Sukses


5 Manfaat Mengonsumsi Semangka setelah Melakukan Olahraga

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan aktivitas yang sangat baik untuk tubuh. Dengan melakukannya secara rutin, badan akan selalu terjaga kesehatannya.

Banyak macam olaharaga yang bisa Anda lakukan, mulai yang ringan hingga berat. Yang paling ringan, Anda bisa mencoba joging mengelilingi taman sambil mendengarkan musik.

Tidak hanya bisa mencegah berbagai risiko terkena penyakit, rajin melakukan olahraga bisa membuat tubuh selalu fit sehingga produktif dalam melakukan berbagai hal.

Akan tetapi, sesaat setelah melakukan olahraga, tubuh biasanya akan merasa lelah dan nyeri-nyeri otot. Hal itu terjadi karena reaksi alami oleh tubuh.

Ada banyak hal yang bisa mengatasi nyeri otot dan cepat menghilangkan lelah setelah Anda melakukan olahraga. Satu di antaranya mengonsumsi semangka.

Di dalam buah semangka ada berbagai jenis nutrisi, yang berguna untuk menghilangkan nyeri otot dan berbagai gejala lainnya yang biasa dialami setelah melakukan olahraga.

Berikut lima manfaat mengonsumsi semangka setelah melakukan olahraga, seperti dilansir dari Klikdokter, Selasa (21/12/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Semangka setelah Melakukan Olahraga

1. Mengisi Kadar Glikogen Dalam Tubuh

Selama berolahraga, sel-sel otot bergantung pada glikogen sebagai penyimpanan karbohidrat di otot dan hati. Dengan mengonsumsi semangka setelah berolahraga, cadangan glikogen yang habis terkuras akan terisi kembali.

2. Rehidrasi dan Mencukupi Kebutuhan Elektrolit

Selama berolahraga, tubuh kehilangan cairan melalui keringat dan pernapasan. Memulihkan keseimbangan cairan nyatanya penting untuk kesehatan. Tak usah khawatir, kadar air yang tinggi di dalam buah semangka mampu menjadi solusi akan kebutuhan tersebut.

Semangka hadir sebagai penghilang rasa haus alami dan pengganti cairan setelah berolahraga. Buah semangka juga mengandung elektrolit yang penting untuk fungsi saraf dan kesehatan jantung Anda.

3. Meningkatkan Performa Fisik

Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, makan buah semangka bisa meningkatkan performa fisik.

Dalam penelitian tersebut, partisipan berusia 36-69 tahun yang mengonsumsi 1.500 gram jus semangka setiap hari selama tiga minggu mampu meningkatkan kadar asam amino L-arginin dalam tubuhnya. Zat tersebut berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan sendi.

Tak cuma itu, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Applied Physiology, L-arginin dapat meningkatkan toleransi dan kinerja fisik.

Khasiat dari buah semangka ini memungkinkan Anda kuat berolahraga, namun dengan pengeluaran energi yang lebih efisien.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Semangka setelah Melakukan Olahraga

4. Menstabilkan Tekanan Darah

Semangka telah terbukti menstabilkan tekanan darah saat Anda beristirahat usai olahraga. Dalam sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan oleh Journal of Hypertension, kandungan L-citrulline dan L-arginine dalam semangka ampuh meningkatkan fungsi arteri serta menurunkan tekanan darah.

Perlu diketahui, arteri memainkan peran penting dalam pengiriman oksigen selama olahraga. Mengonsumsi semangka setelah olahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih stabil dan tidak merasakan efek lelah yang luar biasa.

5. Mengurangi Nyeri Otot Setelah Latihan

Satu di antara dampak dari berolahraga, terutama olahraga berat, adalah nyeri otot. Mengonsumsi buah semangka setelah berolahraga akan membantu Anda mengurangi nyeri otot.

Bagi Anda yang tidak terbiasa berolahraga, minum jus semangka bisa memulihkan dan mengurangi nyeri otot setelah latihan.

Semangka juga mengandung citrulline, yakni antioksidan bahan baku pembentukan keratin dan nitric oxide. Kedua antioksidan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat pemulihan setelah berolahraga.

4 dari 4 halaman

Tips Mengonsumsi Semangka setelah Melakukan Olahraga

Agar tidak mengurangi manfaat nutrisinya, semangka harus diolah dan dikonsumsi dengan benar. Anda dapat menikmati buah semangka lewat cara penyajian berikut ini.

Jus

Anda diperbolehkan mengolah semangka dengan cara dijus. Konsumsilah jus semangka dalam takaran 500 mililiter setelah olahraga. Tidak perlu menambah susu atau gula lagi. Pada dasarnya, buah semangka sudah mengandung kadar gula yang cukup.

Semangka Potongan

Anda dapat makan buah semangka potong sebelum atau setelah olahraga agar terhindar dari nyeri otot. Konsumsi semangka  yang sudah dipotong dalam takaran satu mangkuk penuh.

 

Sumber: klikdokter.com (Published: 25/3/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer