Sukses


5 Cara Merawat Gigi bagi Pengguna Behel

Bola.com, Jakarta - Cara merawat gigi bagi pengguna behel penting bagi Anda yang baru saja menggunakannya. Sebagai pemula, Anda wajib mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar gigi tetap terawat, kendati Anda telah menggunakan behel.

Seperti diketahui, behel atau kawat gigi merupakan satu di antara cara untuk merapikan gigi lantaran tidak semua orang diberkahi dengan memiliki gigi rata, rapi, berjejer sempurna. 

Ketika Anda memutuskan untuk memasang kawat gigi, pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui konsekuensinya. Pasalnya, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan dengan gigi yang telah diberi behel.

Hal lain, dengan pemasangan behel, justru membuat Anda harus makin peduli dengan kebersihan mulut Anda. Jangan sampai sisa-sisa makanan yang terjebak di kawat gigi, menumpuk, dan menjadi plak.

Ada cara-cara yang perlu Anda ketahui, untuk merawat gigi yang menggunakan behel. 

Berikut ini beberapa cara merawat gigi bagi pengguna behel, khususnya bagi pemula, seperti dilansir dari Klikdokter, Jumat (3/12/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Merawat Gigi bagi Pengguna Behel

1. Rajin Menyikat Gigi

Prosedur standar dalam menjaga oral hygiene adalah dengan penyikatan gigi minimal dua kali sehari.

Bagi pengguna behel, cara menyikat gigi juga perlu diperhatikan. Menyikat gigi terlalu keras dapat memicu kerusakan pada email gigi. Ada pula risiko penurunan gusi yang dapat membuat gigi sensitif.

Penyikatan gigi sebaiknya dilakukan dengan perlahan, berhati-hati, dan mencakup seluruh permukaan gigi, tidak perlu dengan tekanan keras. Beri perhatian khusus di daerah antara kawat gigi dan gusi karena biasanya di situ akumulasi plak banyak terbentuk yang berpotensi menjadi karang gigi.

Selain itu, pengguna behel sebaiknya menggunakan sikat gigi khusus. Sikat gigi khusus pengguna kawat gigi ini mampu membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan kawat yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi biasa.

2. Maksimalkan Pembersihan Gigi dengan Benang Gigi dan Kuas Interproksimal

American Association of Orthodontists (AAO) merekomendasikan para pengguna behel untuk menggunakan benang gigi agar lebih mudah membersihkan kotoran dan plak di antara gigi, gusi, dan di bawah alat ortodontik. 

Anda juga dapat menggunakan kuas interproksimal atau yang sering disebut kuas interdental. Alat tersebut berbentuk bulat dan memiliki bulu di sekitarnya yang dapat mencapai bagian bawah bracket untuk menghilangkan sisa makanan yang terjebak.

3. Hindari Mengonsumsi Makanan Bertekstur Keras

Selain dapat merusak enamel gigi, makanan keras (misalnya es batu, permen yang keras, dan lain-lain) bisa merusak kawat gigi. Hindari pula kebiasaan menggigiti benda keras seperti pulpen, pensil, es batu, dan lain-lain.

3 dari 3 halaman

Cara Merawat Gigi bagi Pengguna Behel

4. Hindari Mengonsumsi Makanan yang Lengket

Pengguna behel tidak dianjurkan mengonsumsi makanan yang lengket, seperti permen dan sebagainya. 

Sisa permen yang menyangkut pada sela-sela behel dapat menimbulkan infeksi gigi dan menyebabkan gigi jadi berlubang dan terkikis. Akibatnya, gigi akan makin rusak dan butuh perawatan lebih lagi untuk menyembuhkannya.

5. Rutin Kontrol ke Dokter Gigi

Cara terakhir yang penting ialah dengan rutin kontrol ke dokter gigi di mana Anda memasang behel. Cara ini penting dilakukan bagi Anda yang baru memasang kawat gigi.

Biasanya dokter gigi akan menyarankan waktu kontrol sekitar tiga minggu sekali atau mungkin bisa lebih sering tergantung kondisi gigi.

Saat kontrol, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan gigi, termasuk pembersihan gigi, penggantian karet, mengoleskan kembali lem bracket yang sudah lepas, dan melakukan pemasangan alat tambahan jika memang dibutuhkan.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter Anda apabila ada masalah lain dengan behel Anda. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 18/10/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer