Macam-Macam Energi Alternatif, Lengkap dengan Penjelasan dan Manfaatnya

Oleh Alfi Yuda pada 01 Des 2021, 20:40 WIB
Diperbarui 01 Des 2021, 20:40 WIB
Ilustrasi energi alternatif, panel surya
Ilustrasi energi alternatif, panel surya. (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)

Bola.com, Jakarta - Energi alternatif merupakan segala jenis sumber energi terbarukan yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar konvensional.

Penggunaan energi altenatif ini ditujukan untuk menggurangi pemakaian energi hidrokarbon yang dapat menyebabkan polusi serta merusak lingkungan karena emisi karbon dioksida yang tinggi dan dapat memicu pemanasan global atau global warming.

Energi alternatif merupakan elemen terpenting bagi keberlangsungan umat manusia di masa depan. Hal ini dikarenakan selama ini umat manusia masih bergantung pada pasokan energi minyak bumi yang pastinya bakal habis suatu saat nanti.

Itulah mengapa, para ilmuwan berlomba-lomba mengembangkan sumber energi alternatif untuk mengurangi ketergantungan umat manusia terhadap minyak bumi.

Energi alternatif tidak akan habis, meski terus-menerus digunakan. Lalu, apa saja macam-macam energi alternatif?

Berikut ini macam-macam energi alternatif, lengkap dengan penjelasan dan manfaatnya, dikutip dari laman Gurupendidikan dan Merdeka, Rabu (1/12/2021).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Energi Alternatif

1. Energi Matahari

Matahari merupakan sumber energi yang tak habis-habisnya. Sumber energi matahari bisa digunakan sebagai pengganti energi fosil.

Para ilmuwan memanfaatkan energi matahari menjadi sumber energi menggunakan panel surya yang bisa digunakan sebagai sumber tenaga listrik. Energi ini mengeluarkan jumlah emisi yang sangat sedikit ketimbang dari energi fosil.

2. Energi Panas Bumi

Energi panas bumi atau energi geothermal adalah sumber energi yang berasal dari inti bumi. Inti bumi merupakan bahan yang terdiri atas berbagai jenis logam dan batu yang berbentuk cair, yang memiliki suhu tinggi.

Energi ini banyak digunakan terutama di daerah-daerah pegunungan. Banyak pengamat yang mengatakan Indonesia memiliki potensi penghasil energi panas bumi terbesar di dunia karena mempunyai banyak gunung dan pegunungan vulkanik.

Energi panas bumi dapat digunakan untuk menghasilkan listrik sebagai satu di antara bentuk dari energi terbarui.

3. Energi Angin

Sumber energi ini tidak lain dihasilkan dari embusan angin yang diolah dan dikumpulkan menjadi suatu energi yang besar. Penggunaan energi angin biasanya dihasilkan dengan menggunakan kincir angin. Energi angin dapat dijadikan sumber pembangkit energi listrik yang ramah lingkungan.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Energi Alternatif

4. Energi Air

Energi air atau disebut hydropower, merupakan sumber energi yang dihasilkan dari kekuatan air. Untuk menghasilkan energi ini biasanya dilakukan dengan membuat bendungan untuk menampung air. Air dalam bendungan tersebut kemudian digabungkan dengan pipa air yang diarahkan menuju turbin.

Makin banyak air yang mengalir pada turbin, energi yang dihasilkan akan makin besar. Jadi, energi jenis tersebut sangat bergantung pada pasokan air yang ada.

5. Energi Laut

Laut memiliki potensi yang besar, yaitu ikan, tanaman laut, harta karun, dan masih banyak lagi. Prinsip sederhana dari pemanfaatan bentuk energi laut adalah memakai energi kinetik untuk memutar turbin yang selanjutnya menggerakkan generator untuk menghasilkan listrik.

Energi yang berasal dari laut (Ocean Energy) dapat dikatagorikan menjadi tiga macam, yaitu:

  • Energi Ombak (Wave Energy)
  • Energi Pasang Surut (Tidal Energy)
  • Hasil Konversi Energi Panas Laut (Ocean Thermal Energy Conversion)

6. Energi Biogas

Biogas merupakan gas campuran metana (CH4), karbondioksida (CO2), dan gas lainnya yang didapat dari hasil penguraian material organik, seperti kotoran hewan, kotoran manusia, dan tumbuhan oleh bakteri pengurai metanogen pada sebuah biodigester.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Energi Alternatif

7. Energi Biomassa

Biomassa adalah segala jasad makhluk hidup yang digunakan untuk menghasilkan energi bila dibakar, yaitu berupa sampah-sampah organik sebagai sisa-sisa produksi pertanian.

Biomassa yang dapat dipakai sebagai bahan bakar itu tidak selalu berupa sampah, kadang-kadang berupa tanaman yang cepat tumbuh seperti angsana, akasia, dan sebagainya dapat digunakan sebagai bahan bakar secara ekonomis atau sebagai sumber energi yang murah.

8. Energi Biodiesel

Biodiesel merupakan bahan cair yang diformulasikan khusus untuk mesin diesel yang terbuat dari minyak nabati (bio-oil).

9. Energi Zat Radioaktif

Zat radioaktif dapat memancarkan sinar α (alpha) yang bermuatan listrik positif, sinar β (beta) yang bermuatan listrik negatif, dan sinar γ (gamma) yang tidak bermuatan listrik.

5 dari 5 halaman

Manfaat Energi Alternatif

- Berikut beberapa manfaat dari energi alternatif:

  • Beberapa sumber energi alternatif tidak menghasilkan polusi.
  • Memberi kesempatan untuk menggunakan bahan bakar berbasis nabati.
  • Energi alternatif bekerja dengan keselarasan infrastruktur saat ini.
  • Tidak menghadapi ancaman kepunahan sumber daya yang sama dengan energi alternatif.
  • Energi alternatif membantu menstabilkan ekonomi.
  • Energi alternatif adalah pencipta pekerjaan yang masif.
  • Memiliki opsi untuk memproduksi stasiun mikro dengan sumber daya ini.

 

Sumber: gurupendidikan.co.id, merdeka.com (Penulis: Ani Mardatila. Published: 8/5/2021)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓