Sukses


BWF World Tour Finals 2021: Minions Sukses Revans atas Lee / Wang, Praveen / Melati Dikalahkan Wakil Thailand

Bola.com, Bali - Pasangan ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mengamankan kemenangan perdana di babak fase Grup A ajang bulutangkis HSBC BWF World Tour Finals 2021 di Bali International Convention Center & Westin Resort, Nusa Dua, Rabu (1/12/2021) malam WIB.

Marcus/Kevin menang dua gim langsung atas wakil Chinese Taipei dengan skor 23-21, 21-19 dalam tempo 44 menit. Hasil ini sekaligus merupakan revans kepada Lee Yang/Wang Chi-Lin pada laga pemungkas fase grup Olimpiade Tokyo 2020.

Sepanjang pertandingan, pasangan berjuluk The Minions itu bermain sangat apik melawan peraih emas Olimpiade Tokyo 2020. Keduanya terlihat bermain taktis dengan mengurangi banyak kesalahan sendiri, sehingga akhirnya memenangkan pertandingan.

Saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020 pasangan berjuluk The Minions itu kalah dalam pertarungan tiga gim dengan skor 18-21, 21-15, 17-15 dari Lee/Wang. 

"Hari ini kami bersyukur bisa memenangkan pertandingan. Kami tahu lawan juga bagus, tetapi kami bermain lebih tenang dan mengatur strategi. Kami di laga ini bersusah payah memenangkan pertandingan," ungkap Sinyo, sapaan karib Marcus setelah laga.

"Kami tidak memikirkan rekor sebelumnya, kami hanya mau fokus di turnamen kali ini dan memberikan yang terbaik," imbuh Kevin.

Seusai bertanding melawan Lee/Wang, Marcus/Kevin dijadwalkan akan bertanding menghadapi Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty pada Kamis (2/12). Menghadapi laga melawan wakil India itu, pasangan berperingkat satu dunia itu bertekad memberikan yang terbaik dan mau fokus pada setiap laga yang dijalani.

"Kami mau tetap fokus karena di grup ini persaingannya sangat sulit dan mau menang di setiap pertandingan," jelas Kevin.

2 dari 3 halaman

Alami Peningkatan

Sementara di partai sebelumnya, ganda campuran tuan rumah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti gagal menuai kemenangan pertama di laga awal Grup B. Juara All England 2020 ini harus memendam kecewa usai dikalahkan duet unggulan teratas Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai 14-21, 21-10, 11-21 dalam waktu 52 menit.

Kendati kalah dalam laga ini, ada hal positif yang didapat Praveen/Jordan dari sisi performa mereka di tengah lapangan. Wakil Indonesia ini mengaku ritme permainannya sudah kembali seperti sebelumnya.

"Dari pertandingan tadi, ritme pertandingan kami sudah balik normal. Di gim ketiga kami ketinggalan dari awal dan tidak fokus," ungkap Ucok, sapaan karib Jordan usai berlaga.

Menurut Ucok, ritme pertandingan yang biasa dimainkan sudah maksimal terutama di gim kedua. Namun sayang, memasuki gim ketiga justru hilang fokus. Selain itu lawan mampu membalikkan keadaan dengan terus menekan.

"Gim kedua kami mencoba lebih fokus untuk menekan dan menyerang," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Lebih Fokus

Menyinggung laga berikutnya, Ucok mengaku akan memperbaiki fokus dan lebih lagi konsisten untuk melakukan serangan.

"Laga berikut harus lebih fokus dan konsisten lagi," ungkap Ucok.

Sedangkan Melati menyatakan hal senada. Menurut Meli, sapaan karib Melati, kendala komunikasi dan kekompakan sudah tak ada masalah.

"Kendala nonteknis sudah tidak ada. Untuk tanding besok harus bagaimana caranya agar tidak membuang poin saja," beber Meli.

Dari catatan rekor yang ada, Dechapol/Sapsiree unggul 6-4 sepanjang pertemuan dengan Ucok/Meli. Terakhir bertemu di Hylo Jerman Terbuka 2021, Dechapol/Sapsiree mengandaskan harapan kemenangan Ucok/Meli.

Video Populer

Foto Populer