Sukses


7 Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan, Memberikan Kesenangan

Bola.com, Jakarta - Bowling merupakan satu di antara olahraga yang memberikan relaksasi. Bowling bisa dilakukan sendiri maupun bersama teman-teman.

Olahraga bowling juga bisa dimainkan oleh segala usia. Maka itu, olahraga ini juga bisa menjadi acara pertemuan keluarga. Kendati begitu, tak bisa dimungkiri, bowling bukan olahraga masyarakat mengingat tidak semua orang memiliki akses bermain bowling.

Pasalnya, untuk bermain bowling membutuhkan fasilitas khusus, dan sejauh ini kota-kota besar yang memiliki fasilitas tersebut.

Di sisi lain, bermain bowling memiliki segudang manfaat. Satu di antara yang sudah pasti ialah, bowling memberikan manfaat bagi kesehatan Anda.

Berikut beberapa manfaat olahraga bowling bagi kesehatan, dilansir dari Klikdokter, Senin (22/11/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan

1. Membakar Kalori

Sama seperti olahraga lain, olahraga bowling mampu membakar kalori. Jadi jangan salah, walau terlihat santai, bowling tidak diragukan lagi untuk

Seorang pemain bowling kurang lebih berjalan sampai sekitar 18 meter tiap giliran. Hal itu  berarti dalam waktu satu jam, ia bisa mencapai sekitar 800 meter. Kalori yang terbakar setara dengan melakukan lompat tali selama 25 menit.

2. Melatih Fleksibilitas

Dalam permainan bowling, Anda harus belajar bagaimana cara melakukan gerakan-gerakan tertentu. Gerakan tersebut tentunya akan membantu Anda untuk mengarahkan bola ke pin.

Anda harus meregangkan bagian-bagian tubuh pada saat mengarahkan bola agar tepat sasaran. Gerakan-gerakan inilah yang membuat manfaat bowling baik untuk melatih fleksibilitas tubuh Anda.

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan

3. Melatih Keseimbangan

Manfaat bermain bowling lainnya adalah melatih keseimbangan. Bola bowling cukup berat sehingga Anda butuh keseimbangan yang baik untuk menggulingkannya dengan satu tangan.

Nah, keseimbangan bisa didapatkan melalui bagaimana Anda mengatur posisi tubuh. Posisi yang benar saat akan menggulingkan bola dapat mencegah Anda terjatuh ketika melakukannya.

4. Memperkuat Koordinasi

Bowling dapat melatih koordinasi mata dan tangan Anda. Manfaat bowling yang satu ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, ketika Anda bermain, mata akan berperan sebagai penunjuk ke mana tangan akan menggelindingkan bola.

Lalu, bagaimana, koordinasi antara mata dengan tangan dapat terjadi? Jawabannya, arah mata ketika Anda bermain bowling tentu saja harus akurat sebagai petunjuk bagi tangan Anda untuk menggelindingkan bola ke arah yang tepat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan

5. Mengencangkan Otot-Otot

Manfaat lainnya dari olahraga bowling tentu dapat dirasakan otot-otot Anda. Olahraga ini melibatkan banyak otot. Posisi otot yang benar dibutuhkan agar bola dapat menggelinding dan menabrak pin.

Gerakan mengangkat, memutar, dan memintal yang dilakukan berulang-ulang dapat mengencangkan otot-otot tubuh, tangan, dan kaki Anda.

6. Baik untuk Kesehatan Kognitif

Bowling membutuhkan koordinasi, strategi, dan kelincahan. Memikirkan taktik dan berkonsentrasi dalam waktu lama tidak hanya bermanfaat bagi kemampuan motorik, melainkan juga kesehatan otak.

Oleh karena itu, manfaat bowling juga dapat berguna untuk membantu menjaga kesehatan kognitif sekaligus mencegah penuaan otak.

7. Meredakan Stres

Baik dilakukan sendiri maupun bersama dengan teman-teman, manfaat bermain bowling dapat membantu Anda untuk rileks sehingga turut mencegah depresi.

Bila bersama teman-teman, Anda bisa bermain bowling sembari mengobrol dan bersenda gurau. Hal ini akan membuat Anda melupakan segala kejenuhan yang mungkin Anda rasakan dalam beraktivitas sehari-hari.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 16/10/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer