Belajar dari Kegagalan di Final Indonesia Masters, Kunci Kesuksesan Kevin / Marcus Menjuarai Indonesia Open 2021

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 28 Nov 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 28 Nov 2021, 18:15 WIB
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Indonesia Open 2021
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, dalam momen kemenangan di final Indonesia Open 2021 yang digelar di Nusa Dua, Bali, Minggu (28/11/2021). (Dok. PBSI)

Bola.com, Bali - Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, berhasil menjadi juara Indonesia Open 2021 setelah mengalahkan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, dua gim langsung, 21-14 dan 21-18, di Nusa Dua, Bali, Minggu (28/11/2021). Bersyukur bisa menjadi juara, Kevin/Marcus mengaku belajar dari kegagalan di Indonesia Masters 2021 untuk bisa sukses kali ini.

Menghadapi Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, Kevin/Marcus tidak dengan mudah meraih kemenangan di laga final Indonesia Open 2021 itu. Bahkan pada awal gim pertama, kedua pasangan itu harus melewati pertarungan yang sengit dan ketat untuk meraih poin demi poin.

Namun, Kevin/Marcus bermain lebih baik dalam laga ini. Penempatan-penempatan bola yang dilakukan oleh Marcus serta permainan sabar Kevin di laga final ini mampu mengatasi permainan pasangan Jepang yang menjadi lawan mereka.

Kemenangan ini seakan menjadi pembalasan atas kegagalan Kevin/Marcus di final Indonesia Masters 2021 yang digelar pada pekan lalu. Hoki/Kobayashi adalah pasangan Jepang yang juga dihadapi Kevin/Marcus di final dan akhirnya menggagalkan pasangan Indonesia itu untuk menjadi juara di Indonesia Open 2021 ini.

 

2 dari 3 halaman

Belajar dari Kekalahan di Final Indonesia Masters 2021

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Indonesia Open 2021
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, di final Indonesia Open 2021 yang digelar di Nusa Dua, Bali, Minggu (28/11/2021). (Dok. PBSI)

Kevin/Marcus pun mengakui bahwa kemenangan di final Indonesia Open 2021 ini tidak lepas dari upaya mereka belajar dari kekalahan yang dialami di final Indonesia Masters 2021.

"Saya sangat bersyukur, Puji Tuhan bisa melewati hari ini dengan baik dan belajar lancar. Hari ini kurang lebih mereka bermain sama seperti minggu lalu, tapi kami sudah belajar banyak dan mengantisipasi permainan yang mereka perlihatkan pada minggu lalu," ujar Kevin Sanjaya Sukamuljo setelah pertandingan, Minggu (28/11/2021).

Senada dengan Kevin, Marcus pun mengakui kunci keberhasilan mereka menang dalam pertemuan kali ini karena sudah belajar dari kegagalan pada pekan lalu.

Namun, Marcus juga mengakui bahwa pasangan Jepang yang mereka hadapi itu memang mengalami perkembangan yang pesat setelah sudah lama tidak bertemu karena pandemi COVID-19.

"Kunci kemenangannya pasti belajar dari kekalahan minggu lalu. Kami sudah lama tidak bertemu karena selama pandemi memang tidak pernah bertemu. Perubahan mereka banyak, dari kesalahan kemarin, kami mengevaluasi dan perbaiki cara bermain menghadapi mereka," tegas Marcus setelah laga final Indonesia Open 2021 itu.

 

3 dari 3 halaman

Mengenai Permainan Lawan

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Indonesia Open 2021
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, dan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, di podium juara Indonesia Open 2021 yang digelar di Nusa Dua, Bali, Minggu (28/11/2021). (Dok. PBSI)

Kevin juga mengapresiasi permainan Hoki/Kobayashi setelah dua pertemuan mereka di laga final dua turnamen berturut-turut. Menurut Kevin, Hoki/Kobayashi memperlihatkan kualitas permainan yang kuat dan selalu memperlihatkannya dalam dua pertemuan terakhir itu.

"Permainan mereka kurang lebih sama sebenarnya. Sama-sama kuat dan tidak mudah mati. Mereka juga memiliki serangan yang bagus. Tapi, kali ini kami lebih siap dari start awalnya," ujar Kevin.

Setelah melalui Indonesia Masters 2021 dan Indonesia Open 2021, Kevin/Marcus kini bisa beristirahat sejenak, sekitar dua hari, dan kemudian melanjutkan kiprah dengan tampil di turnamen terakhir pada Indonesia Festival Badminton 2021, yaitu BWF World Tour Finals 2021 yang juga digelar di Bali.

Lanjutkan Membaca ↓