Sukses


6 Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi, Orang Tua Perlu Tahu

Bola.com, Jakarta - Tak hanya orang dewasa, cegukan juga bisa terjadi pada bayi. Ketika bayi Anda mengalami cegukan, Anda sebagai orang tua pasti merasa khawatir, terlebih jika Anda baru berstatus sebagai orang tua.

Cegukan yang dialami bayi merupakan sesuatu yang umum terjadi dan tidak berbahaya serta tidak menandakan masalah kesehatan tertentu.

Cegukan pada bayi kemungkinan besar disebabkan oleh iritasi pada diafragma otot di dasar paru-paru.

Terkadang, otot itu mulai kejang atau kram. Hal itu menyebabkan pita suara menutup, menciptakan bunyi yang khas terdengar.

Cegukan bisa berhenti tanpa orang tua melakukan apa pun, tetapi jika berlangsung lama, bisa mengganggu kenyamanan bayi.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini cara menghilangkan cegukan pada bayi, yang bisa orang tua lakukan dengan mudah, disadur dari Klikdokter, Rabu (19/1/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

1. Sendawakan Bayi

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang pertama adalah dengan menyendawakannya. Bersendawa bisa membantu mengeluarkan kelebihan gas yang mungkin jadi pemicu cegukan.

Untuk menyendawakan bayi, tempatkan bayi dalam posisi tegak. Pada bayi yang minum melalui botol, berikan waktu sejenak untuk disendawakan beberapa kali selama minum susu.

2. Menyusui dalam Keadaan Lebih Tegak

Menurut para ahli, cegukan bisa akibat kondisi menelan makanan atau minum susu bersamaan dengan masuknya udara ke rongga pernapasan. Oleh sebab itu, khususnya bagi bayi yang baru lahir, susui mereka dalam keadaan yang sedikit lebih tegak.

Setelah minum susu, jangan terlalu cepat menaruh bayi di tempat tidur. Setidaknya, posisikan bayi lebih tegak selama 20-30 menit setelah selesai minum susu.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

3. Gunakan Empeng

Cegukan bayi tidak selalu terjadi pada waktu makan. Jika bayi mulai cegukan dengan sendirinya, coba biarkan mereka untuk mengisap empeng.

Mengisap empeng dapat mengatasi bayi cegukan karena diperkirakan mampu merelaksasi diafragma. Efeknya, cegukan pun dapat dihentikan.

4. Pastikan Botol Susu Bayi Berisi Udara Seminimal Mungkin

Seperti yang telah disebutkan di atas, cegukan bisa terjadi karena masuknya udara bersama makanan atau susu. Untuk itu, pastikan botol dimiringkan sepenuhnya hingga susu memenuhi mulut botol sebelum diberikan pada bayi. Dengan begitu, tidak ada udara yang ikut tertelan bersama isapan bayi.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

5. Biarkan Cegukan Berhenti dengan Sendirinya

Kebanyakan cegukan pada bayi akan berhenti dengan sendirinya dan Anda tidak perlu khawatir. Jika cegukan tidak mengganggu bayi, biarkan saja.

Pastikan ruangan tetap tenang agar bayi tetap nyaman. Tetap pantau bayi sepenuhnya hingga cegukan berakhir.

6. Berkonsultasi ke Dokter

Jika tak berhasil juga meski telah menjalani berbagai cara menghilangkan cegukan pada bayi di atas, berkonsultasilah dengan dokter. Terutama bila bayi mengalami cegukan dalam waktu yang cukup lama dan kondisinya tampak tidak nyaman.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 22/10/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer