Manfaat Kegiatan Ekspor bagi Suatu Negara yang Perlu Diketahui

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 08 Des 2021, 20:20 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 20:20 WIB
Ilustrasi ekspor, perdagangan internasional
Ilustrasi ekspor, perdagangan internasional. (Image by mohamed Hassan from Pixabay)

Bola.com, Jakarta - Ekspor adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke luar negeri. Ekspor merupakan satu di antara bentuk dari perdagangan internasional atau transaksi jual beli antarnegara.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pengertian dari ekspor adalah kegiatan pengiriman barang dagangan ke luar negeri.

Kegiatan ekspor dapat dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan negara lain, baik seorang warga negara biasa, perusahaan, lembaga pemerintah, atau organisasi nirlaba.

Adapun tujuan kegiatan ekspor ialah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak dapat terpenuhi karena adanya keterbatasan tertentu.

Ekspor merupakan kegiatan yang penting bagi perekonomian suatu negara. Hal ini dikarenakan penjualan barang dagangan dapat menambah pendapatan kotor negara.

Dengan adanya kegiatan ekspor ini, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan penduduk suatu negara.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat kegiatan ekspor bagi suatu negara, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Rabu (8/12/2021).

2 dari 8 halaman

Meningkatkan Daya Saing

Ilustrasi ekspor, perdagangan internasional
Ilustrasi ekspor, perdagangan internasional. (Image by mohamed Hassan from Pixabay)

Bagi negara yang melakukan perdagangan internasional, baik ekspor maupun impor, akan memiliki keuntungan dalam meningkatkan daya saing.

Jika sebuah negara memiliki produk sama dengan jumlah yang melimpah maka perlu meningkatkan persaingan bisnis. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan ekspansi penjualan ke luar negeri.

Produk tersebut akan bersaing di negara tujuan dengan keanekaragaman produk yang lebih besar.

Jadi, ekspor dan impor akan membantu produsen atau pengusaha untuk bersaing dengan produk lain dalam hal kualitas maupun kuantitas.

3 dari 8 halaman

Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Ilustrasi ekspor, perdagangan internasional
Ilustrasi ekspor, perdagangan internasional. / Sumber: Pixabay

Mendapatkan keuntungan besar dalam bisnis menjadi satu di antara tujuan utama semua produsen. Menjual produk ke luar negeri akan meningkatkan keuntungan karena adanya perbedaan nilai mata uang dan kondisi ekonomi.

Misalnya jika sebuah kerajinan yang dijual di dalam negeri hanya bernilai Rp100 ribu (karena terlalu banyak produk sejenis), di luar negeri produk bisa diekspor dengan nilai penjualan lebih dari Rp1 juta.

Kondisi ini tentu akan membuat produsen mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

4 dari 8 halaman

Meningkatkan Skala Produksi

Ilustrasi ekspor, perdagangan internasional
Ilustrasi ekspor, perdagangan internasional. / Sumber: Pixabay

Melakukan ekspor dan impor bagi sebuah negara juga penting untuk meningkatkan skala produksi. Jika skala produksi makin tinggi maka peluang keuntungan yang didapatkan juga akan makin tinggi.

Laju produksi yang makin tinggi bisa untuk menurunkan biaya produksi karena ada penghematan yang bisa dilakukan untuk proses tersebut.

Selain itu, dengan tingginya skala produksi perusahaan juga akan mengakibatkan meningkatnya penerimaan suatu negara.

5 dari 8 halaman

Membuka Peluang Pasar yang Lebih Luas

Ilustrasi ekspor, perdagangan internasional
Ilustrasi ekspor, perdagangan internasional. / Sumber: Pixabay

Jika sebuah negara terlibat dalam hubungan ekspor dan impor, produsen dari negara tersebut akan bisa melihat tren pasar yang memberikan keuntungan untuk bisnis.

Mengambil keuntungan dari proses ekspor akan membuat produsen bisa menemukan pasar yang lebih luas. Dengan cara ini, produsen dari sebuah negara bisa menemukan pasar yang lebih luas dan menjadi pemimpin dalam pasar tersebut.

6 dari 8 halaman

Menghindari Pasar Domestik yang Terlalu Tinggi

Ilustrasi kesepakatan transaksi bisnis
Ilustrasi kesepakatan transaksi bisnis. Credit: pexels.com/fauxels

Menghindari pasar domestik menjadi satu di antara alasan produsen melakukan ekspor. Langkah ini dilakukan untuk mendapatkan akses penjualan dengan angka tinggi dan keuntungan yang besar.

Beberapa produsen lebih senang dengan pasar ini karena bisa mendapatkan keuntungan sepanjang tahun.

Makin luas jaringan sebuah perusahaan dalam memasarkan produknya di luar negeri, akan makin tinggi pula nilai investasi yang didapatkan perusahaan tersebut.

7 dari 8 halaman

Meningkatkan Hubungan Kerja Sama Internasional

Ilustrasi kesepakatan transaksi bisnis
Ilustrasi kesepakatan transaksi bisnis. / Sumber: Pixabay

Ekspor menjadi satu di antara upaya penting untuk meningkatkan hubungan kerja sama. Sebuah negara yang tidak memiliki produk tertentu perlu mendatangkan produk tersebut dari luar negeri, begitu juga sebaliknya.

Aktivitas ini akan diatur oleh peraturan yang menghubungkan dari satu negara ke negara lain. Kesepakatan perdagangan internasional inilah yang meningkatkan hubungan kerja sama antarnegara.

8 dari 8 halaman

Membuka dan Menyerap Tenaga Kerja

Ilustrasi kesepakatan transaksi bisnis, ekspor
Ilustrasi kesepakatan transaksi bisnis, ekspor. (Image by Gerd Altmann from Pixabay)

Bagi negara yang banyak melakukan ekspor, keterserapan tenaga kerja akan terbuk lebar. Negara yang melakukan ekspor, otomatis akan memiliki target produksi tertentu.

Dengan begitu, akan banyak membuka dan menyerap tenaga kerja yang ada di negara tersebut. Terserapnya tenaga kerja, secara tidak langsung akan mengurangi angka pengangguran yang ada.

 

Sumber: Kemdikbud

Lanjutkan Membaca ↓