Sukses


Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler bagi Siswa, Bisa Melatih Tanggung Jawab dan Kemandirian

Bola.com, Jakarta - Ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan bagi siswa saat berada di sekolah. Kegiatan tersebut bisa dipilih oleh siswa sesuai bakat dan minatnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, ekstrakurikuler adalah berada di luar program yang tertulis di dalam kurikulum, seperti latihan kepemimpinan dan pembinaan siswa.

Sementara, merujuk pada Permendibud RI No 62 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Menengah, ekstrakurikuler adalah kegiatan pengembangan karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secara optimal yang dilakukan di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan.

Meski ekstrakurikuler dilakukan di luar jam belajar, kegiatan tersebut memiliki banyak manfaat bagi para siswa. Apa saja manfaat dari adanya kegiatan ekstrakurikuler?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa, seperti dilansir dari laman smpn4batam.sch.id, Senin (6/12/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler

Tempat Mengembangkan Bakat

Kegiatan ekstrakurikuler bisa menjadi wadah untuk mengembangkan bakat dan minat. Banyak kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan hobi atau bakat siswa.

Ada banyak ekstrakurikuler yang bisa dipilih para siswa seperti seni musik, olahraga, Palang Merah Remaja (PMR), seni drama, seni lukis, Pramuka, pencak silat, jurnalistik, dan berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

Belajar Bekerja Sama

Dalam kegiatan ekstrakurikuler, siswa akan banyak belajar bekerja sama dengan sesama siswa lain. Tanpa kerja sama yang baik, setiap kegiatan yang dilakukan tidak akan bisa berjalan dengan maksimal.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler

Melatih Kemandirian dan Tanggung Jawab

Dalam ekstrakurikuler tentu banyak kegiatan yang dikelola oleh para siswa. Dengan begitu, siswa secara otomatis akan berlatih untuk mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Selain itu, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler juga memberi pengalaman berorganisasi. Pengalaman berorganisasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk persiapan memasuki dunia perkuliahan.

Di universitas ada banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bisa dipilih. Jika sudah terbiasa berorganisasi waktu SMA, saat kuliah tidak canggung lagi mengikuti UKM.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler

Belajar Manajemen Waktu yang Baik

Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berarti waktu belajar dan bermain akan berkurang. Setiap siswa harus pandai mengatur waktu agar tidak ada hal penting yang dikorbankan.

Kegiatan ekstrakurikuler memang menyenangkan, tetapi jangan sampai terlena hingga membuat lupa belajar yang jadi tujuan utama dalam bersekolah.

Jadi, sebisa mungkin harus berusaha mengatur manajemen waktu dengan baik agar nilai di sekolah tetap bagus dan ekstrakurikuler berjalan lancar.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler

Belajar Bersosialisasi dan Memperbanyak Teman

Keuntungan lain yang didapat dalam kegiatan ekstrakurikuler ialah belajar bersosialisasi. Siswa akan memiliki banyak teman dengan hobi atau minat yang sama.

Hal tersebut tentu sangat menyenangkan karena bisa memiliki banyak teman dengan kesukaan yang sama.

Sebagai Sarana Refreshing yang Mendidik

Belajar di kelas dan membahas tentang pelajaran melulu tentu akan menimbulkan rasa jenuh dan bosan. Dengan mengikuti kegiatan ektrakurikuler, pikiran bisa menjadi lebih fresh.

Selain menyegarkan pikiran, siswa bisa memperbanyak teman dan mengembangkan hobi dan minatnya.

Pembentukan Karakter

Dalam kegiatan ekstrakurikuler, siswa akan dilatih untuk bertanggung jawab, mampu mengatur waktu dengan baik, mandiri serta bekerja sama yang baik dengan banyak orang. Hal-hal tersebut tentu akan membantu membentuk karakter siswa menjadi pribadi yang baik.

 

Sumber: Website SMPN 4 Batam

Video Populer

Foto Populer