Sukses


Manfaat Memasang Pohon Natal bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pohon natal menjadi satu di antara tradisi yang identik dalam perayaan Natal. Hari Natal merupakan hari yang ditunggu-tunggu umat Kristiani di seluruh dunia.

Hiasan berupa pohon natal sering ditemui di pengujung tahun saat umat Kristiani mempersiapkan perayaan Natal. Di jalan dan pusat perbelanjaan banyak memasang aksesoris Natal.

Pohon natal biasanya dibuat mengacu pada pohon cemara atau pinus. Tak lupa, terdapat macam-macam hiasan yang disematkan agar cemara tampak makin indah.

Namun, seiring berkembangnya zaman, pohon natal bisa dibuat dengan bahan apa pun, termasuk dari plastik. Bagi sebagian orang, memasang pohon Natal bisa menjadi kegiatan yang membahagiakan.

Tak hanya itu, memasang pohon Natal ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, terutama bagi kesehatan mental.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat memasang pohon natal bagi kesehatan yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Jumat (24/12/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Memasang Pohon Natal

Mungkin tak banyak yang tahu, memasang pohon natal jauh sebelum Natal tiba faktanya bisa meningkatkan kebahagiaan seseorang.

Hal itu karena kegiatan tersebut menciptakan sensasi nostalgia yang bisa mengurangi perasaan stres dan cemas berlebih setelah sepanjang tahun sibuk beraktivitas.

Kondisi serupa juga diungkap psikoterapis sekaligus penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don’t Do, Amy Morin. Menurut Morin, berpartisipasi menyambut Natal dengan memasang pohon natal dan berbagai atribut lain bisa menghubungkan seseorang dengan masa lalunya.

Mereka pun akan lebih mudah dalam memahami jati dirinya sendiri. Tak hanya itu, menyiapkan kebutuhan Natal dapat mengajarkan seseorang untuk mencintai kehidupan dan mensyukuri segala berkah yang didapatkan sepanjang tahun.

Jadi, sebelum merayakan akhir tahun, Natal bisa diibaratkan sebagai teaser penutup tahun yang indah.

Kondisi psikologis yang bahagia pada akhirnya akan memengaruhi kesehatan seseorang, seperti dengan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke.

3 dari 4 halaman

Kelebihan Pohon Natal Asli

Untuk mendapatkan manfaat pohon Natal yang lebih maksimal, disarankan untuk menggunakan pohon cemara atau pinus asli, ketimbang yang berbahan plastik. Berikut beberapa kelebihan pohon natal asli:

1. Pohon Natal Asli Bebas dari Bahan Berbahaya

Kelompok petani di Amerika Serikat, Coalition of Environmentally Conscious Growers, mengampanyekan masyarakat agar memasang pohon Natal asli ketimbang berbahan dasar polyvinyl chloride (PVC).

Pasalnya, pohon natal plastik yang diimpor umumnya memiliki kandungan timbal yang berbahaya bagi kesehatan. Kendati demikian, memang cukup sulit mencari pohon cemara asli di Indonesia, kecuali mencari ke wilayah dataran tinggi.

2. Pewangi Ruangan Alami

Pohon cemara asli dapat menjadi pewangi ruangan alami untuk rumah. Bagi sebagi orang aroma pohon cemara cukup digemari masyarakat.

Hal itu dibuktikan adanya beragam produk pengharum, seperti karbol hingga pewangi ruangan dan mobil, menggunakan aroma cemara. Dengan memasang pohon asli, rumah pun akan ikut wangi saat Natal.

4 dari 4 halaman

Kelebihan Pohon Natal Asli

3. Menghasilkan Oksigen

Pohon asli lebih memberi manfaat karena dapat menghasilkan oksigen bagi manusia. Jika tidak bisa menemukan pohon natal asli, Anda juga bisa menggunakan tanaman berukuran sedang lainnya.

Namun, pastikan tanaman bisa dimasukkan ke rumah. Selanjutnya, hias saja semenarik dan secantik mungkin dengan ornamen Natal.

Sensasi nostalgia didapatkan, kemudian tambahan cadangan oksigen juga bisa Anda nikmati.

4. Baik untuk Kesehatan Mental

Memiliki tanaman hidup di lingkungan sekitar terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental. Misalnya, mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan mood positif.

Jika pohon Natal bisa dilihat dari tempat kerja Anda, kemungkinan juga bermanfaat bagi pekerjaan. Berdekatan dengan tanaman hidup juga diketahui bisa meningkatkan perhatian dan memori, meningkatkan produktivitas, dan membuat seseorang semakin kreatif.

5. Baik untuk Lingkungan

Kegunaan pohon pinus di habitat aslinya adalah menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida dari lingkungan. Setelah digunakan sebagai pohon Natal, pinus bisa terurai dengan baik, tidak seperti yang berbahan plastik.

 

Sumber: klikdokter.com (Published: 19/12/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer