Sukses


4 Cara Mengusir Bau Mulut Akibat Mengonsumsi Makanan Beraroma Menyengat

Bola.com, Jakarta - Mengonsumsi makanan beraroma menyengat kerap menjadi satu di antara penyebab bau mulut. Makanan menyengat bisa berasal dari beragam masakan.

Ketika sedang menikmati masakan Italia, misalnya, biasanya akan tercium aroma menyengat dari bawang putih dan bawang bombay. Aroma bawang memang dikenal sangat menyengat dan bisa bertahan cukup lama di dalam mulut, meski Anda sudah selesai makan.

Hal ini disebabkan makanan yang masuk ke dalam mulut diserap nutrisinya masuk ke peredaran darah. Nutrisi makanan lalu sampai ke bagian paru-paru, di mana sering kali menghasilkan udara yang berbau tak sedap.

Namun, Anda jangan khawatir, bau mulut bisa diatasi jika Anda rutin merawat kesehatan mulut.

Menghilangkan bau mulut tak perlu pergi ke dokter atau melakukan perawatan mulut yang mahal. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara dan bahan yang mudah didapat di rumah.

Berikut cara mengusir bau mulut akibat mengonsumsi makanan beraroma menyengat, disadur dari Klikdokter, Sabtu (15/1/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Mengusir Bau Mulut Akibat Mengonsumsi Makanan Beraroma Menyengat

1. Mengunyah permen karet sugar free

Walau hanya dapat mengurangi bau mulut untuk sementara, mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur lebih banyak. Satu di antara fungsi air liur adalah membilas rongga mulut sehingga mulut jadi lebih segar.

Permen karet sugar free lebih disarankan karena tidak mengandung gula yang lama-kelamaan dapat merusak gigi.

2. Menggunakan mouthwash

Mouthwash yang mengandung bahan Chlorine dioxide, menurut penelitian ilmiah cukup efektif untuk mengatasi bau mulut. Chlorine dioxide dapat membantu menghilangkan plak, membersihkan lapisan putih pada lidah, dan menghilangkan sisa makanan yang terselip di antara gigi-gigi.

Selain itu, mouthwash mengandung teh hijau jika rutin digunakan selama empat minggu juga dapat menghilangkan bau mulut, terutama akibat penyakit radang gusi atau gusi berdarah.

3 dari 3 halaman

Cara Mengusir Bau Mulut Akibat Mengonsumsi Makanan Beraroma Menyengat

3. Menggunakan minyak esensial

Minyak esensial dipercaya dapat menyegarkan napas dan juga memiliki efek antibakteri sehingga sering dicampur dengan mouthwash yang mengandung alkohol.

Anda juga dapat membuat mouthwash sendiri di rumah dengan mencampurkan minyak esensial dengan minyak pelarut. Misalnya, minyak kelapa, minyak almond, atau minyak zaitun.

Jenis minyak esensial yang terbukti dapat mengurangi bau mulut, antara lain peppermint, rosemary, myrrh, dan eucalyptol. Caranya, cukup campurkan 1 sdt minyak pelarut dengan 1 tetes minyak peppermint, lalu diulaskan ke seluruh rongga mulut.

4. Mengunyah buah apel, daun selada, dan daun mint mentah

Menurut penelitian di Ohio State University, mengonsumsi buah apel, daun selada, dan daun mint dapat mengurangi bau mulut akibat aroma bawang putih. Bahkan, penggunaan ketiga bahan ini lebih ampuh dibanding menggunakan mouthwash.

Alasannya, di dalam apel, selada, dan daun mint terdapat zat dan enzim yang bereaksi dengan zat kimia di dalam bawang putih sehingga menetralisasi bau. Akan tetapi, yang paling besar efeknya dalam mengurangi bau mulut adalah daun mint.

Jus apel dan jus mint juga dapat mengurangi bau mulut, tetapi pengaruhnya tidak sekuat jika memakan buah apel dan daun mint secara utuh. Selain itu apel dan selada yang dimasak dapat mengurangi bau mulut, meski efeknya tidak sebesar jika dimakan langsung.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 31/3/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer