Sukses


Manfaat Menangis bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Menangis merupakan respons alami yang dimiliki manusia terhadap berbagai emosi. Pada umumnya, seseorang akan menangis ketika ia merasa sedih.

Menangis identik dengan kesedihan mendalam, cengeng, sifat lemah, atau kerapuhan. Meski, ada juga orang yang menangis karena merasa sangat bahagia.

Mungkin ada sebagian orang yang menganggap menangis adalah satu di antara simbol kelemahan, apalagi jika hal tersebut dilakukan oleh pria.

Padahal, dengan menangis justru akan mendapat berbagai manfaat bagi kesehatan, baik secara psikis maupun fisik. Mungkin ada sebagian orang yang belum mengetahui manfaat dari menangis.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat menangis yang perlu diketahui, seperti dilansir dari lama medicalnewstoday.com, Kamis (23/12/2021). 

2 dari 5 halaman

Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Memiliki Efek Menenangkan

Dalam sebuah studi pada 2014 menemukan bahwa menangis mungkin memiliki efek menenangkan secara langsung pada seseorang.

Studi tersebut menjelaskan bagaimana menangis juga bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS), yang membantu seseorang menjadi rileks.

Mendapat Dukungan dari Orang Lain

Selain membantu orang menenangkan diri, menangis dapat membantu orang mendapatkan dukungan dari orang lain di sekitar mereka.

Dalam sebuah studi pada 2016 menjelaskan, menangis pada dasarnya adalah perilaku keterikatan, karena ia mengumpulkan dukungan dari orang-orang di sekitar. Hal ini sering dikenal sebagai manfaat interpersonal atau sosial.

3 dari 5 halaman

Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Membantu Meredakan Nyeri

Tak hanya menanangkan diri, dalam sebuah penelitian telah menemukan bahwa selain menenangkan diri, meneteskan air mata secara emosional akan melepaskan oksitosin dan endorfin.

Bahan kimia ini membuat orang merasa baik serta dapat meringankan rasa sakit fisik dan emosional. Dengan cara ini, menangis dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan rasa sejahtera.

Meningkatkan Suasana Hati

Menangis bisa membantu mengangkat semangat seseorang dan membuat mereka kembali merasa lebih baik. Selain menghilangkan rasa sakit, oksitosin dan endorfin dapat membantu meningkatkan mood. Itulah mengapa, mereka sering dikenal sebagai bahan kimia "merasa baik".

4 dari 5 halaman

Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Melepaskan Racun dan Menghilangkan Stres

Ketika seseorang menangis sebagai respons terhadap stres, air mata mereka mengandung sejumlah hormon stres dan bahan kimia lainnya.

Para peneliti memercayai bahwa menangis dapat mengurangi kadar bahan kimia ini dalam tubuh. Hal tersebut yang pada gilirannya dapat mengurangi stres.

Membantu Tidur

Sebuah penelitian kecil pada 2015 menemukan bahwa menangis dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak. Apakah menangis memiliki efek meningkatkan tidur yang sama pada orang dewasa, belum diteliti.

Namun, efek menenangkan, meningkatkan suasana hati, dan menghilangkan rasa sakit dari menangis di atas dapat membantu seseorang tertidur lebih mudah.

5 dari 5 halaman

Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Melawan Bakteri

Menangis membantu membunuh bakteri dan menjaga mata tetap bersih karena air mata mengandung cairan yang disebut lisozim.

Dalam sebuah studi pada 2011 menemukan bahwa lisozim memiliki sifat antimikroba yang sangat kuat sehingga dapat membantu mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh agen bioteror, seperti antraks.

Meningkatkan Penglihatan

Air mata basal, yang dikeluarkan setiap kali seseorang berkedip, membantu menjaga mata tetap lembap dan mencegah selaput lendir mengering.

Tak hanya itu, efek pelumas dari air mata basal membantu orang untuk melihat lebih jelas. Ketika selaput mengering, penglihatan bisa menjadi kabur.

 

Sumber: Medicalnewstoday

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer