5 Manfaat Luar Biasa Tape Singkong bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Oleh Alfi Yuda pada 30 Nov 2021, 11:40 WIB
Diperbarui 30 Nov 2021, 11:40 WIB
Ilustrasi tape singkong
Ilustrasi tape singkong. (Image by Dian A. Yudianto from Pixabay)

Bola.com, Jakarta - Tape singkong merupakan satu di antara makanan tradisional Indonesia. Sesuai namanya, makanan ini dibuat dari bahan dasar singkong dengan cara membungkus singkong (proses fermentasi) dalam daun pisang selama 2-3 hari.

Tape singkong memiliki rasa yang manis sedikit asam dan bertekstur lembut, yang membuatnya menjadi hidangan favorit bagi banyak orang.

Fakta menarik bahwa tape singkong tidak hanya sekadar lezat, tetapi memiliki beragam kandungan gizi yang baik untuk tubuh, yang sayangnya tidak banyak diketahui.

Kandungan gizinya tidak kalah ketimbang makanan fermentasi lainnya, seperti yoghurt, keju, kefir, tahu, dan tempe.

Dengan kandungan tersebut, ada beberapa manfaat tape singkong untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Penasaran manfaat apa saja yang dihasilkan dari makanan tradisional satu ini? Berikut manfaat luar biasa tape singkong bagi kesehatan, disadur dari Liputan6, Selasa (30/11/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Luar Biasa Tape Singkong bagi Kesehatan

Ilustrasi menjaga kesehatan sistem pencernaan
Ilustrasi menjaga kesehatan sistem pencernaan. (Photo by Rane on Pexels)

1. Baik untuk Pencernaan

Manfaat tape singkong untuk kesehatan yang pertama adalah baik untuk pencernaan. Singkong merupakan sumber serat yang membantu merangsang gerakan usus yang berperan penting dalam melancarkan pencernaan.

Tak hanya itu, kandungan serat dan air di dalamnya berfungsi untuk mengatasi sembelit. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi tape singkong secara teratur.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Bagi Anda pengidap tekanan darah tinggi, sebaiknya rutin mengonsumsi tape singkong. Tape singkong mengandung kalsium yang merupakan mineral baik untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kalium memiliki risiko terkena penyakit hipertensi jauh lebih rendah. Selain itu, tape singkong dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti serangan jantung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Luar Biasa Tape Singkong bagi Kesehatan

Ilustrasi anemia
Ilustrasi anemia. (Gambar oleh 200 Degrees dari Pixabay)

3. Sumber Karbohidrat yang Baik

Singkong merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik daripada nasi karena memiliki kadar indeks glikemik lebih yang lebih rendah. Hal ini bisa menjadi sumber energi bagi tubuh.

Selain itu, kandungan karbohidrat di dalam tape singkong dapat membuat Anda bisa kenyang lebih lama karena lebih lama dicerna oleh sistem pencernaan. Dengan begitu, Anda bisa memilih tape singkong sebagai makanan untuk diet dan membantu Anda menurunkan berat badan.

4. Mencegah Anemia

Bagi Anda yang memiliki penyakit anemia, sebaiknya mengonsumsi tape singkong. Kandungan mikroorganisme yang ada dalam ragi tape singkong dipercaya membantu produksi vitamin B12 bagi tubuh. Vitamin ini dapat membantu produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

4 dari 4 halaman

Manfaat Luar Biasa Tape Singkong bagi Kesehatan

Ilustrasi tulang tubuh
Ilustrasi tulang tubuh. (Photo on Freepik)

5. Menguatkan Tulang

Manfaat tape singkong untuk kesehatan selanjutnya ialah dapat menguatkan tulang. Kamu dapat mencoba mengonsumsi tape singkong untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Di dalam tape singkong ditemukan mineral penting untuk tulang, seperti kalsium dan fosfor. Karena itulah tape singkong dipercaya dapat membantu menjaga kekuatan serta kesehatan tulang.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 27/1/2020)

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓