Sukses


4 Cara Mengatasi Asma yang Kerap Kambuh karena Stres

Bola.com, Jakarta - Asma merupakan gangguan paru-paru yang membuat seseorang sulit bernapas atau sesak napas. Asma merupakan kondisi genetik atau keturunan. Kekambuhan asma bisa disebabkan paparan alergen seperti debu dan tungau.

Selain itu, asma bisa kambuh jika sang pengidap sedang mengalami stres. Stres dapat memicu pelepasan histamin yang cukup banyak sehingga menyebabkan reaksi peradangan.

Tak dimungkiri, saat seseorang stres akan muncul gejala seperti sesak napas, batuk, mengi ataupun nyeri dada yang mirip asma.

Itulah mengapa, pengidap asma perlu mengendalikan tingkat stres mereka agar terhindar dari rasa kambuh.

Ada beberapa cara yang tepat bagi para pengidap asma untuk mengatasi stres agar tidak kambuh lagi. Cara tersebut cukup mudah dan bisa dipraktikkan di rumah.

Berikut cara mengatasi asma yang kerap kambuh karena stres, dinukil dari Klikdokter, Rabu (1/12/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Asma yang Kerap Kambuh karena Stres

1. Ubah Pola Pikir

Jika pengobatan asma selama ini hanya membuat Anda lelah dan stres, coba untuk mengubah pola pikir tersebut.

Coba berpikir lebih positif dengan menganggap pengobatan ini membuat penyakit asma menjadi lebih terkendali dan Anda terhindar dari kondisi fatal. Hindari memikirkan hal-hal yang dapat membuat Anda stres karena itu dapat memperburuk atau memicu serangan asma.

2. Hindari Stres

Hindari situasi yang dapat memicu stres. Contohnya, jika selama ini Anda sering stres karena terburu-terburu menyelesaikan pekerjaan, coba untuk memiliki manajemen waktu yang efektif.

Anda bisa membuat kegiatan prioritas dan tidak menunda-nunda pekerjaan. Dengan begitu, risiko stres yang muncul akibat pekerjaan bisa dihindari.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Asma yang Kerap Kambuh Karena Stres

3. Usahakan Tidur Cukup

Orang dengan asma atau penyakit kronis wajib memiliki waktu tidur yang cukup. Kurang tidur dapat menyebabkan Anda mudah cemas dan stres. Akibatnya, penyakit asma Anda pun mudah kambuh.

4. Latihan Relaksasi

Latihan relaksasi dapat membuat tubuh dan pikiran jadi rileks. Agar tubuh rileks, Anda bisa melakukan teknik pernapasan perut.

Teknik pernapasan perut dilakukan dengan mengambil napas lewat hidung selama 3 detik. Setelah itu rasakan udara masuk dan bergerak hingga perut. Lalu, Anda bisa mengembuskan napas perlahan lewat mulut.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 20/7/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer