Sukses


Manfaat Memelihara Hewan di Rumah, Bisa Hilangkan Stres hingga Tingkatkan Kebugaran

Bola.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, mempunyai hewan peliharaan merupakan hal yang menyenangkan. Selain itu, hewan peliharaan bisa dijadikan sebagai obat stres yang menenangkan.

Hal itu karena adanya hewan peliharaan bisa menjadi teman ketka sepi, membuat senyum saat penat, dan memiliki lebih banyak teman baru dengan sesama pemilik hewan.

Menghabiskan waktu berkualitas dengan anjing, kucing, atau hewan peliharaan lain dapat berdampak positif pada suasana hati dan kesehatan.

Yap, hewan peliharaan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pemiliknya. Adanya hewan peliharaan di rumah juga membuat mereka dapat meningkatkan kesempatan untuk berolahraga, keluar, dan bersosialisasi.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat memelihara hewan di rumah yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Selasa (21/12/2021).

2 dari 9 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Bermain dengan hewan peliharaan seperti anjing, kucing atau sekadar melihat ikan-ikan berenang di akuarium ternyata baik untuk kesehatan jantung.

Menikmati saat-saat bersama hewan peliharaan, dapat membuat detak jantung lebih teratur dan mampu menurunkan tekanan darah.

Hal itu mungkin terjadi karena bermain dengan hewan peliharaan dapat memberikan rasa tenang dan mampu merangsang tubuh untuk melepaskan hormon bahagia.

Bahkan, sudah ada sebuah penelitian yang membuktikan hal tersebut. Dalam penelitian itu menunjukkan bahwa seseorang yang memelihara kucing memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena penyakit jantung.

3 dari 9 halaman

Suasana Hati Lebih Baik

Bermain dengan hewan peliharaan minimal 30 menit membuat tubuh Anda akan melepaskan hormon bahagia ke otak. Kondisi tersebut yang pada akhirnya membantu memperbaiki suasana hati atau mood.

Terapi bermain bersama hewan peliharaan sangat baik untuk menjaga mood Anda lebih stabil dan menghindari perubahannya secara mendadak.

Memiliki hewan peliharaan juga dapat menghindarkan diri dari rasa kesepian, yang dapat merusak suasana hati.

4 dari 9 halaman

Menjaga Kadar Kolesterol

Orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung mempunyai kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih optimal ketimbang dengan orang yang tidak.

Memang alasan dari adanya kondisi tersebut masih belum jelas. Namun, beberapa ahli menduga bahwa kadar kolesterol yang optimal pada orang-orang tersebut bisa terjadi karena mereka menjalani gaya hidup lebih aktif karena harus mengurus hewan peliharaan.

5 dari 9 halaman

Menekan Risiko Alergi dan Memperbaiki Sistem Kekebalan

Ketika anak-anak tumbuh di rumah dengan anjing atau kucing, mereka cenderung tidak memiliki alergi. Hal yang sama juga berlaku untuk anak-anak yang tinggal di pertanian, dengan hewan berukuran lebih besar.

Perlu diketahui, bahwa menghabiskan hari-hari bersama hewan peliharaan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya, risiko terjadinya alergi dan penyakit infeksi pun bisa berkurang.

6 dari 9 halaman

Menjaga Tekanan Darah

Mungkin tak hanyak yang tahu bahwa memiliki hewan peliharaan dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Dalam satu di antara penelitian terhadap 240 pasangan yang menikah, pemilik hewan peliharaan memiliki tekanan darah dan detak jantung yang relatif rendah saat istirahat dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

7 dari 9 halaman

Menekan Stres

Menghabiskan waktu selama lima menit dengan hewan peliharaan seperti anjing, disebut efektif untuk menurunkan kadar kristol, yaitu hormon pemicu stres.

Dalam sebuah sebuah penelitian menunjukkan bahwa efek dari hewan peliharaan untuk menekan stres sangat besar.

Bahkan, para peneliti menemukan bahwa sebagian besar partisipan studi lebih merasa nyaman dan senang saat berada di sekitar hewan peliharaan ketimbang pasangan mereka.

8 dari 9 halaman

Meningkatkan Kebugaran

Bagi orang yang memiliki anjing, mungkin akan lebih aktif untuk berjalan-jalan bersamanya mengitari lingkungan kompleks rumah.

Seperti diketahui, berjalan merupakan satu di antara jenis olahraga ringan yang juga mampu meningkatkan kebugaran, terutama jika dilakukan secara rutin dan teratur.

9 dari 9 halaman

Membantu Anak dengan ADHD

Saat seorang anak dengan ADHD yang bermain dengan hewan peliharaan, akan sekaligus berlatih untuk mengerjakan tugas, perencanaan, dan tanggung jawab.

Attention-deficit hyperactivity disorder atau ADHD adalah gangguan perkembangan saraf masa kanak-kanak yang paling umum.

Hewan peliharaan perlu bermain, dan itu membantu anak dengan ADHD membakar energi ekstra yang dimilikinya. Adanya ikatan antara hewan peliharaan dan anak adalah cinta tanpa syarat, hewan peliharaan dapat membantu anak dengan ADHD belajar tentang harga diri.

 

Sumber: klikdokter.com (Published: 15/6/2019)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer