Sukses


Pemerintah Siap Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19

Bola.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mengklaim pemerintah Indonesia siap menghadapi gelombang ketiga COVID-19.

Menko Luhut menyebut, ini tecermin dari kesiapan prasarana maupun sarana penunjang penanganan pasien positif virus corona. Indikator ini bertolak belakang dari situasi gelombang kedua pandemi COVID-19 pada Juli 2021.

"Posisi kita hari ini apabila kita bandingkan dengan Juni, Juli, Mei tahun ini lebih baik. Sekarang dalam hal oksigen, dalam hal tempat tidur, dalam hal jumlah obat sudah sangat lebih baik," kata Luhut, dalam webinar The 9th US-Indonesia Investment Summit mulai 13-15 Desember 2021, Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Selain itu, Menko Luhut menilai masyarakat Indonesia telah mampu beradaptasi dengan pandemi COVID-19. Hal ini ditandai dengan mulai meningkatnya berbagai aktivitas sosial maupun ekonomi.

"Bahkan, indeks kepercayaan konsumen (IKK) sudah mulai meningkat," imbuhnya.

Meski begitu, dia meminta seluruh masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan secara ketat dalam berbagai aktivitas. Tujuannya untuk mempertahankan tren penurunan kasus harian COVID-19 di Indonesia agar proses pemulihan ekonomi nasional bisa terjaga.

"Kami tidak mengharapkan untuk melihat situasi seperti Juli 2021 lagi. Tetapi apabila itu terjadi, menurut kami situasi persiapan di Indonesia sudah jauh lebih baik," ucapnya.

Video Populer

Foto Populer