Sukses


Pentingnya Ventilasi untuk Mencegah Penularan COVID-19 di dalam Ruangan

Bola.com, Jakarta - Penyebaran virus corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 bisa terjadi dari mana saja, misalkan ketika kita beraktivitas di dalam ruangan.

Ketika kita beraktivitas di dalam ruangan, kita harus selalu menjaga kebersihan dan paling penting adalah memiliki ventilasi udara yang baik.

seperti dikutip dari laman covid19.go.id, ventilasi menjadi hal penting dalam proses pertukaran udara supaya udara yang ada di dalam ruangan tetap terjaga kualitasnya. Sebagai informasi, transmisi penyebaran COVID-19 dapat melalui melalui "airbone" atau udara.

Untuk mengurangi risiko terinfeksi COVID-19 ketika beraktivitas di dalam ruangan, kita bisa meminimalisasi yakni dengan menggunakan ruangan berventilasi alami (misal dengan membuka jendela atau pintu) atau yang mendapatkan sinar matahari.

Jika tidak, alternatifnya adalah menggunakan Air Purifier dengan HEPA Filter atau ruangan dengan exhaust fan sehingga punya siklus pergantian udara lebih baik. Bisa juga dengan mengganti filter pendingin ruangan (AC) secara rutin.

2 dari 2 halaman

Syarat Ruangan Sehat

Dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: 829/Menkes/SK/VII/1999, dijelaskan tentang ruangan sehat memiliki beberapa persyaratan sebagai berikut:

  • Ruang tidur dan ruang keluarga dilengkapi dengan sarana ventilasi untuk pengaturan sirkulasi udara.
  • Bangunan tidak terbuat dari bahan yang dapat menjadi tumbuh dan berkembangnya mikroorganisme pathogen.
  • Kamar mandi dan tempat cuci harus kedap air dan mudah dibersihkan.
  • Luas ventilasi alamiah yang permanen minimal 10 persen dari luas lantai. Mari tingkatkan disiplin protokol kesehatan, dukung PPKM darurat demi kebaikan bersama.

Di sisi lain, kita harus sering menjaga kebersihan dengan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, serta memakai masker.

Mari tingkatkan disiplin protokol kesehatan demi kebaikan bersama!

Video Populer

Foto Populer