Sukses


7 Manfaat Mengagumkan Minyak Ikan untuk Kesehatan Kulit

Bola.com, Jakarta - Minyak ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya kesehatan tubuh, namun juga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Kulit yang terjaga kesehatanna akan terlihat bersih. Khususnya bagi kaum wanita, hal tersebut akan lebih menunjang penampilan di depan umum.

Untuk mendapatkan khasiat dari kandungan minyak ikan seperti asam lemak omega-3, Anda bisa langsung mengonsumsi ikan laut, seperti ikan kembung dan salmon.

Namun, agar lebih mudah saat ini sudah tersedia suplemen minyak ikan yang bisa ditemukan di berbagai toko obat. Anda bisa mengonsumsinya kapan pun.

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan kulit sudah diuji oleh beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan. Manfaatnya termasuk bisa mencegah timbulnya jerawat dan melawan penuaan dini.

Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut manfaat minyak ikan, berikut tujuh manfaat mengagumkan minyak ikan untuk kesehatan kulit, seperti dilansir dari Klikdokter, Jumat (17/12/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Minyak Ikan untuk Kesehatan Kulit

1. Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari

Omega-3 dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari UVA maupun UVB. Penelitian menunjukkan, kandungan omega-3, DHA, dan EPA dalam fish oil dapat mengurangi sensitivitas kulit terhadap sinar UV. 

Bahkan, menurut sebuah studi, responden yang mengoleskan minyak ikan dengan EPA dan DHA ke kulit setelah terpapar UVB, 25 persen lebih sedikit mengalami kemerahan.

Omega-3 juga dipercaya dapat mengurangi gejala fotosensitivitas terhadap paparan sinar matahari. 

2. Membantu Mencegah dan Mengatasi Jerawat 

Manfaat minyak ikan untuk kulit berikutnya adalah mencegah dan mengatasi jerawat. Lagi-lagi, hal tersebut karena kandungan tinggi omega-3.

Beberapa penelitian melaporkan penurunan lesi jerawat saat mendapat nutrisi omega-3, baik sendiri maupun bersama nutrisi lain. 

Suplemen Omega-3 juga tampaknya mengurangi efek samping isotretinoin, obat jerawat yang parah atau resisten.

3. Cegah peradangan

Kapsul minyak ikan dapat menurunkan peradangan dalam darah dan jaringan. Minyak ikan juga meningkatkan kekebalan untuk melawan partikel asing yang mencoba mengacaukan tubuh.

Lantaran EPA pada minyak ikan adalah antioksidan dan agen antiinflamasi, EPA dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu memperbaikinya.

Khususnya, asam lemak omega-3 dapat mengurangi produksi molekul dan zat yang terkait dengan peradangan, seperti peradangan eikosanoid dan sitokin.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Minyak Ikan untuk Kesehatan Kulit

4. Memberikan Perlindungan dari Kulit Kering dan Iritasi 

Omega-3 dapat melembapkan kulit, melawan kulit merah, kulit kering, atau gatal akibat kondisi, seperti dermatitis atopik dan psoriasis. Omega-3 bisa meningkatkan fungsi pelindung kulit, meningkatkan kelembapan, serta mencegah iritasi. 

Asupan tinggi omega-3 juga dikaitkan dengan penurunan risiko dermatitis atopik pada bayi dan perbaikan gejala psoriasis pada orang dewasa.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka 

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa Omega-3 yang diberikan secara intravena maupun dioles dapat mempercepat penyembuhan luka.

Konsumsi minyak ikan membantu mempercepat penyembuhan luka. Sifat anti inflamasi dalam omega-3 yang berperan dalam fungsi ini. Asam lemak omega-3 dari minyak ikan dapat mencegah infeksi luka dan dapat meningkatkan penyembuhan luka.

Minyak ikan juga bisa mencegah timbulnya jaringan parut yang dapat menyebabkan bekas luka dan membantu menyingkirkan bekas jerawat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Minyak Ikan untuk Kesehatan Kulit

6. Menurunkan risiko Kanker Kulit 

Sebuah penelitian tentang diet Mediterania yang kaya akan omega-3 ternyata menunjukkan khasiat mengurangi pertumbuhan tumor pada hewan.

Terdapat studi lain yang dilakukan oleh Universitas Manchester pada 2013 soal ini. Studi tersebut menunjukkan omega-3 adalah nutrisi potensial untuk melindungi diri dari kanker kulit. 

7. Mengurangi Efek Penuaan Dini 

Omega-3 memiliki sifat antioksidan kuat yang membantu mencegah radikal bebas. Radikal bebas memiliki kaitan kuat dengan proses penuaan dini.

Sebuah studi tahun 2005 dalam Journal of Lipid Research menemukan bahwa EPA dapat membantu memblokir pelepasan enzim diinduksi UV yang mengikis kolagen, menyebabkan garis dan kulit kendur.

Suplemen omega-3 telah diteliti dapat memperlambat efek biologis dari penuaan. Kandungan asam lemak omega-3 dari suplemen ini dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Efek ini dapat mencegah keriput dan kendur pada kulit. Minyak ikan juga bisa melindungi tubuh dari efek berbahaya dari polusi udara sambil mengatasi efek dari paparan polusi.

 

Sumber: Klikdokter.com (Publsihed: 3/1/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer