gangguan mental. Selama ada masih dalam batas wajar, berbicara dengan diri sendiri adalah sesuatu yang normal.

Alhasil, berbicara kepada diri sendiri semestinya tidak dianggap sebagai keanehan. Ya, kata-kata pujian positif yang diucapkan dengan lantang dapat membantu membuat Anda lebih menghargai diri sendiri.

Ada banyak manfaat sehat di balik kebiasaan berbicara dengan diri sendiri. Anda bisa menumbuhkan motivasi dan rasa percaya diri.

Berbicara dengan diri sendiri juga bisa menjadi sarana merenungkan pikiran. Sering kali, kita melakukan kesalahan kecil, namun dapat menganggu pikiran.

Berikut beberapa manfaat positif berbicara dengan diri sendiri, dilansir dariĀ Klikdokter, Senin (15/11/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Positif Berbicara dengan Diri Sendiri

1. Mengatasi kesepian

Memiliki hubungan sosial yang baik dengan orang lain sangat diperlukan, terutama ketika Anda sedang mengalami masalah. Sebab, ketiadaan dukungan sosial dari keluarga, teman, atau kerabat dapat membuat Anda merasa kesepian dan tidak bersemangat. Hal ini dapat berujung pada depresi.

Berbicara kepada diri sendiri dapat membantu mengurangi rasa kesepian. Akan tetapi, ketika Anda mulai berdebat dengan diri sendiri, Anda harus mulai merasa khawatir karena bisa menjadi indikasi perilaku tidak normal.

Anda dapat segera berkonsultasi dengan seorang profesional, seperti psikolog, untuk mengatasinya.

2. Membuat Hidup Lebih Teratur

Ketika menggumam seperti, 'Oke, setelah ini, saya akan pergi ke pasar swalayan, membeli ikan, sayur dan buat, lalu kembali ke rumah, memasakā€¦' membuat Anda hidup jadi lebih terorganisasi.

Berbicara kepada diri sendiri mengenai beragam hal yang harus dikerjakan membuat Anda menyusun tindakan selanjutnya secara teratur.

3 dari 4 halaman

Manfaat Positif Berbicara dengan Diri Sendiri

3. Menemukan Barang Lebih Cepat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Wisconsin-Madison dan University of Pennsylvania di Amerika Serikat, menemukan bahwa berbicara kepada diri sendiri dapat membantu Anda menemukan barang lebih cepat.

Menurut peneliti, ketika kita mengucapkan terus barang yang sedang dicari, kemampuan Anda untuk menemukannya lebih cepat meningkat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengulangi kata tersebut.

4. Mengurangi Stres

Lain kali, saat Anda sedang merasa stres karena sesuatu, pertimbangkan untuk berbicara dengan diri sendiri.Ā Hal ini cara normal untuk mengatasi stres, kecemasan, serta membantu meringankan tekanan dalam hidup.

Berbicara dengan diri sendiri berfungsi sebagai semacam basa-basi. Anda akan menyuarakan, memotivasi diri sendiri, dan memperkuat bahwa sesuatu bisa diatasi serta dilakukan dengan baik. Alhasil, Anda cenderung merasa lebih percaya diri selama masa-masa penuh tekanan.

5. Meningkatkan Kecerdasan

Berbicara kepada diri sendiri dapat membantu meningkatkan kecerdasan Anda dengan cara mengatur pikiran dan mengasah tugas-tugas penting. Namun, penting bagi Anda untuk berbicara dengan hormat kepada diri sendiri.

Tidak dianjurkan untuk mengatakan hal negatif seperti 'Kamu bodoh!" kepada diri sendiri. Mulailah berbicara positif seolah Anda adalah sahabat sendiri.

4 dari 4 halaman

Manfaat Positif Berbicara dengan Diri Sendiri

6. Membantu Menyelesaikan Masalah

Anda cenderung lebih mudah memecahkan masalah ketika berbicara kepada diri sendiri. Ketika berbicara pada diri sendiri tentang masalah yang dialami tanpa mengandalkan orang lain, Anda cenderung menjadi lebih mandiri.

Mendengarkan suara diri sendiri juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat Anda lebih efektif dalam memecahkan masalah.

7. Meningkatkan Percaya Diri

Dengan berbicara pada diri sendiri Anda seperti memberikan motivasi dan rasa percaya diri kepada diri Anda. Untuk apa menunggu orang lain yang memberikan pujian, jika Anda merasa layak dan bisa melakukanya sendiri.

Ā 

Sumber: Klikdokter (15/12/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer