Sukses


6 Manfaat Tubuh Berkeringat bagi Kesehatan, Jangan Anggap Enteng

Bola.com, Jakarta - Keringat merupakan bentuk pelepasan panas tubuh agar keseimbangan tetap terjaga. Keringat biasanya keluar jika seseorang melakukan aktivitas fisik yang lebih dari biasanya.

Keringat juga bisa menjadi tanda tubuh sedang berjuang melawan virus. Sering kali saat kita demam, keringat bisa keluar di malam hari. Suhu panas saat siang hari juga bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat.

Namun, ada beberapa orang yang tidak suka dengan tubuh berkeringat. Pasalnya, tubuh berkeringat menyebabkan sensasi lengket, panas, dan tubuh berbau tak sedap. Padahal, berkeringat juga mendakan tubuh yang sehat.

Berikut manfaat tubuh berkeringat bagi kesehatan, dilansir dari Klikdokter, JumatĀ (19/11/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Tubuh Berkeringat bagi Kesehatan

1. Detoksifikasi Logam Berat

Sebuah penelitian pada 2016 di China mengatakan bahwa kadar logam berat dalam tubuh orang yang berolahraga rutin lebih rendah dibandingkan dengan orang yang jarang latihan.

Logam berat dapat ditemukan di dalam keringat dan urine. Namun, komposisi logam berat lebih banyak ditemukan dalam keringat.

Maka, hal tersebut dapat menjelaskan mengapa orang yang lebih sering berkeringat memiliki kadar logam berat yang lebih rendah di dalam tubuhnya. Penumpukan logam berat di dalam tubuh bisa sangat berbahaya bagi tubuh.

2. Mengeluarkan Zat Kimia Berbahaya bagi Tubuh

Beberapa zat kimia berbahaya seperti bisphenol A (BPA) dan polychlorinated biphenyls (PCB) dapat dikeluarkan dari dalam tubuh melalui keringat.

PA merupakan zat yang digunakan dalam industri plastik. BPA berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan otak dan perilaku, serta dapat meningkatkan tekanan darah. Sementara itu, PCB merupakan zat kimia organik yang dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa uji coba telah membuktikan bahwa BPA dan sebagian jenis PCB dapat dikeluarkan dari tubuh melalui keringat. Oleh karena itu, berkeringat berarti mengurangi risiko kelebihan zat kimia yang berdampak negatif bagi kesehatan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tubuh Berkeringat bagi Kesehatan

3. Membersihkan Bakteri

Ada tanda-tanda bahwa zat glikoprotein di dalam keringat dapat mengikat bakteri dari pori-pori kulit. Zat tersebut juga dapat membantu pembersihan bakteri tersebut. Alhasil, berkeringat mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi kulit.

Kendati demikian, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Selain itu, keringat yang mengandung bakteri harus segera dibersihkan dengan cara mandi. Mandi bertujuan agar bakteri tidak menjadikan keringat sebagai media untuk berkembang biak dan menyebabkan bau tubuh yang tak sedap tubuh.

4. Memperbaiki Mood

Berkeringat dapat melepas hormon endorfin yang memicu perasaan positif. Hal ini berarti, berkeringat membantu suasana hati menjadi lebih baik. Anda bisa mendapatkan mood yang stabil atau happy dengan cara berolahraga dan mengeluarkan keringat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Tubuh Berkeringat bagi Kesehatan

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Berkeringat yang didapat dari latihan fisik maupun aktivitas sehari-hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian tahun 2015 yang dilakukan di Finlandia selama 20 tahun.

Menurut peneliti, orang yang lebih sering berkeringat di sauna cenderung punya risiko rendah terhadap penyakit berbahaya.

6. Memulihkan Otot

Keluarnya keringat dari dalam tubuh bermanfaat untuk membantu otot cepat pulih. Berkeringat dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu pengeluaran asam laktat.

Penumpukkan asam laktat dapat menyebabkan rasa lelah dan nyeri otot. Dengan berkeringat, rasa sakit bisa berkurang dan proses pemulihan setelah olahraga juga makin cepat.

Ā 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 16/11/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer