Sukses


Cara Masak yang Baik untuk Pengidap Diabetes, Tetap Enak dan Sehat

Bola.com, Jakarta - Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya gula darah dalam tubuh. Banyak melakukan aktivitas fisik menjadi satu di antara cara menjaga gula darah yang tepat pada pengidap diabetes.

Aktivitas fisik seperi berolahraga bisa membantu menjaga kesehatan dan menstabilkan berat badan. Apalagi, pengidap diabetes berisiko mengalami obesitas.

Dengan rutin berolahraga, bisa membantu menurunkan risiko terjadinya komplikasi pada diabetes. Selain berolahraga, untuk menjaga kadar gula darah, pengidap diabetes tidak boleh sembarangan memilih bahan makanan.

Cara mengolah bahan makanan untuk pengidap diabetes juga perlu diperhatikan. Cara memasak makanan untuk pengidap diabetes mungkin akan menjadi tantangan tersendiri.

Namun, hal tersebut penting dilakukan agar kadar gula darah tetap terkontrol sekaligus mengantisipasi terjadinya komplikasi di kemudian hari.

Berikut ini rangkuman tentang cara memasak yang baik untuk pengidap diabetes, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (18/1/2022).

2 dari 5 halaman

Cermat Memilih Bahan Makanan

Bahan makanan untuk pengidap diabetes sebaiknya yang rendah lemak. Sebagai contoh, saat memilih daging, pilih bagian yang tidak berlemak atau buang bagian lemak.

Saat memilih minyak, pilihlah minyak dengan kandungan lemak trans rendah. Selain itu, pengidap diabetes juga dianjurkan untuk memilih produk susu dengan kandungan yang rendah lemak dan rendah gula.

Buah dan sayur dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, baik sebagai camilan maupun diolah dalam satu set menu. Buah mengandung gula  aman bagi pengidap penyakit gula, sedangkan kandungan serat dalam sayur baik untuk sistem pencernaan.

Sementara itu, pantangan bagi pengidap diabetes, yaitu bahan makanan yang mengandung lemak tinggi dan gula tinggi, seperti krimer kental manis dan nasi putih dalam porsi besar. Bahan makanan tersebut akan membuat gula darah sulit terkontrol.

3 dari 5 halaman

Cara Memasak yang Tepat

Saat memasak, sebisa mungkin, hindari cara menggoreng. Cara memasak yang dianjurkan, di antaranya:

  • Panggang

Cara memasak dengan dipanggang akan membuat makanan matang secara merata dan mengandung sangat sedikit lemak.

  • Kukus

Dengan cara mengukus, Anda mematangkan bahan makanan dengan uap air. Cara ini akan membuat gizi dalam makanan tidak hilang dalam proses masak.

  • Rebus

Cara lain yang lebih sehat adalah rebus. Akan tetapi, Anda juga tetap perlu memperhatikan durasi waktu ketika merebus. Bila direbus dengan tepat, kandungan gizi akan tetap bertahan.

  • Tumis

Tumis dapat dilakukan dengan menggunakan minyak sedikit. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan menumis makanan terlalu lama agar lemak tak jenuh tidak berubah menjadi lemak jenuh.

4 dari 5 halaman

Pilih Bumbu dengan Saksama

Setelah mengetahui bahan makanan dan cara memasaknya, perhatikan juga bumbu yang digunakan. Garam dan gula yang tinggi wajib dihindari oleh pengidap diabetes. Hal tersebut perlu dilakukan agar tekanan darah tidak otomatis meningkat pada pasien diabetes.

Sebagai alternatif, gunakan bumbu rempah aromatik, seperti bawang merah, bawang bombay, bawang putih, merica, dan kaldu jamur sebagai penambah rasa gurih dalam resep masakan untuk pengidap diabetes.

5 dari 5 halaman

Atur Porsi

Meski semua bahan makanan sudah dipilih dengan baik dan diolah dengan tepat, bukan berarti dapat mengonsumsi dalam jumlah banyak. Anda tetap perlu mengatur porsi dengan tepat.

Bila kebutuhan kalori adalah 2000 kalori per hari, jumlah tersebut harus dibagi dalam tiga kali porsi makan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 26/5/2020)

Dapatkan artikel kata-kata dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer