Sukses


Manfaat Toleransi bagi Kehidupan yang Perlu Diketahui dan Dipahami

Bola.com, Jakarta - Toleransi adalah sikap manusia untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan, baik antarindividu maupun kelompok. Istilah toleransi sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Secara etimologi, toleransi berasal dari bahasa latin, 'tolerare' yang artinya sabar dan menahan diri. Sementara secara terminologi, toleransi berarti sikap saling menghargai, menghormati, menyampaikan pendapat, pandangan, kepercayaan kepada antarsesama manusia yang bertentangan dengan diri sendiri.

Berdasarkan arti secara bahasa, toleransi dapat dimaknai sebagai kemampuan setiap orang untuk bersabar dan menahan diri terhadap hal-hal yang tidak sejalan dengannya.

Dengan adanya sikap toleransi, konflik dan perpecahan antarindividu maupun kelompok tidak akan terjadi. Tak hanya itu, masih ada beberapa manfaat lain menanamkan sikap toleransi.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat toleransi bagi kehidupan yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman zonareferensi.com, Senin (10/1/2022).

2 dari 6 halaman

Manfaat Toleransi

1. Mewujudkan Kerukunan di Indonesia

Adanya sikap toleransi sangat penting untuk menciptakan keharmonisan dan kerukunan dalam masyarakat. Toleransi penting untuk diterapkan karena kondisi Indonesia yang begitu heterogen.

Dengan adanya toleransi membuat masyarakat dapat hidup berdampingan dengan rukun, meski berbeda-beda suku dan agamanya.

2. Menciptakan Lingkungan yang Damai dan Tenteram

Jika sudah tercipta kerukunan, akan tercipta lingkungan yang damai dan tenteram. Hal ini hanya bisa diwujudkan jika toleransi diterapkan di tiap elemen masyarakat.

Dengan toleransi, masyarakat pun jadi bisa hidup damai dan tenteram satu sama lain.

3 dari 6 halaman

Manfaat Toleransi

3. Mempererat Tali Persaudaraan

Toleransi bermanfaat untuk mempererat tali persaudaraan. Dengan menerapkan sikap toleransi, masyarakat bisa saling berinteraksi dengan siapa saja tanpa melihat latar belakang agama dan sukunya sehingga mampu mempererat persaudaraan dengan sesama.

4. Menghindari Konflik dan Perpecahan

Adanya toleransi sangat penting untuk menghindari konflik dan perpecahan, terutama yang melibatkan suku dan agama. Perbedaan yang ada pastinya rawan menimbulkan perpecahan dan konflik.

Namun, jika masyarakat sadar untuk bersikap toleran maka perbedaan itu justru malah menjadi keindahan. Untuk itu ke depannya, sikap toleransi harus diterapkan untuk menghindari terjadinya konflik.

4 dari 6 halaman

Manfaat Toleransi

5. Meningkatkan Jiwa Nasionalisme

Dalam lingkup negara, toleransi sangat penting untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan semangat persatuan. Seseorang dengan sikap toleransi yang tinggi biasanya akan memiliki rasa cinta yang tinggi pula terhadap tanah airnya.

Hal ini juga berkaitan dengan semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu jua, merujuk pada keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia.

6. Memperkuat Tercapainya Mufakat

Dalam suatu musyawarah atau perundingan, sering terjadi kesulitan untuk menentukan mufakat. Dengan menjunjung tinggi toleransi, proses musyawarah akan berjalan sempurna tanpa muncul perpecahan.

Toleransi menjadi penting untuk memperkuat tercapainya mufakat dalam bermusyawarah. Dengan sikap saling menghargai pendapat antaranggota dan mengutamakan kepentingan bersama dibanding kepentingan pribadi.

5 dari 6 halaman

Manfaat Toleransi

7. Menghindari Sikap Diskriminasi

Diskriminasi sering terjadi pada kelompok minoritas, baik dalam bentuk cemoohan atau persekusi fisik. Adanya toleransi bisa menghindari terjadinya diskriminasi atau intoleransi, di mana setiap orang harus lebih menghormati hak-hak dari kaum minoritas tersebut.

8. Meningkatkan Keimanan

Setiap agama tentu mengajarkan untuk menjalankan sikap toleransi pada sesama manusia. Ketika seseorang mampu bersikap toleran, ia akan mengenal banyak orang dengan berbagai latar belakang agama.

Hal tersebut menjadi bekal untuk meningkatkan kekuatan dalam iman pada masing-masing agama yang dianut.

6 dari 6 halaman

Manfaat Toleransi

9. Melatih Diri Jadi Lebih Baik

Toleransi juga memiliki manfaat bagi diri sendiri. Dengan menumbuhkan sikap toleransi, akan membuat seseorang menjadi lebih baik lagi.

Sikap saling menghargai dan menahan amarah dibutuhkan dalam menerapkan toleransi yang tentunya berdampak agar diri sendiri menjadi lebih baik.

10. Mempercepat Pembangunan Nasional

Jika sudah diterapkan, toleransi dapat berimbas pada terciptanya kerukunan dan kedamaian. Hal ini menjadi kunci terlaksana program pembangunan di suatu negara. Maka secara tak langsung, toleransi memiliki manfaat untuk mensukseskan pembangunan nasional di negara Indonesia.

 

Sumber: Zonareferensi

Video Populer

Foto Populer