Sukses


Daftar Olahraga yang Bisa Bantu Merendakan Nyeri Haid

Bola.com, Jakarta - Setiap bulan wanita pada normalnya akan mengalami fase menstruasi atau haid. Pada awal haid, biasanya akan muncul keluhan sakit atau nyeri pada bagian pinggang dan perut.

Saat gejala haid muncul, kebanyakan wanita lebih memilih untuk tidur atau mengistirahatkan tubuh mereka. Bahkan, berolahraga menjadi dikesampingkan.

Padahal, olahraga dianggap cukup ampuh untuk membantu mengatasi nyeri yang muncul saat haid. Banyak juga penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga bisa membantu tubuh melawan nyeri saat awal haid.

Dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur, bisa meringankan nyeri haid ringan hingga berat sekalipun.

Tidak perlu olaharaga berat seperti pergi ke gym atau berlari mengelilingi lapangan, coba untuk melakukan olahraga yang ringan, seperti berjalan santai atau yoga.

Berikut daftar olahraga yang bisa bantu meredakan nyeri haid, dan wajib untuk Anda coba, seperti dilansir dari Klikdokter, Kamis (2/12/2021)

2 dari 4 halaman

Daftar Olahraga yang Bisa Bantu Rendakan Nyeri Haid

1. Jalan Santai  

Olahraga untuk mengatasi nyeri haid yang pertama adalah jalan santai. Olahraga ringan ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri atau kram saat awal haid.  Untuk meredakan nyeri haid, lakukan jalan santai selama minimal 30 menit.

2. Zumba

Olahraga kedua untuk mengatasi nyeri haid adalah zumba. Zumba merupakan olahraga yang melibatkan latihan aerobik dan tarian. Saat ini, zumba cukup populer dan banyak diminati oleh wanita.

Satu di antara penelitian pada 2019 mengatakan, zumba bermanfaat untuk membantu mengurangi keparahan dan durasi nyeri haid. Melakukan zumba secara rutin dapat menjauhkan Anda dari dismenore.

3. Latihan Kekuatan 

Latihan kekuatan yang ringan menjadi pilihan olahraga yang baik saat haid. Tidak perlu mengangkat beban berat menggunakan alat khusus seperti di gym, lakukan latihan kekuatan seperti push up, sit up, atau squat.

Latihan ini bisa dilakukan di mana dan kapan saja untuk mengurangi nyeri haid yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

3 dari 4 halaman

Daftar Olahraga yang Bisa Bantu Rendakan Nyeri Haid

4. Yoga 

Yoga merupakan olahraga yang bisa membuat tubuh rileks. Latihan yoga bermanfaat untuk menyeimbangkan sistem saraf simpatik dan parasimpatik yang memberikan efek antidepresan.

Di samping itu, pose serta latihan pernapasan saat yoga membantu mengencangkan otot rahim dan melancarkan peredaran darah organ-organ di sekitar panggul.

Tak hanya mengurangi nyeri haid, melakukan gerakan yoga yang ringan dapat mengatasi gejala lain, seperti perut kembung, sakit kepala, atau mual.

5. Berenang

Banyak yang berpikir bahwa berenang saat haid adalah hal menjijikkan karena dapat membuat air kolam renang menjadi berwarna merah. Nyatanya, darah haid akan keluar lebih sedikit karena adanya tekanan dari air saat berenang.

Asal menggunakan produk menstruasi yang tepat, Anda tak perlu khawatir darah haid jadi bocor.

Sebuah studi pada 2018 menyimpulkan, berenang menjadi satu di antara olahraga untuk mengatasi nyeri haid. Cobalah untuk berenang sekitar 15-30 menit secara rutin agar nyeri haid bisa teratasi.

4 dari 4 halaman

Daftar Olahraga yang Bisa Bantu Rendakan Nyeri Haid

6. Bersepeda

Tidak perlu olahraga berat, bersepeda santai pun dapat menjadi pilihan untuk mengatasi nyeri haid. Bersepeda mampu membuat aliran darah Anda lebih lancar dan membuat mood lebih baik, terutama saat haid.

Anda dapat bersepeda santai mengelilingi area sekitar rumah atau bersepeda ke taman selama 30 menit.

7. Pilates

Pilates merupakan olahraga untuk meregangkan otot dan merupakan versi modern dari yoga. Pilates dinilai mampu mengatasi nyeri perut, nyeri payudara, nyeri otot, nyeri pinggang, serta kelelahan saat haid.

Anda bisa mencoba pilates sebagai pilihan olahraga saat haid. Untuk permulaan, lakukanlah gerakan yang ringan terlebih dahulu.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 17/3/2021)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer