Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan, Bantu Atasi Asam Urat hingga Kanker

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 06 Des 2021, 19:20 WIB
Diperbarui 06 Des 2021, 19:20 WIB
Ilustrasi buah kersen
Ilustrasi buah kersen. | Ibrahim Hasan dari Pexels

Bola.com, Jakarta - Buah kersen merupakan satu di antara buah yang sering tumbuh di pekarangan rumah. Meski mudah dijumpai, buah berukuran kecil ini kerap diabaikan dan dianggap tidak bernilai.

Padahal, ada beragam manfaat yang diperoleh dari buah kersen, terutama bagi kesehatan tubuh. Bahkan tidak hanya buahnya, daun pohon kersen juga diketahui memiliki segudang manfaat.

Perlu diketahui, dalam buah kersen mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, antioksidan, hingga antibiotik alami yang baik untuk tubuh.

Berkat semua kandungan nutrisi tersebut, membuat buah kersen mempunyai banyak manfaat yang tak kalah dengan jenis buah-buahan lainnya. Apa saja manfaat buah kersen buat kesehatan?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat buah kersen untuk kesehatan, seperti dilansir dari laman dikes.badungkab.go.id, Senin (6/12/2021).

2 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam buah kersen terdapat sumber nutrisi yang berperan untuk melindungi miokardium yang berakibat pada penurunan signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim.

Adanya kandungan tersebut menjadikan buah kersen mampu untuk mencegah terjadinya kebocoran enzim sehingga berguna untuk melindungi organ jantung.

Selain itu, buah kersen memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah yang menjadi satu di antara kriteria jantung sehat. Jika aliran darah menuju jantung Anda tidak lancar, jantung akan berpotensi mengalami kerusakan.

3 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Mengobati Penyakit Asam Urat

Buah kersen mempunyai kandungan senyawa dan zat-zat aktif yang dapat digunakan mengobati penyakit asam urat jika dikonsumsi secara teratur.

Bagi pengidap asam urat kerap merasakan rasa nyeri yang hebat, untuk mengurangi rasa sakitnya, Anda bisa mengonsumsi buah kersen secara rutin.

Bukan hanya buah kersennya saja, daun buah ceri kersen juga bisa Anda gunakan untuk meredakan nyeri asam urat.

Caranya, rebus daun kersen dengan air selama beberapa menit. Kemudian dinginkan dan ambil sari airnya. Setelah itu minum air tersebut secara rutin setiap hari.

4 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Mencegah Penyakit Kanker

Adanya sifat anti-kanker yang dimiliki oleh buah kersen diketahui mampu untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Selain itu, kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Jika mengonsumsinya secara teratur, efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Meringankan Kram Perut

Adanya sifat anti-septik dan anti-inflamasi yang dimiliki oleh buah kersen dapat digunakan untuk meringankan dan mengobati kram perut. Maka itu, saat merasakan gangguan kram perut, bisa mengonsumsi buah kersen.

5 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Mengatasi dan Mencegah Penyakit Anemia

Di dalam buah kersen terdapat kandungan zat besi tinggi. Kandungan zat besi tersebut dapat digunakan untuk mengatasi dan mencegah penyakit anemia atau kurang darah.

Kandungan zat besi tersebut mempunyai kemampuan untuk membantu proses produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan yang terdiri dari vitamin C dan flavonoid di dalamnya mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat terhindar gangguan penyakit akibat infeksi kuman, virus maupun bakteri.

6 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Menyehatkan Organ Pencernaan

Buah kersen mempunyai kandungan serat pangan yang melimpah. Kandungan serat pangan tersebut berguna untuk menyehatkan organ-organ pencernaan, seperti lambung dan usus, sehingga tubuh dapat terhindari dari masalah gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan yang paling umum terjadi adalah maag. Penyakit ini membuat beberapa pengidapnya kerap merasakan nyeri perut, mual, merasa kembung, dan muntah.

Buah kersen juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati permasalahan di lambung. Hal itu karena buah ceri kersen memiliki sifat anti-inflamasi.

7 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Meredakan Nyeri Rematik

Berkat adanya sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan yang dimiliki oleh buah kersen dapat digunakan untuk meredakan nyeri rematik dan rasa nyeri pada bagian tubuh lainnya, seperti nyeri otot, nyeri pada bagian persendian hingga nyeri haid.

Mencegah Dehidrasi

Buah kersen mempunyai kadar air tinggi sehingga ketika dikonsumsi dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi merupakan sebutan yang digunakan untuk tubuh yang kekurangan asupan cairan.

 

Sumber: Website Dinkes Kabupaten Badung

Lanjutkan Membaca ↓