Sukses


5 Manfaat Membersihkan Tempat Tidur untuk Kesehatan Mental, Jarang Disadari

Bola.com, Jakarta - Membersihkan tempat tidur atau kasur memberikan aura positif yang kerap tidak disadari. Tempat tidur adalah satu di antara barang penting di rumah.

Tempat tidur atau kasur adalah tempat kita menginstirahatkan tubuh dan mengisi ulang tenaga setelah dikuras seharian. Maka itu, kebersihan tempat harus menjadi perhatian.

Membersihkan tempat tidur juga menandakan Anda adalah seorang yang rajin. Pasalnya, tempat tidur semestina merupakan tempat pertama yang dibersihkan setelah bangun tidur.

Dengan membersihkan tempat tidur, Anda seperti melakukan olahraga kecil untuk mengusir kantuk. Selain itu, membersihkan tempat tidur juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Dampak positif dari merapikan tempat tidur bagi kondisi jiwa Anda bisa dirasakan secara instan ataupun bertahap.

Berikut manfaat membersihkan tempat tidur untuk kesehatan mental, dilansir dari Klikdokter, Selasa (23/11/2021).

2 dari 3 halaman

Manfaat Membersihkan Tempat Tidur untuk Kesehatan Mental

1. Membangun Motivasi untuk Sukses

Menurut teori McRaven, membersihkan dan menata ulang kasur setelah bangun tidur akan membuat Anda sukses.

Hanya dengan melipat selimut, membetulkan kerutan kain, dan membenarkan posisi bantal serta guling, berarti ada satu hal yang berhasil diselesaikan di awal hari.

Memulai pagi hari dengan kesuksesan kecil seperti itu akan memotivasi Anda untuk terus produktif. Rutinitas dan pola pemikiran tersebut hanya dimiliki oleh orang-orang sukses.

2. Mengurangi Kadar Stres

Manfaat membersihkan tempat tidur bisa membantu meringankan perasaan stres.Ketika Anda melakukan kegiatan tersebut, rasa stres dan tekanan berkurang. Kenapa? Karena ada energi yang disalurkan sehingga kadarnya di dalam diri menjadi turun.

Hal ini mirip dengan berolahraga ketika kita merasa stres atau marah. Berlatih boxing dan berlari di atas treadmill, misalnya, itu akan menjadi pelampiasan yang menyehatkan.

Jika tak punya banyak waktu untuk berolahraga di pagi hari karena harus bekerja, setidaknya Anda bisa melakukan aktivitas kebersihan yang satu ini.

3 dari 3 halaman

Manfaat Membersihkan Tempat Tidur untuk Kesehatan Mental

3. Meningkatkan Mood

Sesuatu yang indah, rapi, bersih, akan memanjakan mata sekaligus memuaskan batin. Nah, dengan Anda membereskan ranjang, apalagi sambil menyemprotkan wewangian, mood akan meningkat.

Ketika Anda pulang dan ingin beristirahat, perasaan tenang bisa didapatkan. Alhasil, kualitas istirahat meningkat dan besok bisa bangun dalam keadaan segar.

Jadi, selalu sempatkan untuk membereskan tempat pembaringan ini di awal hari.

4. Mempertahankan Fungsi Otak

Manfaat merapikan tempat tidur yang satu ini mungkin tidak berkaitan langsung dengan mental health Anda. Jika bagian ini merasakan dampak positifnya, kondisi psikis akan terpengaruh.

Penelitian yang berjudul "Tidying Up: Good for The Aging Brain" (2020) melaporkan membersihkan tempat tidur bagus untuk lansia.

Alasannya, dengan rutin membereskan tempat tidur, kualitas hidup serta fungsi otak mereka tetap terjaga.

Aktivitas tersebut juga bisa meningkatkan fokus lansia lebih optimal. Orang yang hidup di lingkungan bersih dan rapi juga cenderung memiliki kontrol impuls yang lebih baik serta teliti.

5. Menciptakan Regulasi Emosi yang Lebih Baik

Satu studi mengungkap, mereka yang memiliki rumah berantakan, terutama yang banyak menimbun sampah, punya regulasi atau pengaturan emosi yang lebih buruk.

Berusaha menciptakan lingkungan yang ideal dan keteraturan dengan merapikan ranjang akan membuat perasaan Anda menjadi lebih baik.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 23/3/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer