Daftar Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Anak

Oleh Rheza Aditya Gradianto pada 01 Des 2021, 08:20 WIB
Diperbarui 01 Des 2021, 08:20 WIB
Ilustrasi anak makan sayur-sayuran
Ilustrasi anak makan sayur-sayuran. Sumber : Freepik

Bola.com, Jakarta - Makanan berserat tinggi tidak hanya dianjurkan untuk orang dewasa semata, anak-anak juga perlu mendapatkan asupan makanan yang mengandung serat.

Serat berperan penting untuk menjaga kesehatan anak, terutama saat proses pertumbuhan. Asupan serat yang seimbang bisa menyehatkan sistem pencernaan anak Anda.

Hanya, masih banyak orang tua yang tidak memberikan anak mereka asupan makanan berserat dengan cukup. Padahal, mencukupi kebutuhan serat anak dapat mencegah berbagai masalah kesehatan.

Selain bisa menyehatkan sistem pencernaan, serat juga berfungsi untuk menghindarkan tubuh dari obesitas, penyakit jantung, diare, hingga kanker.

Banyak makanan berserat tinggi yang bisa orang tua berikan kepada anak, mencampurkannya dengan aneka bumbu-bumbu bisa membuat anak menjadi makin tertarik untuk melahapnya.

Berikut daftar makanan berserat tinggi yang baik untuk anak, dan wajib diketahui para orang tua, seperti dilansir dari Klikdokter, Rabu (1/12/2021).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Anak

Ilustrasi oatmeal
Ilustrasi oatmeal. Credit: pexels.com/pixabay

1. Oatmeal 

Mulailah pagi hari anak Anda dengan semangkuk oatmeal. Di dalam secangkir oatmeal mengandung sekitar 4 gram serat. Anda dapat menjadikan oatmeal sebagai makanan favorit anak dengan menambahkan bumbu, seperti kayu manis, sirup mapel, dan kismis dalam takaran seimbang.

2. Apel

Apel mengandung 3,6 gram serat dalam porsi kecil. Biasakan untuk mengonsumsi apel setiap hari dan lihat perbedaannya pada buah hati Anda.

Ketika si kecil bosan, Anda bisa mengolah apel dalam bentuk lain, misalnya dengan cara dijus. Ingat, tidak perlu menambahkan gula ke dalam jus apel anak Anda.

3. Wortel 

Wortel merupakan satu di antara sayuran yang sering dihindari oleh anak karena rasanya cenderung hambar. Padahal, selain kaya vitamin A, wortel mengandung sejumlah serat yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan anak.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Anak

Ilustrasi pisang
Ilustrasi pisang. /copyright unsplash.com/Eliv Sinas Aceron

4. Pisang

Pisang identik dengan buah yang mengandung karbohidrat dan potasium yang mampu menyuplai tenaga untuk aktivitas sehari-hari. Tidak cuma itu, pisang juga mengandung 3,1 gram serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anak Anda.

5. Roti Gandum 

Selembar roti gandum rata-rata memiliki kandungan serat sebanyak 2 gram. Namun, ada juga beberapa roti gandum yang memiliki serat lebih dari 3 gram. Anda dapat menyajikan roti gandum berlapis selai kacang dan jelly untuk waktu makan siang si kecil.

6. Buah Beri

Ragam buah beri mengandung manfaat sehat untuk tubuh. Raspberi misalnya, buah ini mengandung 4 gram serat untuk setiap setengah porsi. Sementara itu, kandungan serat bluberi dan stroberi bersaing satu sama lain. Masing-masing dengan 1,8 dan 1,5 gram serat pada setiap porsi.

7. Kacang almond

Kacang almond merupakan camilan yang baik untuk semua usia, termasuk anak-anak. Kacang almond merupakan satu di antara jenis kacang yang paling tinggi kandungan seratnya. Di dalam setiap ons kacang almond bisa mengandung hingga 3,5 gram serat.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Anak

Ilustrasi buah pir
Ilustrasi buah pir. /Photo by khloe arledge on Unsplash

8. Pir  Buah

Bisa dikatakan bahwa pir adalah rajanya buah berserat. Sebab, buah pir utuh berukuran sedang saja bisa mengandung 5,5 gram serat. Para orang tua disarankan untuk menyajikan buah pir agar saluran pencernaan anak menjadi lebih sehat dan terhindarkan dari risiko terkena penyakit.

9. Ubi Jalar

Sebanyak satu porsi ubi jalar mampu menyediakan 3,8 gram serat yang baik untuk kesehatan anak. Ubi jalar juga dapat diolah menjadi berbagai menu camilan menarik, seperti donat atau sekadar direbus.

10. Sereal

Hampir semua anak menyukai sereal dengan susu dingin. Agar lebih sehat, coba ganti dengan sereal tinggi serat yang kini mudah ditemukan di pasaran. Satu kotak sereal siap makan dapat mengandung 3 sampai 14 gram serat di setiap porsinya sajiannya.

11. Alpukat 

Alpukat termasuk kategori buah yang mengandung serat. Di dalam setengah mangkuk alpukat mengandung serat hingga sekitar 5 gram.

Anak biasanya menyukai rasa dan tekstur alpukat yang creamy, meski tanpa dicampur apa pun. Sebagai variasi menu, Anda bisa melumatkan alpukat dengan buah segar lainnya untuk dijadikan smoothie.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 25/3/2021)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓