Sukses


Macam-Macam Jaringan Parenkim Berdasarkan Fungsi dan Bentuknya

Bola.com, Jakarta - Jaringan parenkim adalah jaringan pada tumbuhan yang terbentuk dari sel-sel hidup. Jaringan parenkim disebut juga jaringan dasar karena terdapat di hampir bagian tubuh tumbuhan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, parenkim adalah jaringan dasar tumbuhan yang terdiri atas sel-sel hidup yang mempunyai fungsi dan bentuk yang berbeda-beda.

Jaringan dasar atau parenkim tersebut menyusun hampir sebagian besar tubuh tumbuhan. Jaringan parenkim pada tumbuhan memiliki banyak fungsi tergantung tempat jaringan tersebut berada.

Berdasarkan fungsi dan bentuknya, jaringan parenkim terbagi menjadi beberapa macam. Apa saja macam-macam jaringan parenkim?

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam jaringan parenkim berdasarkan fungsi dan bentuknya, seperti dilansir dari gerbangkurikulum.sma.kemdibud.go.id, Jumat (26/11/2021). 

2 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Tersusun dari sel-sel hidup yang berukuran besar.

2. Bentuk selnya polihedron dengan dinding sel primer.

3. Memiliki inti sel yang berukuran besar dengan banyak vakuola.

4. Letak selnya tidak terlalu rapat sehingga terdapat ruang antarsel.

5. Dapat bersifat meristematik.

3 dari 6 halaman

Macam-Macam Jaringan Parenkim Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, jaringan parenkim dibagi menjadi enam, yaitu:

Parenkim asimilasi

Parenkim asimilasi merupakan parenkim yang dapat melakukan fotosintesis karena memiliki klorofil. Parenkim asimilasi terdapat pada bagian tubuh tumbuhan yang berwarna hijau. Lantaran mengandung klorofil maka parenkim jenis ini disebut juga klorenkim.

Parenkim udara

Parenkim udara merupakan parenkim yang mampu menyimpan udara karena memiliki ruang antarsel yang besar. Parenkim udara disebut juga aerenkim.

Parenkim udara terdapat pada alat pengapung tumbuhan hidrofit seperti eceng gondok.

Parenkim penimbun

Parenkim penimbun merupakan parenkim yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan karena memiliki vakuola yang berukuran besar.

Parenkim penimbun terdapat pada empulur batang, akar, umbi, akar rimpang, dan biji. Cadangan makanan yang disimpan parenkim penimbun bisa berupa gula, tepung, lemak, dan protein.

4 dari 6 halaman

Macam-Macam Jaringan Parenkim Berdasarkan Fungsinya

Parenkim penutup luka

Parenkim penutup luka merupakan parenkim yang bersifat meristematik karena melakukan pembelahan diri untuk regenerasi parenkim baru.

Parenkim penutup luka disebut juga felogen (kambium gabus).

Parenkim pengangkut

Parenkim pengangkut merupakan parenkim yang terdapat di sekitar xilem dan floem. Parenkim pengangkut memiliki sel-sel yang bentuknya memanjang sesuai arah pengangkutannya.

Parenkim air

Parenkim air merupakan parenkim yang mampu menyimpan air. Berdinding sel tipis dengan vakuola besar yang berisi cairan agak berlendir.

Parenkim air terdapat pada tanaman epifit dan tanaman xerofit.

5 dari 6 halaman

Macam-Macam Jaringan Parenkim Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, jaringan parenkim dapat dibedakan menjadi empat, yaitu:

Parenkim palisade

Parenkim palisade merupakan parenkim yang sel-selnya berbentuk memanjang, tegak, dan mengandung banyak kloroplas. Parenkim palesade terdapat pada mesofil daun dan kadang-kadang ditemukan pada biji.

Parenkim bintang (aktinenkim)

Parenkim bintang merupakan parenkim yang sel-selnya berbentuk seperti bintang dan saling bersambungan di bagian ujungnya terdapat pada tangkai bunga Canna sp.

6 dari 6 halaman

Macam-Macam Jaringan Parenkim Berdasarkan Bentuknya

Parenkim lipatan

Parenkim lipatan merupakan parenkim yang dinding selnya mengalami lipatan ke arah dalam dan banyak mengandung kloroplas. Parenkim ini terdapat pada mesofil daun Pinus sp. dan padi.

Parenkim bunga karang

Parenkim bunga karang atau parenkim spons merupakan parenkim yang memiliki sel-sel dengan bentuk tidak teratur dan ruang antarsel yang besar.

Parenkim bunga karang terdapat pada mesofil daun.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer