Sukses


Manfaat Rumah Bersih dan Rapi bagi Kesehatan, Bisa Bikin Mood Jadi Lebih Baik

Bola.com, Jakarta - Rumah merupakan tempat terindah dan ternyaman yang tidak hanya digunakan untuk beristirahat, melainkan bisa jadi tempat berkumpul dengan orang tua dan anggota keluarga lainnya.

Maka itu, membersihkan rumah secara rutin harus menjadi prioritas para penghuninya. Jika rumah kotor dan berantakan, tentu akan membuat penghuninya tidak betah dan memilih menghabiskan aktivitas di luar.

Beberapa orang mungkin kurang menyukai kegiatan bersih-bersih rumah. Padahal, rumah bersih dan rapi bisa membuat penghuninya lebih bersemangat saat beraktivitas di dalamnya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberitahu orang lain agar menjaga kebersihan rumah. Terlebih lagi, rumah yang bersih dan rapi memberikan segudang manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat rumah bersih dan rapi bagi kesehatan yang perlu diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (12/1/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Rumah Bersih dan Rapi

  • Menciptakan Lingkungan yang Sehat

Rumah yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang kuman, debu, tungau bakteri, dan jamur. Membersihkan kamar mandi, kamar tidur, tempat cuci piring, lantai dan dinding rumah dapat melindungi dari kuman-kuman berbahaya.

Bakteri, debu, jamur yang tumbuh subur dalam rumah dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai reaksi alergi, gejala flu dan batuk, hingga asma. Untuk menurunkan risiko terkena penyakit, membersihkan rumah secara rutin sangat penting.

Jangan lupa, gunakan pembersih disinfektan untuk membunuh bakteri, virus, serta kuman lainnya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Rumah Bersih dan Rapi

  • Tidak Merasa Bersalah saat Menikmati Waktu Santai

Adakalanya seseorang ingin menikmati waktu bersantai, tetapi terganggu dengan kewajiban yang belum diselesaikan. Satu di antaranya adalah kegiatan bersih-bersih.

Oleh karena itu, buatlah jadwal bergiliran untuk bagian-bagian rumah yang ingin dibersihkan sehingga di akhir pekan dapat menikmati waktu santai karena semua pekerjaan rumah sudah terselesaikan.

Perlu diingat juga, jangan menunda pekerjaan membersihkan dan merapikan rumah. Hal itu agar kotoran yang ada tidak menumpuk dan jadi mudah dibersihkan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Rumah Bersih dan Rapi

  • Meningkatkan Produktivitas

Rumah yang bersih dan rapi akan membuat para penghuninya merasa betah dan nyaman. Hal tersebut bisa membuat lebih fokus dan tenang untuk bekerja sehingga bisa menjadi lebih produktif.

  • Membuat Mood Jadi Lebih Baik

Mungkin ada saatnya merasa terpuruk di dalam situasi yang di luar kendali. Coba perhatikan, apakah Anda melihat tumpukan barang-barang, mainan berserakan, kotoran menggumpal, remah-remah di bawah meja makan?

Hal tersebut dapat meningkatkan kecemasan dan rasa frustrasi Anda. Dengan membersihkan dan merapikannya, bisa membuat mood menjadi lebih baik.

  • Membakar Kalori

Jadikan kegiatan bersih-bersih rumah sebagai ajang untuk membakar kalori. Apalagi untuk Anda yang tidak menyukai olahraga, tetapi ingin tetap aktif dan sehat.

Jadi, akan ada dua manfaat utama yang diperoleh saat membersihkan rumah, yakni kesehatan dan lingkingan yang bersih dan nyaman.

5 dari 5 halaman

Manfaat Rumah Bersih dan Rapi

  • Memberikan Kepuasan dan Rasa Bahagia

Keberhasilan Anda dalam membersihkan kamar mandi atau menyingkirkan tumpukan-tumpukan barang dari pandangan, pasti akan membuat lebih bersemangat dan gembira.

Anda pun akan ketagihan untuk melakukannya karena sudah terbiasa dengan keadaan rumah yang bersih dan rapi.

  • Menurunkan Risiko Kecelakaan dalam Rumah

Menjaga kerapian rumah dapat menurunkan risiko terjadinya cedera dalam rumah. Mainan yang berserakan dapat membuat Anda terpeleset dan jatuh, tumpukan kotak besar yang tinggi menjulang dapat menimpa dan melukai anak-anak, dan lain sebagainya.

Dengan menata dan membereskannya sesuai tempat, bisa membuat anggota keluarga yang ada terhindar dari risiko tersebut.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 26/9/2016)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer