Sukses


Manfaat Senam di Pagi Hari, Hambat Proses Penuaan dan Bikin Bahagia

Bola.com, Jakarta - Senam merupakan satu di antara cabang olahraga yang melibatkan beberapa gerakan tubuh serta membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan keserasian gerakan fisik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, senam adalah gerak badan dengan gerakan tertentu, seperti menggeliat, menggerakkan, dan meregangkan anggota badan.

Dalam praktiknya, senam bisa dilakukan oleh semua orang dari berbagai kalangan dan usia. Senam juga bisa dilakukan kapan saja.

Namun, pada umumnya senam dilakukan saat pagi hari sebelum memulai aktivitas. Bahkan, banyak kalangan instansi yang memberlakukan waktu khusus senam, seperti pada hari Jumat, Sabtu atau Minggu pagi.

Ada banyak manfaat diperoleh dari melakukan senam pagi. Apa saja manfaat senam pagi bagi kesehatan?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat senam di pagi hari yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman ntb.kemenag.go.id, Kamis (16/12/2021).

2 dari 6 halaman

1. Menghambat Proses Penuaan

Mungkin tak banyak yang tahu, senam pagi bermanfaat untuk menghambat proses penuaan. Dengan melakukan gerakan-gerakan dalam senam, sistem peredaran darah akan berjalan dengan lancar.

Seperti diketahui, darah mengangkut oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap jaringan tubuh. Jadi, jika peredarannya lancar, setiap anggota tubuh akan mendapatkan pasokan nutrisi serta oksigen yang memadai. Tubuh pun akan terlihat lebih bugar, segar, dan bergairah.

3 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Kebugaran Fisik

Dengan melakukan gerakan senam yang ritmis dan dinamis, secara tidak langsung telah memompa produksi hormon adrenalin. Kondisi tersebut membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga akan terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Gerakan dalam tempo cepat tersebut disebut sangat bagus untuk melatih kekuatan jantung dan paru-paru. Otot-otot jantung menjadi lebih kuat.

Banyaknya otot tubuh yang bekerja saat melakukan gerakan senam akan menurunkan risiko mengalami cedera otot atau persendian.

4 dari 6 halaman

3. Menyeimbangkan Osteoblast dan Osteoclast

Manfaat lain melakukan senam pagi adalah untuk menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast. Dua istilah tersebut mengacu pada sel yang ada pada tulang.

Perlu diketahui, osteoclast merupakan sel yang berfungsi untuk membentuk tulang dari tulang rawan dan jaringan ikat membran.

Sementara, osteoblast merupakan sel yang berfungsi untuk memecah matriks tulang yang telah mati dan kemudian menyerap kalsium yang tersisa untuk diubah menjadi tulang yang baru.

Banyak ahli berpendapat, senam pagi dapat menyeimbangkan jumlah osteoblast dan steoclast. Hal tersebut membuat proses pembentukan tulang di dalam tubuh akan berjalan optimal sehingga akan terhindar dari risiko osteoporosis serta penyakit tulang lainnya.

5 dari 6 halaman

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, melakukan senam pagi bisa menjadi solusi yang bisa dicoba secara rutin. Pilihlah jenis senam yang banyak melibatkan gerakan aktif dan cepat, seperti senam aerobik.

Banyaknya gerakan yang melibatkan anggota tubuh pada senam aerobik membuat tubuh lebih aktif dalam membakar kalori. Apalagi jika senam dilakukan sebelum sarapan, tubuh yang belum mendapatkan pasokan kalori akan membakar lemak sebagai cadangan energinya.

6 dari 6 halaman

5. Menciptakan Perasaan Bahagia

Olahraga seperti senam pagi dapat membantu memperbaiki mood. Manfaat senam pagi yang satu ini bisa berimbas pada banyak hal dan membuat hidup menjadi terasa lebih menyenangkan.

Seperti jenis olahraga lainnya, senam pagi dapat merangsang otak untuk melepaskan hormon endorphin.

Hormon tersebut dikenal sebagai hormon yang berfungsi untuk memperbaiki mood, meningkatkan imunitas, mengurangi stres, serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

 

Sumber: ntb.kemenag.go.id

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer