Sukses


5 Manfaat Stres Ball untuk Kesehatan Mental, Ampuh Meredakan Emosi

Bola.com, Jakarta - Ketika marah, pernahkan Anda ingin meremas sesuatu untuk meredakannya? Jika pernah, Anda mungkin bisa mencoba sarana untuk melampiaskan marah dengan stress ball.

Stress ball adalah benda untuk membantu mengatasi stres dengan cara diremas. Stress ball biasanya berukuran kecil seukuran genggaman tangan. Bahannya terbuat dari karet bertekstur lentur.

Cara menggunakan stress ball sangat mudah. Cukup genggam bola di telapak tangan, kemudian remas bola sekencang mungkin. Tahan genggaman selama lima detik dan lepaskan. Ulangi sebanyak 10 kali.

Selain membantu meredakan kemarahan, stress ball sangat bermanfaat untuk kesehatan mental maupun fisik.

Berikut manfaat stres ball untuk kesehatan mental maupun fisik, disadur dari Klikdokter, Senin (3/1/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Stres Ball untuk Kesehatan Mental

1. Mengendalikan Stres

Fungsi stress ball yang utama adalah mengendalikan stres pada orang yang sering mengalaminya secara tiba-tiba.

Penelitian menunjukkan menggunakan bola stres dapat meningkatkan stabilitas emosional dan memberikan manfaat fisik yang signifikan. Tindakan meremas bola berulang kali dapat melepaskan ketegangan dan membantu menghilangkan stres.

2. Mengalihkan Pikiran

Manfaat stress ball selanjutnya adalah membantu mengalihkan pikiran yang mengganggu. Misalnya, jika seseorang merasa cemas atau dipenuhi pikiran negatif, meremas stress ball dapat mengalihkan pikiran itu.

3. Sarana Meluapkan Emosi

Stress ball praktis dan mudah dibawa sehingga bisa digunakan kapan dan di mana saja. Bola ini bisa menjadi satu di antara cara mudah untuk menyalurkan emosi.

Meremas stress ball dapat membantu mereka yang memiliki kecemasan atau stres agar gampang meluapkan emosi saat sibuk.

3 dari 3 halaman

Manfaat Stres Ball untuk Kesehatan Mental

4. Meregangkan Otot

Melansir laman Northern Physical Therapy, Amerika Serikat, manfaat stress ball lainnya adalah meningkatkan sirkulasi darah. Bola ini dapat digunakan dalam terapi fisik untuk memperkuat pergelangan tangan dan otot-otot tangan.

Otot di tangan dan pergelangan tangan bisa menjadi lemah atau tegang karena terlalu sering digunakan setiap hari. Stress ball baik untuk memulihkan dan menguatkan tangan.

Bola ini juga bermanfaat untuk kondisi pemulihan radang sendi, patah tulang, atau keseleo agar tangan lebih kuat.

Meremas stress ball membantu mengaktifkan otot-otot tangan dan pergelangan tangan, serta membuatnya lebih rileks. Pola cengkeraman dan pelepasan berulang yang dilakukan juga dapat membantu menurunkan ketegangan pada otot saraf.

5. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Lantaran kemampuannya dalam mengurangi stres dan ketegangan, stress ball dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan rasa bahagia. Kedua hal ini penting untuk kesehatan tubuh.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 12/9/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer