Sukses


Macam-Macam Penyebab Terjadinya Globalisasi yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, pemikiran, produk, dan berbagai aspek kebudayaan lainnya.

Istilah globalisasi diambil dari bahasa Inggris, yaitu 'globalize' yang berarti universal atau menyeluruh. Penambahan imbuhan 'ization' pada kata 'globalization' artinya adalah proses mendunia.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pengertian dari globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia.

Globalisasi merupakan suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak secara terus-menerus. Proses globalisasi yang terjadi tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor.

Ada banyak penyebab terjadinya globalisasi yang melanda kehidupan masyarakat. Apa saja penyebab utama terjadinya globalisasi?

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam penyebab terjadinya globalisasi, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Senin (29/11/2021).

2 dari 7 halaman

1. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi dan Komunikasi bisa dibilang mengalami kemajuan sangat pesat. Kondisi tersebut berperan besar dalam proses globalisasi di dunia.

Era revolusi industri 4.0 sekarang ini ditandai dengan pengumpulan data besar (collection big data) yang berbasis internet. Hal itu berarti semua data di seluruh dunia terhubung satu dengan yang lain.

Adapun contohnya pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik akan terhubung dengan data pusat. Data pusat ini juga terhubung dengan pajak, SIM perbankan, imigrasi, dan lain sebagainya.

Perkembangan alat komunikasi tentu sangat memudahkan untuk melakukan komunikasi antarsesama. Kemudahan ini dapat digunakan dalam berbagai hal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

3 dari 7 halaman

2. Perkembangan Transportasi

Adanya globalisasi berbasis teknologi menyebabkan perkembangan transportasi antarnegara makin intensif. Mobilitas masyarakat untuk menjalankan aktivitas kehidupan juga sangat mudah dan cepat bahkan seolah-seolah tidak ada batas wilayah.

Dengan demikian, proses perubahan sosial dalam masyarakat menjadi sangat tinggi.

Contohnya perkembangan teknologi pesawat terbang memudahkan mobilitas masyarakat antarnegara. Hal ini tentu memengaruhi berbagai bidang kehidupan terutama dunia industri dan pariwisata.

4 dari 7 halaman

3. Perkembangan Bisnis Ekonomi

Teknologi berbasis internet yang makin maju membuat kegiatan transaksi jual beli antarnegara menjadi lebih mudah. Contohnya perdagangan virtual (e-commerce) yang digunakan untuk transaksi jual beli.

Pasar konvensional yang mengharuskan penjual bertemu dengan pembeli sudah ketinggalan zaman. Saat ini, perdagangan sudah dapat dilakukan kapan dan di mana saja tanpa batasan ruang dan waktu.

Bisnis online dapat dilakukan antrnegara sehingga memudahkan masyarakat memperoleh barang yang dibutuhkan.

5 dari 7 halaman

4. Kerja Sama Ekonomi Internasional

Kemudahan dalam membuat kesepakatan perdagangan internasional mengakibatkan proses globalisasi terjadi secara terus-menerus.

Terjalinnya kesepakatan kerja sama antarnegara ini terkait dengan kebijakan ekonomi, ketahanan, politik, dan kebudayaan internasional.

Selain itu, muncul juga persatuan antarnegara dalam satu regional atau benua dalam upaya memperkuat sektor tertentu yang sifatnya saling menguntungkan.

6 dari 7 halaman

5. Berkurangnya Konflik Antarnegara

Makin tingginya kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya hubungan internasional mengakibatkan berkurangnya konflik antarnegara. Saat antarnegara melakukan hubungan internasional maka terjadilah globalisasi.

7 dari 7 halaman

6. Berkurangnya Sumber Daya Alam

Ada beberapa sumber daya alam yang akan mengalami pengurangan setiap tahunnya. Contohnya deposit minyak bumi dan logam mulia di suatu negara menjadi berkurang.

Hal tersebut membuat beberapa negara berinvestasi di negara lain untuk mengeruk sumber daya di negara tersebut.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer