Sukses


Cara Memperbaiki Pola Tidur Menjadi Lebih Baik

Bola.com, Jakarta - Banyak faktor yang bisa memengaruhi kesehatan tubuh dan mental, satu di antaranya yang penting adalah pola tidur yang kurang baik atau berantakan.

Menjaga pola tidur sama pentingnya dengan rajin melakukan aktivitas fisik dan menjaga pola makan. Banyak penelitian menyebutkan bahwa pola tidur yang kurang baik bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan.

Pola tidur yang tidak terjaga dengan baik, juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena stres serta kenaikan badan yang signifikan.

Di sisi lain, jika Anda menjaga pola tidur dengan baik dapat meningkatkan kualitas hidup sehingga aktivitas sehari-hari bisa berjalan lancar.

Perlu Anda pahami, bahwa pola tidur memainkan peran penting terhadap keadaan kesehatan Anda. Dengan itu, jangan sepelakan hal yang satu ini jika tidak ingin mengalami gangguan kesehatan.

Jika Anda memiliki gangguan pola tidur, berikut cara memperbaiki pola tidur agar menjadi lebih baik, seperti dilansir dari Klikdokter, Selasa (7/12/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Memperbaiki Pola Tidur agar Menjadi Lebih Baik

1. Membuat Jadwal Tidur yang Konsisten

Cara memperbaiki pola tidur yang pertama adalah dengan mengatur jadwal tidur yang konsisten. Hal ini berarti, Anda mencoba untuk tidur dan bangun di jam yang sama.

Lakukan juga aturan yang sama pada akhir pekan dan liburan. Dengan demikian, jam biologis tubuh Anda akan terbiasa dan Anda bisa memiliki pola tidur yang lebih baik. 

2. Perhatikan Apa yang Anda Makan dan Minum

Pola makan erat kaitannya dengan pola tidur. Jangan tidur saat Anda lapar atau kenyang. Hindarilah konsumsi makanan berat beberapa jam sebelum tidur.

Nikotin, kafein dan alkohol juga patut diwaspadai. Pasalnya, butuh waktu berjam-jam bagi tubuh untuk menghilangkan efek stimulasi nikotin dan kafein. Sedangkan, efek diuretik pada alkohol membuat Anda yang berhasil tidur akan sering buang air kecil. Hal ini tentu akan mengganggu kualitas tidur Anda.

3. Atur Pencahayaan Ruangan 

Paparan cahaya bisa membuat Anda sulit untuk tidur. Maka itu, gunakan lampu yang agak redup saat tidur. Selain itu, coba kurangi paparan cahaya yang berasal dari monitor komputer atau gadget.

Untuk di pagi hari, buatlah kamar Anda terisi dengan cahaya matahari maupun cahaya lampu. Lampu kamar yang terang akan memudahkan Anda untuk terbangun.

3 dari 4 halaman

Cara Memperbaiki Pola Tidur agar Menjadi Lebih Baik

4. Lakukan Aktivitas Fisik 

Satu di antara cara memperbaiki pola tidur yang tidak teratur adalah dengan olahraga. Ya, olahraga adalah satu di antara cara paling baik untuk membuat tubuh bugar dan meningkatkan kualitas tidur.

Apabila Anda memiliki kebiasaan berolahraga, lakukan secara teratur dan usahakan untuk berolahraga pada pagi hari.

5. Relaksasi Sebelum Tidur

Relaksasi sebelum Anda tidur dibutuhkan untuk menata kembali segala rutinitas keesokan hari. Melakukan relaksasi tidak perlu dengan olahraga yang berat, cukup dengan mengatur pernapasan serta meregangkan otot dan tulang persendian bisa membuat tidur Anda jauh lebih pulas.

Selain itu, pertahankan suhu ruangan agar tetap sejuk. Suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin akan memengaruhi kualitas tidur Anda.

6. Jangan Mengonsumsi Kafein di Sore atau Malam Hari

Kafein dapat meningkatkan fokus, energi, dan kinerja olahraga. Namun, ketika dikonsumsi di sore hari, kafein menstimulasi sistem saraf Anda dan dapat menghentikan tubuh Anda untuk bersantai secara alami di malam hari.

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi kafein hingga enam jam sebelum tidur secara signifikan memperburuk kualitas tidur. Kafein bisa tetap tinggi dalam darah Anda selama 6-8 jam.

Jika Anda menginginkan secangkir kopi di sore atau malam hari, pilihlah kopi tanpa kafein.

4 dari 4 halaman

Cara Memperbaiki Pola Tidur agar Menjadi Lebih Baik

7. Konsumsi Suplemen Melatonin 

Satu di antara cara memperbaiki pola tidur yang berantakan, bisa dengan bantuan suplemen melatonin. Melatonin adalah hormon tidur utama yang memberi tahu otak Anda kapan waktunya untuk rileks. Nah, suplemen melatonin ini sering digunakan untuk mengobati insomnia.

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi 2 mg melatonin sebelum tidur akan meningkatkan kualitas tidur dan energi keesokan harinya, serta membantu orang tertidur lebih cepat.

Dalam penelitian lain, setengah dari kelompok tersebut tertidur lebih cepat dan mengalami peningkatan 15 persen dalam kualitas tidur.

8. Jangan Konsumsi Alkohol

Cara memperbaiki pola tidur agar menjadi lebih baik selanjutnya adalah dengan mengurangi atau tidak sama sekali mengonsumsi alkohol. Konsumsi alkohol beberapa kali di malam hari dapat berdampak negatif pada tidur dan hormon Anda.

Alkohol diketahui menyebabkan atau meningkatkan gejala sleep apnea. Alkohol juga mengubah produksi melatonin malam hari, yang memainkan peran kunci dalam ritme sirkadian tubuh Anda.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 20/10/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer