5 Manfaat Minum Air Putih setelah Bangun Tidur bagi Kesehatan

Oleh Aning Jati pada 06 Des 2021, 17:20 WIB
Diperbarui 06 Des 2021, 17:20 WIB
Ilustrasi minum air putih setelah bangun tidur
Ilustrasi minum air putih setelah bangun tidur. /Pexles

Bola.com, Jakarta - Seperti diketahui, mengonsumsi air putih dalam kehidupan sehari-hari memiliki seabrek manfaat baik bagi kesehatan. Itulah mengapa, sangat disarankan setiap orang untuk lebih banyak minum air putih ketimbang jenis minuman lainnya.

Satu di antaranya yang disarankan ialah rutin mengonsumsi air putih setelah bangun tidur di pagi hari. Hal ini karena saat bangun tidur di pagi hari, tubuh memerlukan banyak cairan karena istirahat semalaman.

Jika kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi, organ-organ tubuh pun dapat bekerja dengan baik.

Ada banyak manfaat baik yang akan Anda peroleh dengan membiasakan diri mengonsumsi air putih, seperti mengeluarkan racun dalam tubuh dan mencegah gangguan pencernaan.

Meski begitu, masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat mengonsumsi air putih setelah bangun tidur di pagi hari sehingga melewatkan kebiasaan baik ini.

Nah, berikut ini beberapa manfaat baik untuk kesehatan dengan rutin minum air putih setelah bangun tidur, seperti disadur dari Liputan6, Senin (6/12/2021), sehingga Anda bisa mulai membiasakan diri mulai sekarang.

2 dari 3 halaman

Manfaat Minum Air Putih setelah Bangun Tidur

Ilustrasi mengalami gangguan pencernaan
Ilustrasi mengalami gangguan pencernaan. Credit: pexels.com/Demon

1. Mencegah Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan merupakan masalah yang terjadi pada satu di antara organ sistem pencernaan. Meningkatnya keasaman di perut menjadi satu di antara penyebab gangguan pencernaan.

Ketika merasa asam lambung kembali ke kerongkongan, dengan minum air putih dalam keadaan perut kosong dapat membantu menekan dan mengencerkan asam tersebut sehingga mencegah asam lambung naik.

2. Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Ketika tidur di malam hari, tubuh akan memperbaiki diri dan mengeluarkan racun yang ada pada tubuh. Dengan mengonsumsi air putih dalam keadaan perut kosong saat bangun tidur di pagi hari, akan membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Nantinya racun tersebut akan keluar melalui urine.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Minum air putih saat perut sedang kosong juga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Hal ini membantu menyeimbangkan sistem limfatik sehingga ada peningkatan tingkat imunitas.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat tentu dapat melawan infeksi dan penyakit yang suatu saat menyerang.

3 dari 3 halaman

Manfaat Minum Air Putih setelah Bangun Tidur

Ilustrasi produktif
Ilustrasi produktif Credit: pexels.com/pixabay

4. Kulit Lebih Sehat

Diketahui dalam sebuah studi bahwa minum 500ml air saat keadaan perut kosong dapat meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit lebih sehat dan bersinar.  

Selain itu, minum air putih setelah bangun tidur membantu kulit tetap terhidrasi dengan baik dan menjaga kulit tetap lembap.

5. Membantu Meningkatkan Produktivitas

Minum air putih setelah bangun tidur membuat tubuh terasa segar dan berenergi. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi saat sarapan.

Agar tubuh terasa segar sepanjang hari, penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih minimal delapan gelas dalam sehari. Tubuh akan terhidrasi dengan baik sehingga membuat Anda lebih fokus dan konsentrasi.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ulya Kaltsum, Editor: Sulung Lahitani. Published: 23/7/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓