Sukses


3 Manfaat Sehat Tidur dengan Guling, Membuat Lebih Nyenyak

Bola.com, Jakarta - Tidur merupakan aktivitas yang berguna untuk memulihkan tenaga agar kembali fit. Dengan tidur yang cukup, semua anggota tubuh yang telah bekerja keras seharian bisa beristirahat.

Tidur yang berkualitas memakan waktu 7-8 jam sehari. Jika kurang dari jam tersebut, kondisi tubuh akan mengalami efek samping.

Kurang tidur sering kali tidak menimbulkan badan lemas, tetapi berpengaruh pada memori, mood, konsentrasi, kesehatan jantung, tekanan darah, sampai masalah diabetes. Maka itu, membuat tidur senyenyak mungkin merupakan hal yang wajib.

Ada berbagai cara untuk membuat tidur menjadi nyenyak, satu di antaranya menggunakan guling. Barang satu ini merupakan hal yang wajib ada karena memiliki segudang manfaat yang luar biasa.

Berikut manfaat sehat tidur menggunakan guling, dinukil dari Klikdokter, Selasa (16/11/2021).

2 dari 3 halaman

Manfaat Sehat Tidur dengan Guling

1. Membantu Meredakan GERD

Guling disebut-sebut bisa membantu mengatasi kondisi GERD (gastroesophageal reflux disease) atau asam lambung. Perlu diketahui, lambung berada di sisi kiri tubuh.

Saat tidur telentang atau miring ke kanan, cairan asam dari lambung cenderung naik dan menimbulkan beberapa gejala tertentu. Maka itu, tidur menyamping ke kiri menggunakan guling kemungkinan dapat membantu penderita GERD untuk tidur lebih nyenyak.

2. Mengurangi Ketidaknyamanan Saat Hamil

Tidur miring pakai guling dipercaya dapat membantu mengatasi beberapa kondisi tidak nyaman yang muncul saat masa kehamilan.

Ibu hamil diperbolehkan tidur miring menghadap kiri dan memakai guling di antara kedua kakinya. Posisi tidur ini bisa membantu mengurangi kram, sesak napas akibat tekanan janin, serta melancarkan aliran darah plasenta ke janin.

3. Mengurangi Dengkuran saat Tidur

Mendengkur sering disebabkan oleh tonsil yang jatuh ke belakang saat tubuh berada di posisi rebahan sehingga menutupi jalan nafas. Tidur miring bisa jadi solusi, dengan guling lebih bagus.

Perlu diketahui, tidur miring sambil memeluk guling dapat membuat jalur udara di kerongkongan tidak terhambat. Hasilnya, dengkuran saat Anda sedang terlelap bisa diminimalkan.

3 dari 3 halaman

Tips Memilih Bantal Guling

Agar tidur nyenyak dan posisi tidur miring memberikan manfaat, Anda harus memilih guling yang nyaman. Berikut beberapa cara memilih guling yang nyaman:

1. Perhatikan Isinya

Isi guling terbuat dari bahan yang berbeda-beda, ada yang terbuat dari busa, wol, kapas, bulu angsa, dan lateks. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan pilihan guling dengan anggaran biaya dan kenyaman tubuh masing-masing.

2. Beratnya

Guling yang terbuat dari bulu angsa atau bahan sintetis memiliki berat yang ringan. Sedangkan guling yang terbuat dari busa dan lateks agak lebih berat.

Berat guling bisa dipilih sesuai selera masing-masing. Jika Anda suka memindahkan posisi guling saat tidur, disarankan untuk pilih bantal yang lebih ringan agar lebih nyaman.

3. Ukuran

Bagi kebanyakan postur tubuh orang Indonesia, bantal guling ukuran standar sudah cukup besar. Apabila Anda lebih suka bantal guling yang lebih besar, boleh-boleh saja asalkan bisa menjaga postur tubuh saat tidur tetap lurus.

4. Kain

Pilih kain yang bahannya halus, lembut, dan nyaman untuk melapisi guling Anda. Pastikan juga bantal atau guling dilapisi seprai lagi agar lebih awet.

 

Sumber: Klikdokter.com ( Published: 2/12/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer