Sukses


Manfaat Olahraga Sepeda Statis, Bantu Tingkatkan Kebugaran dan Turunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Sepeda statis merupakan satu di antara perlengkapan olahraga yang mudah dan praktis. Dengan sepeda statis, bisa membuat tubuh tetap bergerak meski berada di rumah.

Seperti sepeda pada umumnya, cara menggunakan sepeda statis dengan mengayuh pedal yang ada di kaki. Namun, saat mengayuh pedal tersebut posisi sepeda tidak bergerak atau statis.

Jenis olahraga tersebut cocok bagi orang yang punyak banyak kesibukan dan malas berolahraga di luar rumah. Meski dilakukan di dalam ruangan, olahraga sepeda statis tetap memberikan manfaat.

Satu di antara manfaat olahraga sepeda statis ialah mampu membakar kalori dan lemak dalam tubuh secara efektif. Bahkan, jika dilakukan secara rutin setiap hari, bisa membantu menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu, masih banyak manfaat yang didapat saat melakukan olahraga sepeda statis. Apa saja manfaat olahraga sepeda statis tersebut?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat olahraga sepeda statis yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Healthline via Merdeka.com, Kamis (16/12/2021). 

2 dari 7 halaman

Meningkatkan Kebugaran

Bersepeda statis setiap hari dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh. Bersepeda statis merupakan satu di antara latihan kardiovaskular atau aerobik yang memberikan berbagai kebaikan untuk tubuh.

Manfaat yang diperoleh tubuh antara lain bisa meningkatkan fungsi kerja jantung, paru-paru, dan mampu menguatkan otot. Olahraga ini juga berguna membuat tubuh lebih sehat dan bugar, seperti:

  • Meningkatkan memori dan fungsi otak.
  • Mengurangi risiko darah rendah.
  • Tidur menjadi lebih baik.
  • Meningkatkan kadar gula darah.
  • Sistem kekebalan yang lebih kuat.
  • Suasana hati yang lebih baik.
  • Menurunkan tingkat stres.
  • Mendapat lebih banyak energi.
3 dari 7 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat bersepeda statis setiap hari berikutnya dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif. Namun, tergantung intensitas latihan yang dilakukan.

Perlu diketahui, bersepeda statis dapat membakar paling 600 kalori per jam setiap latihan. Wajar, ini merupakan pilihan olahraga yang digemari oleh banyak orang.

Jika dilakukan dengan rutin, olahraga ini dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat dan efektif.

4 dari 7 halaman

Membakar Lemak Tubuh

Bersepeda statis setiap hari juga mampu membakar lemak tubuh dengan baik. Berdasarkan sebuah studi, bersepeda di dalam ruangan yang dikombinasikan dengan diet rendah lemak efektif mengurangi berat badan dan lemak dalam tubuh.

Bersepeda di dalam ruangan juga efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Hal tersebut dapat membantu mendapatkan penampilan yang ideal serta tubuh yang sehat, dan tidak mudah terserang penyakit.

5 dari 7 halaman

Termasuk Latihan Low Impact

Bersepeda statis termasuk olahraga low impact. Bersepeda statis merupakan satu di antara bentuk latihan yang memberikan dampak rendah terhadap anggota tubuh.

Kondisi tersebut sangat berguna untuk memperkuat tulang dan persendian. Olahraga ini baik dilakukan bagi orang-orang yang memiliki masalah persendian dan cedera.

Berbeda dengan latihan berlari, joging atau melompat, bersepeda statis tidak memberikan tekanan lebih pada kaki, pinggul, lutut, dan persendian.

Jadi, olahraga sepeda statis dinilai lebih aman untuk dilakukan setiap hari. Tak hanya itu, latihan ini juga membantu untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

6 dari 7 halaman

Memperkuat Kaki dan Otot Tubuh

Rendahnya dampak yang dirasakan tubuh menjadikan olahraga sepeda statis baik untuk memperkuat kaki dan otot. Melakukan olahraga sepeda statis dapat membantu membangun kekuatan pada kaki dan tubuh bagian bawah.

Gerakan mengayuh dapat membantu memperkuat betis, paha belakang, dan paha depan. Selain itu, dapat melatih otot inti, punggung, dan bokong.

Jika menggunakan sepeda dengan gagang atau pegangan juga bisa melatih otot tubuh bagian atas, termasuk bisep, trisep, dan bahu.

7 dari 7 halaman

Sebagai Bagian Latihan Interval

Manfaat bersepeda statis setiap hari yang terakhir dapat dilakukan sebagai bagian dari latihan interval. Perlu diketahui, latihan interval sangat bermanfaat untuk membakar kalori lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

Biasanya latihan interval melibatkan beberapa gerakan dalam satu sesi. Sepeda statis memiliki tingkat resistensi yang bervariasi sehingga Anda dapat berolahraga dengan intensitas rendah, sedang, atau tinggi.

Hal ini membuat olahraga sepeda statis ideal untuk latihan interval.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Ayu Isti Prabandari. Published: 7/1/2021)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer