Sukses


6 Cara Memilih Ikan yang Segar, Patut Dicermati

Bola.com, Jakarta - Cara memilih ikan yang segar perlu Anda ketahui agar tidak membeli dan mengolah ikan yang kualitasnya rendah serta kondisinya tidak baik untuk kesehatan. 

Saat ini tak bisa dimungkiri, di pasaran, ada penjual yang 'nakal' dengan menjual ikan yang sudah tidak segar. Maka itu, sebagai konsumen atau pembeli, Anda harus membekali diri dengan kemampuan membedakan ikan segar dengan ikan yang tak segar lagi.

Mengolah ikan yang sudah tak segar membuat Anda kehilangan manfaat serta gizi ikan secara maksimal. Mengosumsi ikan segar, lebih baik untuk kesehatan. Seperti diketahui, ikan kaya protein, vitamin, mineral, hingga lemak omega 3.

Ikan segar bisa dipahami sebagai ikan mati, yang dipasarkan, yang kondisinya sama hampir sama dengan kondisi ketika ikan tersebut masih hidup.

Dengan begitu, ada beberapa cara untuk membedakan mana ikan yang masih segar dan tidak.

Berikut beberapa cara memilih ikan yang segar, dilansir dari Briliofood, Kamis (2/12/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Memilih Ikan yang Segar

1. Sisik

Ikan yang masih segar dan berkualitas baik dapat dilihat dari sisik serta kulitnya. Sisik ikan dan kulit ikan terlihat lebih terang serta mengilap. Sebaliknya, ikan yang sudah tidak bagus, sisik dan kulitnya kusam.

2. Mata

Mata ikan yang masih segar terlihat lebih terang dan jernih jika dibandingkan dengan ikan yang memiliki kualitas lebih rendah. Selain terang dan jernih, bola mata ikan cenderung berwarna hitam. Jika diraba, permukaan mata akan terlihat lebih kenyal dan menonjol.

3. Perut

Tanda ikan masih segar, yakni memiliki perut kenyal dan bisa kembali ke bentuk semula saat ditekan. Sedangkan jika perut terasa lunak, menandakan ikan tersebut memiliki kualitas yang kurang.

3 dari 3 halaman

Cara Memilih Ikan yang Segar

4. Insang

Angkat penutup insang di sisi kepala ikan. Jika insang tersebut berwarna merah segar dan bersih, ikan tersebut masih berkualitas baik. Namun, jika insang sudah berwarna abu atau kecokelatan, tandanya ikan tersebut sudah tidak segar.

5. Bau

Ikan yang masih segar dan berkualitas baik memiliki aroma yang segar dan khas. Sebaliknya, jika Anda mencium aroma menyengat dan sangat amis, dipastikan ikan tersebut sudah tidak segar.

6. Daging

Ikan yang masih segar memiliki warna daging lebih jernih. Sedangkan ikan yang sudah tidak segar memiliki warna daging kusam. Tidak hanya itu, daging ikan yang sudah tidak segar akan mudah hancur.

 

 

Disadur dari: Briliofood.net (Penulis: Intan Palupi. Published: 25/5/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer