Sukses


5 Manfaat Salat Tahajud yang Menakjubkan bagi Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Umat Muslim pasti sudah sering mendengar anjuran untuk melakukan ibadah sunah seperti salat tahajud, khususnya yang sedang tertimpa musibah.

BACA JUGA: Tujuan Dari Sholat Beserta Manfaatnya Bagi Umat Islam

Bukan tanpa alasan, salat tajahud bisa menjadi upaya mencari jalan keluar atas masalah yang sedang dihadapi seorang hamba-Nya.

Dalah bahasa Arab disebut "shalatun lail" yang memiliki arti salat malam. Ibadah ini dikerjakan setelah salat isya sampai terbitnya fajar.

Namun, salat tahajud lebih afdal dilakukan di waktu sepertiga malam terakhir, atau sekitar pukul 02.00 hingga menjelang waktu subuh.

Ibadah salat tahajud dianggap sebagai ibadah salat sunnah yang paling istimewa. Seperti telah disebutkan di dalam Al-Qur'an bahwa salat tahajud dapat membuat orang yang mengamalkannya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah SWT.

Salat sunah ini mengandung banyak manfaat (keutamaan) bagi setiap Muslim yang mengamalkannya.

Berikut beberapa manfaat dari salat tahajud bagi umat Muslim yang melaksanakannya, seperti disadur dari Merdeka, Selasa (16/11/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Salat Tahajud

1. Menghapus Dosa

Manfaat salat tahajud yang pertama yakni dihapus dosanya. Pada sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda:

"Salat tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan kenyamanan, dan menghindarkan diri dari penyakit." (HR. Tirmidzi).

Dalam hadis tersebut tak hanya menghapus dosa, manfat salat tahajud juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, yaitu bisa mendatangkan kenyamanan dan menghindarkan diri dari penyakit.

2. Dikabulkan Doanya

Keajaiban salat tahajud kedua bila rutin dilakukan senantiasa dikabulkannya doa kita. Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Rabb kita Tabaraka wa Ta'ala turun setiap malam ke langit dunia saat masih tersisa sepertiga malam terakhir."

Kemudian Dia berfirman: "Barangsiapa yang memohon ampun pada-Ku, pasti Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) pada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa pada-Ku, pasti Aku akan mengabulkannya." (HR. Bukhari).

3 dari 4 halaman

Manfaat Salat Tahajud

3. Jembatan Masuk Surga

Keajaiban salat tahajud berikutnya yakni mampu menjadi jembatan masuk surga. Allah SWT telah menjanjikan surga bagi hamba-Nya yang taat pada-Nya. Sebaliknya, Dia menjadikan neraka sebagai hukuman bagi hamba yang durhaka pada-Nya.

Allah SWT telah menunjukkan kepada kita cara-cara untuk menggapai surga-Nya. Satu di antaranya ialah dengan melaksanakan salat tahajud.

Di ceritakan dari Abdullah bin Salam RA bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Wahai sekalian manusia, sebarluaskanlah ucapaan salam, berikanlah makanan dan salatlah kamu pada malam sewaktu manusia sedang tidur: Niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat." (HR Tirmidzi).

4. Amalan yang Membantu di Akhirat

Ada juga ayat dalam Al-Qur'an terkait manfaat salat tahajud atau salat malam ini. Dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 telah disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan salat tahajud, insyaallah akan menerima sebuah balasan yang setimpal yang diberikan oleh Allah SWT ketika kelak sudah berada di akhirat.

Pada ayat tadi dengan jelas mengungkapkan bahwa:

"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya merogoh apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka merupakan orang-orang yang sedikit tidurnya pada waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah." (QS. Az Zariyat: 15-18).

4 dari 4 halaman

Manfaat Salat Tahajud

5. Menjaga Kesehatan Rohani

Keajaiban salat tahajud juga dapat menjaga kesehatan rohani serta membentuk umat Muslim selalu pada Allah SWT. Allah akan memberikan pujian kepada siapa saja yang mau salat tahajud.

Dia juga akan memasukkannya ke kelompok hamba-Nya yang baik. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Ali Imran 3:113:

"Mereka itu tidak (seluruhnya) sama. Di antara Ahli Kitab ada golongan yang jujur, mereka membaca ayat-ayat Allah pada malam hari, dan mereka (juga) bersujud (salat). Di antara Ahli Kitab ada golongan yang jujur, lurus, melaksanakan tuntunan Nabi mereka, beriman kepada Allah SWT dan kerasulan Muhammad."

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ani Mardatila. Published: 20/4/2021).

Yuk, baca kumpulan artikel Islami lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer