Sukses


10 Cara Mengatasi Overthinking dengan Efektif

Bola.com, Jakarta - Overthinking merupakan satu di antara sifat manusia yang perlu dipahami dengan bijak. Overthinking alias memikirkan segala sesuatu secara berlebih perlu dikaji dalam dua sisi.

Sisi pertama, overthinking bisa dirasa baik karena untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Di sisi lain perilaku ini bisa merugikan karena mengganggu dan menghalangi kemajuan hidup.

Bahkan dalam kondisi ekstrem, overthinking dapat menyebabkan stres bahkan gangguan kesemasan.

Itulah mengapa, perlu untuk mengontrol diri agar tak terlalu overthinking. Pasalnya, menjadi pribadi yang overthinking juga bisa sangat menyebalkan bagi orang lain.

Berikut cara mengatasi overthinking dengan efektif, dilansir dari Klikdokter, Minggu (28/11/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Overthinking dengan Efektif

1. Berpasrah Diri

Apa pun yang sedang Anda alami atau kerjakan, lakukanlah semaksimal mungkin. Yakinlah, apa pun hasilnya, itu adalah yang terbaik dan sudah sesuai batas kemampuan Anda.

2. Selesaikan Urusan yang Mudah Terlebih Dahulu

Urutkan pekerjaan dan permasalahan dari yang paling ringan hingga berat. Hal ini bermanfaat untuk menyelesaikan lebih banyak hal dengan cepat dan tidak tertahan terlalu lama di pekerjaan yang sulit.

Mengerjakan hal yang ringan terlebih dahulu akan memberi sensasi kesuksesan yang membuat Anda bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan berikutnya.

3. Pasang Target

Anda boleh saja overthinking, dengan syarat hanya untuk hal-hal yang memang bisa diselesaikan. Hindari overthinking untuk hal-hal yang tidak dapat Anda selesaikan.

Sadarlah bahwa Anda adalah manusia yang memiliki kemampuan sangat terbatas sehingga tidak mampu menyelesaikan hal-hal yang memang di luar kuasa.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Overthinking dengan Efektif

4. Alihkan Perhatian Anda

Buat diri Anda sibuk dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti melakukan hobi atau olahraga secara rutin. Hal ini akan menciptakan perasaan bahagia, sekaligus dapat dijadikan media untuk membuang energi dengan tidak percuma.

Pasalnya, saat tubuh lelah setelah melakukan hobi atau olahraga, Anda sudah tidak lagi memiliki energi untuk overthinking. Alhasil, Anda bisa beristirahat dengan nyaman.

5. Meditasi

Meditasi terbukti menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi overthinking. Supaya manfaatnya benar-benar optimal, lakukan meditasi di tempat yang gelap dan tenang. Atur napas dengan baik, dan usahakan untuk membuat tubuh serta pikiran tetap rileks.

6. Akui Kesuksesan Anda

Saat Anda berada di tengah-tengah pemikiran berlebihan, segera berhenti dan keluarkan buku catatan atau aplikasi notes favorit di ponsel.

Catat lima hal yang telah berjalan selama seminggu terakhir dan peran Anda di dalamnya. Tidak perlu khawatir, bahkan pencapaian sekecil apa pun tetap dinilai sebagai sukses bagi diri Anda.

Ketika melihat pencapaian tersebut di atas kertas atau layar, Anda mungkin akan terkejut bagaimana hal-hal kecil itu sangat berpengaruh bagi orang sekitar maupun diri sendiri. Jika terasa membantu, lihat kembali daftar ini ketika pikiran Anda bergejolak.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Overthinking dengan Efektif

7. Ambil Tindakan

Terkadang, Anda mungkin mengulangi pemikiran yang sama berulang kali karena tidak mengambil tindakan konkret tentang situasi tertentu.

Maka itu, agar tidak terus-menerus overthinking, cobalah untuk fokus memikirkan solusi dan tindakan yang harus Anda lakukan. Jangan pedulikan hasil, yang penting Anda telah mencobanya sekuat tenaga.

8. Rangkul Rasa Takut

Ada beberapa hal yang pada dasarnya memang di luar kendali Anda. Mempelajari cara menerima kondisi tersebut bisa sangat membantu dalam mengekang pemikiran yang berlebihan.

Tidak perlu terburu-buru. Lakukanlah secara bertahap dan berproses agar beban pikiran Anda tidak malah bertambah dan memperburuk overthinking yang sebelumnya.

9. Minta Bantuan

Jika merasa tidak kuat, Anda tidak harus melakukannya sendiri. Mintalah bantuan pada terapis yang berkualitas agar beban di pikiran Anda bisa berkurang secara bertahap.

Anda pun bisa meminta bantuan pada teman kepercayaan. Setidaknya, dengan bercerita pada teman kepercayaan, Anda bisa mendapat timbal balik yang mungkin saja menjadi motivasi atau cara mengatasi overthinking yang dialami.

10. Lakukan Sesuatu yang Baik untuk Orang Lain

Menyadari bahwa Anda memiliki kekuatan untuk membuat hari seseorang menjadi lebih baik dapat mencegah pikiran negatif mengambil alih. Hal ini pada akhirnya dapat membantu mengatasi overthinking yang dialami.

Hal tersebut juga memberi Anda sesuatu yang produktif untuk fokus akan sesuatu daripada terbawa arus pemikiran tak berujung. Pada akhirnya, ini pun dapat menjadi cara menghilangkan kebiasaan overthinking, khususnya jika dilakukan berkelanjutan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 14/5/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer