Sukses


Manfaat Memasak bagi Kesehatan Mental, Jangan Sepelekan

Bola.com, Jakarta - Siapa yang saat ini sedang merasa jenuh? Mungkin ada baiknya Anda mulai mengatur waktu Anda sehingga bisa menyempatkan diri melakukan aktivitas yang Anda sukai, semisal memasak.

Rutinitas sehari-hari yang padat, monoton, dan dengan tuntutan tinggi bisa menyebabkan kejenuhan. Agar tidak terjebak dalam situasi tersebut, Anda bisa melakukan beberapa hal, seperti melakukan hobi Anda, mungkin memasak merupakan satu di antara hobi Anda.

Ya, meski terkesan sederhana, memasak memiliki manfaat bagus bagi kesehatan mental Anda. Memasak dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan melupakan kepenatan yang dialami.

Dengan memasak, Anda bisa melepaskan diri dari kejenuhan sekaligus menghasilkan menu-menu baru yang bisa Anda sajikan untuk keluarga maupun teman-teman Anda.

Nah, berikut ini rangkuman beberapa manfaat memasak bagi kesehatan mental, yang perlu Anda ketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (17/1/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Memasak bagi Kesehatan Mental

1. Menenangkan hati

Saat memasak Anda akan menggunakan bumbu dan bahan cantik dengan berbagai bentuk serta warna. Belum lagi bermacam-macam aroma yang dikeluarkan masakan. Perpaduan semua hal ini dapat menjadi semacam terapi yang menenangkan Anda.

2. Meredakan stres

Manfaat memasak bagi kesehatan mental lainnya adalah dapat meredakan stres. Saat mempersiapkan bahan, Anda akan memotong, membuat adonan, menggulung, dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan ini dapat menjadi saluran positif dari stres Anda sehari-hari. 

3. Meningkatkan kesabaran

Semudah apa pun proses memasak yang Anda kerjakan, semuanya membutuhkan proses dari mengolah bahan yang masih mentah hingga menjadi sebuah masakan yang layak dikonsumsi. 

Proses ini membantu melatih kesabaran Anda dalam melewati proses kehidupan.

4. Meningkatkan kreativitas

Memasak merupakan suatu bentuk seni yang menantang sisi kreativitas Anda. Saat memasak, Anda akan memadukan berbagai macam bentuk, rasa, dan tekstur sehingga menjadi suatu masakan. Hal ini tentunya membuat otak lebih bekerja.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Memasak bagi Kesehatan Mental

5. Membantu mengembangkan kreativitas

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Positive Psychology menemukan, orang-orang yang setiap harinya melakukan proyek kecil dan kreatif akan merasa lebih bahagia dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, mereka juga merasa lebih berkembang dalam kehidupan pribadinya.

6. Merasakan pencapaian tertentu

Memasak juga membuat Anda 'berkuasa'. Andalah yang mengontrol potongan bahan, banyaknya bumbu, suhu panci, dan sebagainya sehingga akhirnya tercipta masakan. Saat sajian yang lezat jadi, Anda dapat membaginya dengan orang-orang tersayang.

7. Menaikkan kepercayaan diri

Satu di antara manfaat memasak bagi kesehatan mental adalah dapat menaikkan rasa percaya diri. Jika masakan Anda dipuji, pastinya akan membuat Anda senang dan lebih percaya diri. 

Anda pun akan lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari. Dan tentunya, makin semangat lagi untuk memasak kembali di kesempatan berikutnya.

8. Meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain

Ketika kita memasak untuk orang lain, tidak hanya kita dapat merasa memiliki suatu pencapaian tertentu. Namun, juga dapat membantu meningkatkan kualitas hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda, khususnya yang mencicipi makanan yang telah kita buat. 

Tidak ada salahnya juga untuk mengajak orang lain terlibat dalam proses memasak sehingga akan menjadi solusi untuk meningkatkan kedekatan hubungan dengan teman dan keluarga.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 6/8/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer