3 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pemakai Kawat Gigi

Oleh Aning Jati pada 04 Des 2021, 19:20 WIB
Diperbarui 04 Des 2021, 19:20 WIB
Ilustrasi kawat gigi, behel
Ilustrasi kawat gigi, behel. (Photo by Andrea Piacquadio from Pexels)

Bola.com, Jakarta - Bagi pemakai kawat gigi atau behel, terutama bagi yang baru dalam tahap awal, perlu mengetahui jenis makanan yang harus dihindari untuk tidak dikonsumsi.

Saat memutuskan menggunakan behel untuk membuat rapi gigi, Anda pasti telah mempertimbangkan dan menerima konsekuensinya, termasuk rasa tidak nyaman pada awal-awal dan tidak lagi 'bebas' saat menyantap hidangan.

Anda perlu mengetahui jenis makanan apa saja yang sebaiknya dihindari agar behel awet dan gigi tetap terjaga. Anda tentu tak ingin, saat menikmati makanan, lantas ada sisa makanan terselip di gigi atau bahkan behel bermasalah, patah misalnya, gara-gara makanan yang Anda santap terlalu keras.

Belum lagi, rasa ngilu pada awal pemasangan, 'memaksa' Anda untuk hanya mengunyah beberapa jenis makanan tertentu.

Beberapa jenis makanan yang harus dihindari ini juga berguna agar Anda tidak merusak komponen kawat gigi, seperti buccal tube, braket, dan lainnya.

Nah, berikut ini jenis-jenis makanan yang harus dihindari para pemakai kawat gigi, seperti dilansir dari Klikdokter, Sabtu (4/12/2021).

2 dari 2 halaman

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pemakai Kawat Gigi

Ilustrasi Jambu Biji
Ilustrasi Jambu Biji, Photo By VD Photography on Unsplash

1. Makanan Keras

Mengunyah popcorn, keripik kentang, kerupuk sebaiknya dihindari jika Anda menggunakan behel. Selain itu, sayuran dan buah yang keras juga sebaiknya tidak dikonsumsi sementara waktu. Misalnya, jambu biji, wortel (mentah), dan jagung.

Sayuran dan buah tersebut dapat membuat kawat gigi mudah patah hingga lepas. Anda dapat menyiasatinya dengan memotong terlebih dahulu hingga menjadi lebih kecil agar lebih mudah dikunyah.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengukus terlebih dahulu sayuran agar lebih lunak saat dimakan.

2. Makanan Manis

Batasi konsumsi makanan dan minuman manis ketika Anda sedang dalam perawatan kawat gigi. Ketika gula bercampur dengan air liur, dapat tercipta lapisan lengket (plak) yang menempel pada permukaan gigi.

Meski menyikat gigi dapat menghilangkan plak, akan menjadi lebih sulit ketika Anda menggunakan kawat gigi. Jika plak tersebut tidak disikat dengan benar akan menimbulkan risiko kerusakan gigi lebih lanjut.

3. Makanan Kenyal dan Lengket

Makanan yang bertekstur kenyal, seperti permen karet atau permen kenyal lainnya, dapat menempel di celah-celah kawat gigi.

Jika sudah menempel, akan sulit untuk dibersihkan dan dapat memudahkan bakteri berkembang biak. Maka itu, sebaiknya hindari jenis makanan ini.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 22/1/2020)

Dapatkan artikel jenis dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓