Sukses


10 Cara Jitu Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan mental wajib dilakukan apalagi di situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini. Pada masa awal-awal pandemi, banyak orang khawatir akan penyebaran virus COVID-19 yang membuat kesehatan mental menurun.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, mental bersangkutan dengan batin dan watak manusia, yang bukan bersifat badan atau tenaga.

Kesehatan mental sangat berpengaruh dalam cara berpikir seseorang. Jika Anda selalu berpikiran negatif saat menghadapi sesuatu, bisa dikatakan Anda lemah mental.

Maka dari itu, perlu cara untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan mental seseorang dalam segala situasi, tidak hanya ketika dalam kondisi terpuruk.

Berikut cara jitu menjaga dan memperbaiki kesehatan mental, dinukil dari Klikdokter, Rabu (17/11/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Jitu Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

1. Belajar Meditasi

Di tengah dunia yang hiruk pikuk, baik nyata maupun maya, banyak orang yang kehilangan kemampuan untuk berdiam diri dan bermeditasi. Padahal, kegiatan seperti meditasi dan berdiam diri sangat penting untuk dilakukan secara rutin.

Sisihkan waktu beberapa menit setiap hari untuk berdiam diri dan bermeditasi. Saat meditasi, tenangkan pikiran dan terima emosi serta perasaan yang Anda alami. Anda juga dapat melakukan ibadah sesuai kepercayaan masing-masing.

2. Menulis Jurnal

Kebiasaan membuat atau menulis jurnal (journaling) diketahui dapat membantu menjaga kesehatan mental. Anda dapat menuliskan soal pikiran, emosi, serta stres yang mungkin Anda alami.

Anda juga dapat mengurai masalah yang dihadapi dalam bentuk tulisan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengontrol emosi serta memperbaiki kesehatan mental.

3. Luangkan Waktu Menikmati Alam

Rasa jenuh selama bekerja di dalam ruangan dapat mencetuskan masalah kesehatan mental. Apabila memungkinkan, pergilah sejenak untuk menikmati alam. Anda dapat pergi ke teras rumah atau kebun kecil di sekitar rumah.

Melihat tanaman atau hewan-hewan di sekitar akan menolong Anda untuk merasa lebih rileks dan kesehatan mental pun tetap terjaga.

3 dari 4 halaman

Cara Jitu Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

4. Lebih Sering Tertawa

Saat tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, seperti dopamin, yang memberikan rasa nyaman serta senang.

Untuk memancing tawa, tontonlah video komedi, pertunjukan komedian stand up favorit Anda, atau dengarkan podcast yang menghibur. Hal ringan tersebut akan menimbulkan tawa dan membantu Anda merasa lebih baik.

5. Ucapkan Kalimat Positif

Hindari mengevaluasi diri terlalu berlebihan dan ganti dengan kalimat afirmasi yang lebih positif. Hal itu dapat membantu mengendalikan pola pikir dan menghindari pikiran negatif menguasai diri Anda.

Kalimat sederhana seperti. 'Saya mampu melewati hari ini' atau 'Saya sudah melakukan yang terbaik dari diri saya' dapat membantu menjaga kesehatan mental.

6. Batasi Penggunaan Gadget

Kebiasaan scrolling di media sosial menggunakan gadget secara berlebihan dapat memengaruhi kesehatan mental. Dampaknya, Anda jadi membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan cenderung memunculkan berbagai pikiran negatif lainnya.

Maka itu, mulai batasi diri dalam menggunakan ponsel. Letakkan ponsel di malam hari, setidaknya satu jam sebelum waktu tidur.

4 dari 4 halaman

Cara Jitu Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

7. Mengobrol dengan Orang Lain

Berbicara dengan orang lain dapat membuat perasaan Anda menjadi lebih baik dan membantu memperbaiki kesehatan mental. Ajaklah pasangan, sahabat, rekan, keluarga untuk berdiskusi mengenai perasaan, pikiran, emosi, dan pengalaman yang Anda rasakan.

8. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Menjaga kesehatan fisik juga merupakan satu di antara cara memperbaiki kondisi mental. Sebab, kondisi fisik tak bisa dipisahkan dari keadaan jiwa.

Maka itu, pastikan Anda selalu makan makanan bergizi setiap hari, perbanyak konsumsi buah dan sayur, dan cukupi kebutuhan cairan Anda. Anda juga perlu menghindari makanan cepat saji, makanan yang terlalu manis, dan berhenti mengonsumsi alkohol atau rokok.

9. Tetap Aktif

Melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Beraktivitas fisik menolong Anda menjadi lebih fokus, lebih positif, dan membantu menjaga kesehatan mental. Lakukan olahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu selama 30 menit.

10. Cukup Tidur

Kurang tidur dapat membuat Anda mudah merasa stres dan depresi. Pastikan Anda selalu tidur cukup, 6 hingga 8 jam per hari.

Anda juga dapat melakukan sleep hygiene setiap malam dengan tidur di kamar yang redup atau gelap, tidak menggunakan ponsel sebelum tidur, dan tidur di jam yang sama setiap hari. Hal-hal tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

 

Sumber: Klikdokter.com (23/3/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer