5 Daftar Teknik Relaksasi untuk Mengatasi Nyeri Sendi di Rumah

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 27 Nov 2021, 09:20 WIB
Diperbarui 27 Nov 2021, 09:20 WIB
Ilustrasi nyeri sendi
Ilustrasi nyeri sendi. Credit: unsplash.com/Imani

Bola.com, Jakarta - Terkena nyeri sendi merupakan hal yang menjengkelkan. Tubuh berasa sakit pada area sendi yang membuat tidak nyaman bergerak.

Selain itu, nyeri sendi juga bisa membuat tubuh menjadi pegal-pegal dan malas untuk bergerak. Ada sebagian orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk mengurangi nyeri sendi.

Namun, tidak semua orang senang minum obat untuk mengurangi rasa nyeri sendi. Ada yang lebih menyukai teknik relaksasi untuk mengurangi masalah tersebut.

Teknik tersebut bisa dilakukan di rumah secara mandiri maupun membutuhkan terapis yang profesional.

Berikut daftar teknik relaksasi untuk mengatasi nyeri sendi, dinukil dari Klikdokter, Sabtu (27/11/2021).

2 dari 3 halaman

Daftar Teknik Relaksasi untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Ilustrasi sendi nyeri
Ilustrasi sendi nyeri. (Sumber: Pixabay)

1. Peregangan di pagi hari

Orang dengan gejala rematik sering mengalami rasa kaku dan nyeri sendi di pagi hari. Gejala ini dapat dikurangi dengan teknik peregangan, terutama pada sendi yang mengalami kekakuan.

Lakukan teknik peregangan sebelum memulai aktivitas di pagi hari selama 10-20 menit secara perlahan dan bertahap.

2. Pijat

Ini cara mengurangi keluhan nyeri sendi yang bisa Anda lakukan di rumah. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa pijat yang dilakukan sendiri selama 20 menit sehari dapat menurunkan gejala nyeri sendi.

3 dari 3 halaman

Daftar Teknik Relaksasi untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Ilustrasi nyeri sendi
Ilustrasi nyeri sendi. Credit: pexels.com/pixabay

3. Kompres

Kompres hangat dan dingin menjadi satu di antara pilihan terapi nyeri sendi yang bisa Anda lakukan di rumah. Kompres hangat untuk nyeri sendi tidak disertai dengan gejala peradangan (merah dan bengkak). Sedangkan kompres dingin untuk nyeri sendi yang disertai dengan gejala peradangan.

4. Yoga

Para ahli yakin yoga dapat mengurangi rasa nyeri sendi dan meningkatkan kualitas hidup pengidap, terutama mereka yang menderita nyeri sendi akibat pengapuran sendi. Lakukan gerakan yang mudah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Berendam air hangat

Berendam air hangat dapat membantu mengatasi nyeri sendi yang tidak disertai gejala. Mekanisme berendam air hangat sama seperti terapi kompres hangat. Namun, ingat, jangan menggunakan air yang terlalu panas.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 24/11/2016)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓