Pengertian Teks Eksposisi Beserta Strukturnya yang Perlu Dipahami

Oleh Alfi Yuda pada 26 Nov 2021, 09:20 WIB
Diperbarui 26 Nov 2021, 09:20 WIB
Ilustrasi teks eksposisi
Ilustrasi teks eksposisi. (Photo by Sincerely on Unsplash)

Bola.com, Jakarta - Teks eksposisi merupakan teks nonfiksi yang memuat dan menjelaskan suatu informasi atau pengetahuan berdasarkan fakta sebenarnya.

Informasi yang terkandung pada teks eksposisi dijabarkan dalam bentuk yang padat, singkat, dan jelas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, teks eksposisi merupakan suatu uraian atau paparan yang bertujuan untuk menjabarkan maskud serta tujuan.

Paragraf di dalam teks eksposisi bersifat ilmiah. Tujuan dari teks ini memang untuk menjelaskan informasi tertentu agar pengetahuan pembaca bisa bertambah.

Dalam teks eksposisi, biasanya bisa membahas isu pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Mungkin itulah sedikit penjelasan mengenai teks eksposisi. Adapun untuk lebih lengkapnya, kamu bisa menyimak pembahasan mengenai teks eksposisi berikut ini, seperti dikutip dari laman Xerpihan dan Gurupendidikan, Jumat (26/11/2021).

2 dari 3 halaman

Pengertian Menurut Para Ahli

  • Menurut Chaedar Alwasilah (2005, 111), pengertian dari teks eksposisi adalah jenis tulisan yang bertujuan untuk mengklarifikasi, menjelaskan, mendidik, atau mengevaluasi suatu persoalan.
  • Menurut Jos. Daniel Parera (1987, 05), teks eksposisi adalah suatu tulisan yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca. Teks ini berisi pemaparan suatu kejadian yang disertai sejumlah bukti agar pembaca dapat memahaminya dengan baik.
  • Pendapat lain datang dari satu di antara ahli bahasa terbaik di Indonesia, Gorys Keraf. Menurut Gorys Keraf (1981, 3), teks eksposisi adalah wacana atau tulisan yang menguraikan suatu pokok pikiran untuk memperluas pengetahuan pembaca.
3 dari 3 halaman

Struktur Teks Eksposisi

- Judul

Judul hendaknya menggambarkan sesuatu yang dibahas dalam teks eksposisi. Judul sebaiknya ditulis dengan kata-kata yang singkat, menarik, dan sarat akan makna.

- Pernyataan Umum atau Tesis

Bagian ini berfungsi untuk memperkenalkan topik sekaligus menempatkan pembaca pada posisi tertentu. Lantaran dengan teks yang digunakan penulis itu ingin mengemukakan pendapat, pembaca bisa berada pada posisi yang sependapat atau pada posisi yang berseberangan dengannya.

- Argumentasi atau Alasan

Bagian dari teks eksposisi adalah argumen atau alasan. Panjang dan pendeknya bagian ini tergantung pada jumlah argumen yang telah dikenalkan secara garis besar di dalam pernyataan umum, kemudian disebutkan ulang dan menjabarkan argumen tersebut dalam paragraf-paragraf.

Pengembangan argumen menjadi paragraf ini dilakukan melalui penyajian contoh dan alasan.

- Penegasan Ulang Pendapat (Simpulan)

Pengulangan tersebut dilakukan dengan berdasarkan pada argumen yang telah disajikan dalam bagian sebelumnya. Pengulangan opini bersifat pilihan sehingga tidak semua teks eksposisi memilikinya.

 

Sumber: xerpihan.id, gurupendidikan.co.id

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓