Sukses


5 Cara Cek IMEI iPhone, Penting Diketahui Penggunanya

Bola.com, Jakarta - Sebagai pemilik perangkat iPhone, tentunya Anda pernah mendengar istilah IMEI.

International Mobile Equipment Identity atau kerap disingkat IMEI adalah nomor identitas yang dicantumkan pada perangkat. Biasanya IMEI terdiri dari 14 hingga 16 nomor digit unik.

IMEI memiliki fungsi penting, yakni mengidentifikasi perangkat iPhone yang tersambung ke jaringannya.

Selain itu, fungsi yang tidak kalah penting IMEI adalah untuk mencegah penyalahgunaan saat perangkat iPhone dicuri.

Pemilik iPhone bisa memblokir nomor IMEI dengan menghubungi operator yang digunakan sehingga pencuri tak bisa memakai nomor operator lain selain pemilik.

Di Indonesia, nomor IMEI dijadikan acuan untuk melihat apakah perangkat tersebut merupakan barang yang masuk lewat jalur resmi atau ilegal (BM).

Lalu, bagaimana cara mengecek IMEI pada perangkat iPhone? Berikut ini cara cek IMEI iPhone, yang penting diketahui penggunanya, dinukil dari laman Tochangeit, Kamis (20/1/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Cek IMEI iPhone

1. Cara Cek IMEI di Belakang Body iPhone

Cara pertama sangat mudah. Anda tidak perlu membuka atau menghidupkan iPhone kita. Kita cukup melihat pada bagian belakang body iPhone.

2. Cara Cek IMEI di Box iPhone

Selain di bagian body belakang iPhone, Anda juga bisa menemukan IMEI di box atau kemasan perangkat. Selain IMEI, di box iPhone juga terdapat beberapa informasi lain, seperti serial iPhone, model, dan sebagainya. 

3. Cara Cek IMEI di Tray SIM

Tray SIM yaitu tempat di mana kita menaruh kartu SIM kita. Berbeda dengan Android, pada iPhone kita dapat menemukan nomor IMEI pada Tray SIM.

3 dari 3 halaman

Cara Cek IMEI iPhone

4. Cara Cek IMEI di Pengaturan iPhone

Selain ketiga cara di atas, Anda juga bisa menemukan IMEI di dalam iPhone tersebut. Satu di antaranya dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih opsi General. Selanjutnya pilih About. Di dalam menu About, Anda dapat menemukan IMEI iPhone tersebut.

5. Cek IMEI iPhone Melalui Aplikasi iTunes

iTunes merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengisi lagu ke iPhone. Namun, masih banyak yang tidak tahu bahwa dengan iTunes, Anda juga dapat mengetahui keaslian iPhone Anda dengan cara menampilkan kode IMEI.

Berikut ini cara mengecek IMEI di iTunes:

  • Sambungkan iPhone dengan komputer yang memiliki aplikasi iTunes.
  • Setelah terhubung. Klik Library pada aplikasi iTunes. Di sana, Anda dapat melihat IMEI dari iPhone tersebut.

 

Sumber: Tochangeit

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer